Menyusun Resume yang Baik untuk Pekerjaan di Laut

Menyusun Resume yang Baik untuk Pekerjaan di Laut
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Apapun pekerjaannya, baik di darat maupun di laut, sebuah resume yang menarik akan menjadi faktor yang besar dalam mendapatkan pekerjaan idaman. Namun, orang-orang seringkali bingung bagaimana cara menulis sebuah resume yang baik.

Bila kamu adalah seseorang yang ingin bekerja sebagai pelaut, maka artikel ini untukmu. Resume pelaut memiliki beberapa hal yang harus ditulis agar perusahaan dapat percaya bahwa kamu cocok untuk pekerjaan mereka. Selain konten, penampilan resume secara visual juga harus rapi. Jangan khawatir, bacalah tips di bawah ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas!

  • Pilih unsur visual dengan bijak.

Warna tulisan resume mungkin terlihat sangat sepele, tapi hal ini justru sangat penting dalam pembuatan resume. Perusahaan menerima banyak resume tiap harinya, dan mereka tidak akan menghabiskan waktu dengan resume yang tidak menarik perhatian, terutama resume yang susah dibaca. Presentasikan prestasi-prestasi hebat kamu pertama-tama dari pemilihan font, ukuran, dan warna agar jelas terlihat oleh pembaca. Akan sangat disayangkan kalau prestasimu tidak dibaca oleh perusahaan hanya karena penyalahgunaan warna kuning dan putih.

Tip jitu dari kami: Bila kamu memilih warna gelap untukbackgroundresume, maka pilihlah warna terang untuk tulisannya, dan sebaliknya. Jangan pilih banyak warna dalam satu resume, melainkan pilih maksimal 3 warna untuk keseluruhan resume. Contohnya: pilih warna putih untuk latar resume, warna hitam untuk tulisan biasa, dan 1 warna lagi untuk menarik perhatian pembaca ke sebuah bagian spesifik yang kamu anggap penting.

  • Tulis secara singkat siapa dirimu.

Seperti yang dikatakan sub-judul ini, cukup tuliskan secara singkat dan jelas saja.Personal statementatau biodata dalam resume tidak perlu dibuat dalam banyak paragraf, karena kamu akan memaparkan itu semua di keseluruhan resume. Cukup sebutkan tanggal dan tempat lahir, umur, gender, kewarganegaraan, dan status saja.

  • Jangan lupa cantumkan kontakmu.

Sebuah resume yang hebat akan menjadi sia-sia kalau perusahaan tidak dapat menghubungimu. Cantumkan nomor telepon, alamat, dan email kamu dalam resume, dan pastikan tidak adatypo. Satu nomor yang salah akan mengakibatkan perusahaan tidak dapat menghubungimu, jadi perhatian bagian ini secara seksama.

  • Tuliskan keahlianmu.

Menjadi seorang pelaut tidaklah mudah, dan perusahaan akan mencari kandidat yang mereka yakin akan dapat bekerja dengan baik. Tuliskan semua keahlian yang akan membuatmu terlihat mampu menjadi seorang pelaut. Keahlian-keahlian ini dapat bervariasi, mulai dari keahlian spesifik pelaut seperti navigasi dan operasi kapal, sampai keahlian umum seperti bahasa, stamina, kepemimpinan, dan lain-lain.

  • Cantumkan sertifikat yang kamu punya.

Bila kamu telah menjalankan pelatihan yang relevan, tuliskan semuanya dalam resume. Sebut jenis sertifikat atau pelatihan, nomor sertifikat, dan tanggal keluar sertifikat tersebut. Hal ini akan menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu memiliki keterampilan yang terbukti kualitasnya.

  • Sebut pengalaman kerjamu.

Pengalaman kerja dapat menjadi keuntungan terbesarmu dalam mencari kerja, termasuk pekerjaan di laut. Bila kamu memiliki pengalaman kerja, tuliskan dalam resume secara detail. Ingat, dalam resume hanya cantumkan pengalaman kerja kamu yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar.

Hal-hal yang seharusnya kamu cantumkan untuk tiap pengalaman kerja adalah:

  • Jabatan atau posisi.
  • Tanggung jawab yang kamu laksanakan.
  • Nama perusahaan.
  • Nama kapal di mana kamu bekerja.
  • Tanggal atau bulan/tahun kamu bekerja.

Susun pengalaman kerjamu secara kronologis, mulai dari yang terlama sampai yang terbaru. Paparkan tiap informasi dengan rapi dan mudah dibaca.

  • Perbarui profil JobStreet-mu!

Jangan lupa untuk perbarui profil JobStreet-mu hari ini! Jika kamu bisa segera mulai kerja, masukkan juga tagar #LangsungKerja. JobStreet akan menjadi partnermu dalam mencari pekerjaan yang tepat, membawa semangat, tujuan, dan rasa kepuasan dalam kariermu. Untuk tips praktis, info karier, dan tren rekrutmen lainnya, kunjungi Halaman Tips Karier kami.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia ,gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.