Mau minta surat rekomendasi? Ikuti tips-tips berikut ini

Mau minta surat rekomendasi? Ikuti tips-tips berikut ini
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

surat_rekomendasi

Apakah prospek meminta atasan Anda untuk surat rekomendasi membuat Anda merasa takut dan membuat telapak tangan Anda menjadi lembab? Tidak apa-apa, kamu bukan satu-satunya. Bagaimana jika mereka mengatakan tidak, atau bahkan lebih buruk lagi, mereka melakukan pekerjaan setengah hati dan memberi Anda surat yang tidak mungkin Anda gunakan?

Kita bisa menghargai betapa menakutkannya bagi lulusan baru dengan pengalaman yang terbatas dalam situasi ini. Kita semua pernah merasakannya. Itulah sebabnya kami telah menyusun panduan langkah demi langkah untuk menavigasi Anda untuk melalui prosesnya. Ini bisa jadi tidak menyakitkan, asalkan Anda bisa mengatur dan melakukanya satu langkah setiap kalinya.

Ingatlah bahwa atasan Anda (atau siapa pun yang Anda hadapi) hanyalah manusia, seperti Anda dan saya. Jika ada sesuatu yang mudah, kita lebih cenderung melakukannya dibandingkan dengan tugas yang rumit dan membutuhkan banyak usaha dan waktu.

Berikut adalah lima langkah sederhana untuk memastikan Anda mendapatkan surat rekomendasi yang bersinar untuk pekerjaan Anda!

# 1 Pilih referensi yang kuat

Identifikasi referensi potensial yang memiliki hubungan positif dengan Anda. Tidak masuk akal jika meminta CEO perusahaan Anda memberi surat rekomendasi jika dia hampir tidak pernah mengucapkan lima kata untuk Anda dalam dua tahun Anda bekerja di sana. Kekuatan sebuah surat rekomendasi berasal dari kualitas koneksi yang Anda bagi dengan referensi, dan seberapa besar mereka menyukai dan menghormati Anda.

Semakin dekat hubungan Anda, semakin besar kemungkinan mereka menulis rekomendasi yang bersinar. Jadi, pilih referensi Anda dengan bijak! Ingatlah bahwa Anda juga tidak terbatas pada referensi profesional. Anda juga harus mengidentifikasi referensi karakter yang mengenal Anda dalam lingkungan sosial atau akademis untuk memberikan perspektif yang berbeda mengenai kepribadian dan karakter Anda.

# 2 Letakkan permintaan Anda secara tertulis

Meskipun email jelas merupakan cara paling umum untuk berkomunikasi akhir-akhir ini, kami sangat menyarankan untuk mengajukan permintaan Anda secara tertulis meskipun Anda melihat orang itu setiap hari.

Ini menghasilkan dua hal: Pertama, memberi mereka waktu untuk memproses permintaan Anda sebelum memberi Anda jawaban. Ini menghindari mereka merasa harus melakukannya saat itu juga. Kedua, ini memungkinkan Anda untuk memberikan kasus Anda dengan cara yang dipikirkan dengan baik, di mana Anda dapat memasukkan semua materi penting yang ada dalam email untuk digunakan oleh individu jika dia membutuhkannya.

# 3 Akui kualifikasi mereka

Jangan lupa untuk mengakui kredibilitas dan kualifikasi mereka sehubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Penting juga untuk mengungkapkan penghargaan Anda terhadap rekomendasi mereka. Ini memberi Anda kasus yang kuat untuk kesesuaian mereka sebagai referensi, selain menambahkan sentuhan pujian yang bagus. Siapa yang tidak suka diberi pujian?

# 4 Buatlah mudah

Seperti yang ditekankan sebelumnya, kunci untuk mendapatkan sambutan hangat dari referensi yang Anda pilih terletak pada proses pembuatannya yang semudah mungkin. Di email Anda yang meminta surat rekomendasi tersebut, Anda juga harus memberi mereka resume terbaru untuk referensi, serta template surat dan daftar poin yang dapat mereka masukkan ke dalam surat sesuai yang mereka perlu lakukan.

Berikan mereka semua informasi yang diperlukan pada saat bersamaan sehingga mereka dapat membuat keputusan mereka dengan cepat dan efisien. Mereka akan lebih menghormati Anda karena sangat terorganisir dan penuh perhatian atas permintaan Anda.

# Beri mereka ucapan terakhir

Yakinkan mereka bahwa itu benar-benar pilihan mereka bagaimana mereka ingin menulis surat itu. Tawarkan untuk menulis draf yang dapat mereka edit, jika mereka lebih memilih opsi ini. Intinya adalah membuat proses itu tidak sulit dan sesederhana mungkin. Bagaimanapun, Anda meminta bantuan mereka. Yang terakhir, berterima kasih sebelumnya atas waktu mereka sambil meyakinkan mereka bahwa tidak ada tekanan pada mereka untuk melakukan ini.

Sangat sering bukan itu yang kita minta, tapi bagaimana kita meminta sesuatu dari orang lain. Pendekatan dan sikap kita memainkan peran kunci dalam menentukan hasil akhirnya. Letakkan diri Anda dalam situasi orang lain dan lihat dari sudut pandang mereka. Menunjukkan pertimbangan dan perhatian mencapai hasil yang jauh lebih baik daripada menggunakan kata-kata cerdas dan terlalu percaya diri.

More from this category: Resign

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.