Langkah sederhana untuk berbahagia kembali di tempat kerja

Langkah sederhana untuk berbahagia kembali di tempat kerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

5 langkah sederhana untuk mendapatkan kembali kebahagiaan Anda di tempat kerja

Bagian 2 dari seri dua bagian. Klik di sini untuk membaca bagian 1.

Di bagian pertama dari seri kami, kami melihat lebih dekat kebahagiaan pekerjaan di tempat-tempat kerja di kawasan ini. JobStreet.com dan jobsDB, melalui survei bersama, berusaha untuk mengetahui tingkat kebahagiaan di antara karyawan dari Filipina, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia. Hasil Indeks Kebahagiaan 2017 mengungkapkan bahwa bagi banyak responden, pandangan mereka terhadap bekerja berkisar pada “netral” hingga “sedikit tidak bahagia”. Tetapi mengingat suasana suram yang kita saksikan di antara penduduk yang bekerja di Asia, kami telah menyusun daftar 5 langkah sederhana untuk mendapatkan kembali kebahagiaan Anda di tempat kerja.

1. Tahu apa yang Anda inginkan

Terkadang kita mudah dipengaruhi oleh lingkungan. Jika sebagian besar kolega Anda mengeluh tentang pekerjaan mereka sepanjang waktu dan menabur ketidakpuasan di departemen, Anda mungkin mendapati diri Anda juga terpengaruh, meskipun secara tidak sadar.

Itu adalah kunci untuk bertanya pada diri sendiri apa yang ingin Anda capai dari karier Anda, dan memiliki prioritas yang jelas. Apakah ini hanya tentang uang, atau apakah Anda mencari pekerjaan yang berarti yang memungkinkan Anda untuk membuat perbedaan bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar Anda? Jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan, dapatkah Anda benar-benar menyalahkan majikan Anda atas ketidakbahagiaan Anda?

2. Buat daftar tujuan karir Anda

Setelah Anda tahu apa yang Anda inginkan dan memiliki gagasan yang jelas tentang prioritas Anda, Anda kemudian dapat membuat daftar tujuan karier Anda. Apakah itu memiliki jumlah tertentu dalam tabungan untuk membeli rumah, atau untuk membangun karir dalam profesi yang ramah lingkungan. Atau mungkin impian Anda adalah bekerja di startup teknologi yang menginspirasi yang mengilhami kreativitas dan semangat Anda untuk berinovasi.

Apa pun itu, Anda harus memiliki daftar sasaran yang bisa ditindaklanjuti agar bisa maju ke arah yang benar.

3. Buat rencana untuk mencapai tujuan Anda

Sekarang setelah Anda tahu di mana Anda ingin berada, saatnya untuk memetakan rencana tindakan dari tempat Anda ke tempat yang Anda inginkan. Mengundurkan diri dan mendapatkan pekerjaan baru bukanlah solusi, jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan. Anda mungkin akan memasuki situasi yang lebih buruk dari itu.

Lakukan riset Anda untuk mengidentifikasi perusahaan yang akan menawarkan Anda tantangan yang tepat, selain sebagai kecocokan budaya yang baik untuk aspirasi karier Anda. Dapatkan informasi internal dengan menelusuri ulasan perusahaan online, kemudian lihat 5 kiat teratas kami untuk menganalisis ulasan perusahaan.

4. Bicaralah dengan perekrut profesional

Ini membantu untuk mendapatkan perspektif yang berbeda dari para profesional dengan pengalaman langsung di industri. Menjadi pihak luar, mereka akan dapat menawarkan umpan balik yang obyektif, selain merekomendasikan pengusaha dan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan persyaratan Anda.

Yang terpenting, Anda perlu melakukan interaksi ini dengan pikiran terbuka. Jika Anda pergi dengan sikap pesimis, itu akan membuang-buang waktu. Anda perlu percaya bahwa Anda akan menemukan pekerjaan yang akan Anda sukai, dan atasan yang akan menghargai keterampilan dan bakat Anda.

5. Ambil cuti panjang

Jika Anda telah memeras otak Anda tetapi masih bingung untuk menuliskan apa yang Anda inginkan dari karier Anda, sudah saatnya bagi Anda untuk pergi cuti panjang. Jika pikiran Anda dalam kekacauan, Anda perlu waktu dan jarak dari hiruk-pikuk untuk benar-benar memutuskan dan mengisi ulang. Seperti yang disoroti sebelumnya, jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan, bagaimana Anda bisa bahagia dengan apa yang Anda miliki?

Atau jika Anda berada di bidang kreatif dan membutuhkan inspirasi, cuti panjang adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perspektif yang berbeda dan menyegarkan pikiran Anda.

Ingat: Anda mengendalikan nasib Anda sendiri. Segalanya mungkin tampak suram hari ini, tetapi ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu mengembalikan kebahagiaan ke dalam kehidupan kerja Anda. Ini hanya langkah pertama. Ini akan menjadi lebih baik, dan itu adalah janji.

Untuk wawasan yang lebih baru mengenai tips karier praktis dan tren pekerjaan terbaru, ikuti halaman Facebook kami !

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.