18 Keyword Tools Terbaik untuk Riset Kata Kunci (Gratis + Berbayar)

18 Keyword Tools Terbaik untuk Riset Kata Kunci (Gratis + Berbayar)
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 22 December, 2023
Share

Salah satu skill yang wajib dimiliki oleh digital marketer, terutama seorang spesialis SEO dan SEM, adalah penguasaan riset kata kunci atau keyword.  

Keyword berisi ide dan topik yang mewakili keseluruhan isi konten. Orang-orang mengetikkan kata kunci tertentu pada mesin pencarian, seperti Google, untuk mencari konten yang bisa menjawab rasa penasaran mereka. 

Tentu kamu ingin konten-konten pada website kamu direkomendasikan oleh Google untuk bisa muncul di halaman teratas hasil penelusuran, kan? Oleh sebab itu, kamu perlu memilih keyword yang potensial. Di sinilah strategi riset kata kunci diperlukan menggunakan keyword tool.

Lalu, apa itu keyword tool dan sejauh mana fungsinya untuk mendukung kegiatan digital marketing? Pastikan simak artikel ini sampai habis untuk tahu jawabannya, ya!


⁠Temukan lowongan kerja bidang SEO hanya di situs dan aplikasi Jobstreet by SEEK.

Apa Itu Keyword Tools?

Sesuai namanya, keyword tool adalah alat yang membantumu melakukan riset kata kunci untuk keperluan pembuatan konten di website maupun media sosial pada ranah digital marketing. Keberadaan keyword tool ini akan sangat mendukung strategi SEO (Search Engine Optimization) maupun SEM (Search Engine Marketing) bisnis kamu. 

Dengan SEO keyword tool, kamu bisa menemukan kata kunci pencarian yang paling populer, seberapa ketat persaingannya untuk bisa bersaing di halaman pertama hasil pencarian, serta tren volume pencariannya dari waktu ke waktu.

Fungsi Keyword Tools

Ilustrasi Keyword Tools.

Lalu, apa saja kegunaan spesifik keyword tool untuk mendukung kesuksesan promosi dan pemasaran online? Berikut di antaranya: 

Mengetahui tren dan kebutuhan audiens 

Berdasarkan laporan Think With Google, sebanyak 39% dari keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh hasil pencarian di internet. 

Maka dari itu, agar bisnis dan presensimu semakin berkembang, kamu perlu mengetahui apa saja yang sedang ramai dibicarakan oleh audiensmu. Lalu, kaitkan hal tersebut dengan apa yang mereka butuhkan. Nah, kamu bisa mengetahui jawaban tersebut dengan mudah menggunakan keyword tool.

Membantu mengisi celah kebutuhan konten 

Saat sedang menelusuri hasil mesin pencarian, pernahkah kamu merasa bahwa konten yang ditampilkan di sana belum bisa menjawab kebutuhanmu?  

Misalnya, saat kamu sedang mencari tahu rekomendasi skill yang harus dimiliki seorang fresh graduate, mungkin kamu menyadari bahwa informasi tersebut belum mencakup tips yang relevan dengan bidang karier tujuanmu. 

Dengan adanya SEO keyword tool, kamu bisa memastikan bahwa ada banyak orang yang membutuhkan konten serupa dari volume pencariannya. Jadi, kamu bisa membuat konten yang lengkap, unik, sekaligus bermanfaat. 

Membuat konten lebih mudah ditemukan 

Menurut Backlinko, peluang sebuah konten yang berada di halaman kedua hasil pencarian untuk mendapatkan traffic sangatlah kecil, tepatnya hanya 0,63%. Tapi, dengan strategi SEO yang tepat, kamu bisa memastikan kontenmu menempati posisi atas di halaman pertama. 

Dengan posisi yang menguntungkan tersebut, pengguna internet bisa menemukan karya atau bisnismu tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Jadi, kamu bisa menarik perhatian orang baru sekaligus memperkuat reputasimu di dunia maya. 

Meningkatkan efektivitas kampanye dan promosi 

Jika kontenmu mudah ditemukan oleh audiens, ditambah isinya juga sesuai kebutuhan mereka berdasarkan riset melalui keyword tool, kampanye promosimu tentunya akan lebih menguntungkan. 

Sebab, orang akan lebih tertarik mengklik konten yang relevan dan mempelajari seluk-beluk dari apa yang kamu tawarkan. Hasilnya, traffic ke website akan meningkat, begitu juga dengan penjualannya. 

Selain penjualan, tingginya traffic juga akan memperluas kesempatan networking karena calon rekan bisnis lebih tertarik menghubungimu, terutama jika reputasimu sudah terbukti bagus.

Daftar Keyword Tools Terbaik

Ilustrasi keyword tools yang berguna untuk riset kata kunci.

Kini, pilihan SEO keyword tool semakin beragam. Kamu tinggal pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Untuk memulai pencarianmu, berikut daftar keyword tool gratis hingga berbayar yang bagus dan banyak digunakan: 

SEMRush 

SEMRush jadi salah satu opsi penyedia keyword tool yang paling populer sejak lama berkat fitur unggulan mereka, yaitu Keyword Magic Tool. 

Dengan fitur SEMRush Keyword Magic Tool, kamu bisa menganalisis tidak hanya search volume dari keywords secara keseluruhan, tapi juga pembagiannya per periode waktu dan lokasi pengguna. 

Bahkan, untuk mempermudah analisis kompetitor, SEMRush juga memperkirakan tingkat kesulitan menempati halaman pertama hasil pencarian, jumlah backlink yang dibutuhkan untuk mencapainya, serta performa konten halaman lain dengan keywords serupa. 

Sebenarnya, SEMRush sendiri menawarkan versi gratis dari keyword tool mereka. Tapi, untuk mengakses fitur dan data yang lebih lengkap, kamu perlu membayar biaya berlangganan sebesar 120–450 USD per bulan. 

Ahrefs Keyword Explorer 

Selain Keyword Magic Tool dari SEMRush, ada juga yang sama populernya di kalangan para digital marketer, namanya Ahrefs Keyword Explorer. 

Sama seperti SEMRush Keyword Magic Tool, Ahrefs Keyword Explorer juga memungkinkan kamu mencari tahu search volume keywords pada waktu tertentu beserta tingkat kesulitannya.

Kalau kamu ingin mendapatkan data yang lebih lengkap seperti performa kompetitor, keyword yang disarankan, tren pencarian dari waktu ke waktu, dan lainnya, kamu harus berlangganan paket Premiumnya seharga 100–1.000 USD. 

Google Keyword Planner 

Google juga menawarkan keyword tool gratis, salah satunya Google Keyword Planner Tool.  Dengan alat tersebut, kamu bisa mencari tahu kata kunci mana saja yang populer berdasarkan lokasi, search volume, dan bahkan tren pertumbuhannya dalam periode waktu tertentu.

Apalagi, cara menggunakan Google Keyword Tool pun sangat mudah. Cukup pilih menu “Tools”, lalu “Planning”. Pilih menu “Keyword Planner” kemudian “Discover New Keywords", kamu bisa langsung melakukan riset kata kunci. 

Namun, karena Google Keyword Planner Tool lebih ditujukan untuk iklan PPC Google Ads, kata kunci yang bisa kamu riset di sini juga harus mengikuti ketentuan mereka. Tenang saja, kamu tidak harus membeli Google Ads. Teknologi satu ini bisa digunakan tanpa pembelian Google Ads.

Maka dari itu, terkadang kamu bisa saja terhalang oleh pesan error negative keywords yang menghapus hasil pencarianmu di tools-nya. 

Jadi, alangkah baiknya kamu melengkapi cara menggunakan Google Keyword Tool gratis ini dengan SEO keyword tool lainnya. 

TopicRanker 

Ingin mengetahui seberapa bagus performa domain-mu secara keseluruhan atau halaman tertentu di website-mu di search engine? TopicRanker merupakan salah satu keywords tool yang bisa kamu pertimbangkan. 

Dengan TopicRanker, kamu bisa mengetahui bagian mana saja yang perlu ditingkatkan from your website. Baik itu loading speed, ketersediaan meta title, kemudahan aksesibilitasnya, seberapa baru kontennya, atau bahkan persentase pengulangan kata kuncinya. 

Namun, TopicRanker bukanlah SEO keyword tool gratis. Kamu harus menyiapkan biaya berlangganan sebesar 9–129 USD per bulan. 

Jaaxy 

Saat menggunakan Jaaxy, kamu tidak hanya bisa memperkirakan volume pencarian dan tingkat persaingan di search engine dari keyword yang sesuai dengan bisnismu. Melainkan kamu juga dapat mengetahui kata kunci pencarian lainnya yang tidak kalah unik, tapi masih relevan dengan pencarianmu. Terutama, untuk long-tail keywords yang relevan. 

Kalau kamu ingin mencoba mempelajari cara kerja SEO keyword tool ini, Jaaxy menawarkan versi coba gratis yang mengizinkanmu mencari 30 kata kunci per bulannya. Setelah itu, kamu bisa upgrade ke versi Premium dengan kapasitas pencarian tidak terbatas. 

Google Search Console 

Untuk kamu yang menginginkan keyword tool dengan fungsi mirip TopicRanker, tapi dalam versi gratis, kamu bisa menggunakan Google Search Console. 

Sesuai namanya, tool satu ini sudah terintegrasi dengan akun Google-mu, jadi kamu bisa mengaksesnya tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan. Cukup dengan memasukkan domain web atau link ke halaman tertentu, kamu dapat langsung memeriksa performanya. 

Apa saja yang menjadi fokus utama Google Search Console? Beberapa di antaranya adalah loading speed, apakah bot Google bisa mengindeks halamanmu di hasil pencarian, dan halaman mana saja yang menyertakan link ke website bisnis kamu. 

SECockpit

Ilustrasi search engine atau mesin pencari keyword.

Butuh tool yang bisa memberi panduan untuk menempati posisi atas di hasil pencarian? SECokcpit dapat menjadi pertimbangan utamamu.

Selain fitur untuk mengecek search volume berdasarkan periode waktu dan lokasi geografis, keyword tool satu ini juga akan memberimu rekomendasi konkret agar kontenmu lebih terlihat di dunia maya. 

Untuk menggunakan SECockpit secara menyeluruh, kamu memang perlu mengeluarkan biaya sebesar 39-149 USD per bulan Tapi, mereka juga menawarkan kesempatan coba gratis semua fitur tanpa batasan selama 7 hari. 

Soovle 

Long tail keyword yang memiliki volume pencarian memang jadi favorit. Untuk mendapatkannya, Soovle menawarkan kemudahan tersebut. 

Cara menggunakan tool satu ini bahkan sama sekali tidak sulit. Sebab, kamu hanya perlu mengakses website-nya tanpa harus membuat akun atau bahkan mengunduh software-nya sebelum mengetikkan kata kunci.  

Tapi, mengingat bahwa ini adalah keyword tool gratis, kamu tidak bisa melihat volume pencarian dan tingkat kompetisi sebuah kata kunci. 

Keywords Everywhere 

Berbeda dengan di atas yang berupa website atau software khusus, Keywords Everywhere justru hadir dalam bentuk ekstensi browser. Jadi, saat kamu menyelidiki kata kunci tertentu di mesin pencari, alat ini akan langsung bekerja. 

Dari hasil yang ditampilkan Keyword Everywhere, kamu bisa mempelajari volume pencarian beserta trennya hingga tingkat kesulitan untuk meraih posisi atas hasil pencarian. 

Meskipun berbayar, Keywords Everywhere menawarkan skema biaya yang lebih terjangkau, yaitu hanya mulai dari 1,25 USD hingga 80 USD saja per bulan. 

KeywordTool.io 

Sama seperti keyword tool gratis lainnya, KeywordTool.io juga bisa kamu gunakan untuk mencari ide long tail keyword yang relevan dengan topik kontenmu. 

Untuk menggunakannya, kamu tinggal mengakses website-nya saja. Bahkan, tampilannya juga ramah pemula hingga sudah menginspirasi banyak keyword tool lain, seperti Ubersuggest yang populer.  

Namun, pada versi gratisnya, kamu sama sekali tidak bisa melihat data penting seperti search volume, tingkat kompetisi, dan lainnya. 

Moz Keyword Explorer 

Tidak berbeda jauh dengan keyword research technology lainnya, Moz Keyword Explorer juga memberimu akses informasi tentang tingkat kesulitan pencarian, volumenya, dan performa pesaingmu. 

Kalau kamu sudah mengisi detail bisnismu, Moz akan menyajikan keyword terpopuler, tidak banyak pesaing, dan yang releven dengan bisnismu.

Untuk bisa menggunakan keyword tool satu ini, kamu perlu menyiapkan biaya sebesar 100–600 USD setiap bulannya. 

Keyword Snatcher 

Selain yang sudah dibahas di atas, Keyword Snatcher juga bisa kamu pertimbangkan. Berbeda dengan kebanyakan alat analisis volume pencarian, tool ini lebih direkomendasikan jika kamu sedang mencari ide long tail keyword

Lebih praktisnya lagi, kamu pun bisa memfilter hasil pencarian berdasarkan bahasa dan lokasimu agar lebih akurat. Kalau kamu ingin menggunakan software ini, kamu hanya perlu membayar 47 USD di awal, dan aksesmu akan berlaku seumur hidup. 

Google Trends 

Google Trends merupakan platform digital dari Google untuk mengetahui apa saja topik yang sedang banyak dicari di sebuah negara. Bahkan, di sini kamu juga bisa mempelajari fluktuasi volume pencariannya secara keseluruhan. 

Bergantung dari ketersediaan fiturnya, kamu bisa mempelajari pencarian secara real-time atau pada periode waktu tertentu. Terlepas dari hal tersebut, hasil pencarian di Google Trends juga menunjukkan wilayah mana saja yang paling banyak memasukkan keywords that are relevant to your business

KWFinder 

Ingin menjalankan strategi iklan PPC dengan hemat? Kamu perlu keyword research tool yang bisa menunjukkan harga dari keywords dan rekomendasi kata kunci yang tepat. 

Di sinilah keunggulan utama dari KWFinder. Sesuai tagline-nya, tool ini akan membantumu menemukan keywords panjang yang banyak dicari dan tidak memiliki persaingan ketat. Selain itu, kamu juga bisa melihat harga terendah dan tertinggi keywords tersebut. 

Kalau kamu mau menggunakan ini, kamu harus memiliki paket berlangganan yang harganya 30–80 USD. 

QuestionDB 

Sering bingung cari konten yang lebih spesifik agar bisa bersaing di search engine? Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan mempelajari pertanyaan yang paling sering ditanyakan melalui QuestionDB. 

Sesuai namanya, di sini kamu bisa mencari tahu pertanyaan terkait keyword yang berkaitan secara umum untuk mempersempit angle kontenmu.  

Tapi, kalau kamu ingin melihat volume search dan tingkat kesulitan kompetisinya, kamu harus membayar 15 USD atau 50 USD setiap bulannya. 

Serpstat 

Untuk meningkatkan presensi website-mu berdasarkan prinsip SEO, kamu dapat mempertimbangkan Serpstat.  

Setelah memasukkan kata kunci tertentu, kamu bisa melihat posisi website-mu di hasil pencarian dan perbandingannya dengan kompetitor. Selain itu, alat ini juga sudah lengkap dengan alat untuk mempelajari volume pencarian keywords

Kalau kamu baru mencobanya, Serpstat menawarkan coba gratis untuk jumlah search yang terbatas. Setelah itu, kamu bisa mulai berlangganan paket Pro dengan kapasitas search yang lebih besar setiap harinya. Harganya berkisar antara 70-500 USD per bulan. 

AlsoAsked 

Sama seperti Question DB, ada juga keywords research tool yang sangat membantu kalau kamu ingin mempelajari pertanyaan terkait related keywords dari pengguna internet, yaitu AlsoAsked. 

Di AlsoAsked, kamu akan mendapatkan 3 kesempatan pencarian secara gratis setiap harinya, dan kamu bisa mengatur filternya berdasarkan bahasa dan lokasi. Setelah itu, hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk mind map visual. 

Tapi, kalau kamu ingin analitik yang lebih lengkap, AlsoAsked menawarkan paket berlangganan seharga 6-23 USD per bulannya. 

KeywordTool 

Jika kamu bertanya-tanya adakah keyword research tool dengan fitur yang mirip seperti Google Keyword Planner tanpa batasan negative keywords, jawabannya adalah KeywordTool.

Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan KeywordTool yang berbeda dengan KeywordTool.io. Dengan tool satu ini, kamu bisa mencari tahu volume pencarian, harga CPC, dan tren perubahan pencariannya selama tiga bulan terakhir tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. 

Namun, di versi gratisnya, kamu hanya dapat mempelajari 3 hasil pencarian pertama. Kalau kamu ingin yang lebih lengkap, kamu perlu berlangganan paket Pro seharga 89-199 USD setiap bulannya.

Tips Memilih Keyword Tools yang Paling Cocok

Ilustrasi SEO ranking hasil dari riset menggunakan keyword tool.

Dengan banyaknya keyword tool gratis maupun berbayar di internet, mungkin kamu bingung harus memilih yang mana. Supaya mudah, terapkan tips berikut ini saat hendak memilih keyword tool, yuk!

Kelengkapan Basis Data 

Pastikan database yang digunakan oleh software atau website pilihanmu mencakup periode yang cukup panjang, minimal selama satu tahun terakhir. Ini akan memberikan gambaran tren yang lebih menyeluruh.

Fungsi Ekstra yang Ditawarkan 

Keyword tool yang baik idealnya memiliki fitur lengkap untuk keperluan riset maupun analitik.Dengan kata lain, alat tersebut sebaiknya tidak hanya dilengkapi dengan search volume, tapi juga kemudahan download data laporan dan pembuatan strategi sesuai tujuan. 

Selain itu, jika kamu menggunakan platform digital lainnya, kamu juga perlu memastikan bahwa keyword research tool tersebut bisa diintegrasikan dengan baik supaya proses perencanaan kontenmu lebih praktis. 

Transparansi Biaya 

Saat mencari keyword research tool terbaik, sebaiknya kamu jangan terlalu mudah tergiur dengan harga yang miring! 

Supaya anggaranmu tidak boros, kamu perlu memastikan apakah harga yang tertera sudah mencakup aspek lain seperti biaya penambahan fasilitas, biaya migrasi, dan lainnya. 

Kelengkapan Filter Pencarian 

Tentunya, kamu tidak akan menggunakan data pencarian negara lain untuk konten yang menyasar audiens Indonesia, kan?

Tapi, sayangnya beberapa keyword research tool hanya bisa menampilkan data untuk negara tertentu. 

Jadi, sebelum memilih, cek kembali apakah negara target pasarmu sudah termasuk di dalam filter pencariannya atau tidak. Kemudian, perhatikan apakah filter pencariannya juga memiliki rentang waktu yang cukup luas. 

Kemudahan Penggunaannya 

Tidak menutup kemungkinan, keyword tool digunakan secara kolaborasi. Untuk memudahkan waktu adaptasi dan belajar, pastikan kamu memilih alat yang mudah digunakan oleh semua orang yang akan terlibat dalam proyek. 

Untuk mengetahui apakah sebuah software sudah cukup praktis atau belum, kamu bisa memperhatikan kerapian tata letak menunya. Selain itu, perhatikan juga banyaknya langkah yang harus dijalani untuk mengakses sebuah fitur. 

Akses Layanan Dukungan Pengguna 

Terkadang, bisa saja kamu mengalami masalah teknis saat menggunakan sebuah SEO keyword tool. Misalnya, saat berhadapan dengan bug atau mengalami kendala dalam pembayaran. Di saat seperti ini, pastinya kamu akan menghubungi layanan bantuan resmi. 

Agar masalahmu cepat terselesaikan, pastikan keyword tool pilihanmu memiliki layanan dukungan pengguna yang aktif 24 jam sepanjang minggu–entah melalui email, telepon, atau forum online. Selain itu, perhatikan juga seberapa cepat mereka merespon pesan masuk. 

Fleksibilitas Skala Software 

Saat ukuran web kamu semakin berkembang, kapasitas paket berlangganan tool di awal merintis bisnis mungkin sudah tidak memadai untuk alur kerjamu. Apalagi, kalau kamu membentuk tim konten. 

Supaya keyword tool bisa segera digunakan setelah proses migrasi, jangan lupa memeriksa apakah proses upgrade kapasitasnya cukup mudah atau tidak. Serta apakah kapasitasnya bisa memenuhi kebutuhanmu saat ini.

Kesimpulan

Itu dia 18 rekomendasi keyword tool bagus yang bisa kamu coba untuk mengembangkan konten sekaligus melatih kemampuan digital marketing kamu. 

Terlepas dari apakah kamu mau memilih keyword tool gratis atau berbayar, jangan lupa memperhatikan kelengkapan data kata kunci, transparansi biaya, dan kemudahan penggunaan fiturnya supaya investasi jangka panjang kamu semakin menguntungkan! 

Jika kamu sudah percaya diri dengan kemampuanmu menggunakan keyword research tool, sekaranglah saatnya mengaplikasikan skill kamu di tempat kerja yang tepat. Tenang, kamu tak perlu merasa kesulitan mencari lowongan pekerjaan digital marketing yang sesuai impian karena ada Jobstreet by SEEK! 

Jobstreet by SEEK menawarkan ribuan lowongan kerja di seluruh Indonesia secara online. Jadi, kamu bisa melamar pekerjaan dalam sekali klik hanya melalui browser komputer atau aplikasi smartphone.

Kamu bisa mengunduh aplikasi Jobstreet by SEEK di App Store atau Google Store. 

Lalu, untuk kamu yang masih ingin mempersiapkan diri menjelang proses rekrutmen, Jobstreet by SEEK juga menawarkan Tips Karier dan alat praktik wawancara agar kamu lebih percaya diri!

Jadi, jangan takut memulai langkah pertamamu di bidang digital marketing, dan raih kesuksesanmu dari sekarang!

Pertanyaan Seputar Keyword Tools

  1. Keyword research tools apa saja?
    Opsi keyword research tool di internet sangatlah banyak. Misalnya, ada yang berbayar dengan versi coba gratis di awal seperti Ubersuggest Keyword Tool dan Jaaxy. Tapi, ada juga yang sepenuhnya gratis seperti Google Keyword Planner, Soovle, dan lainnya.
  2. Keyword tools untuk apa?
    ⁠Kegunaan utama adalah untuk mencari tahu seberapa populer keywords berdasarkan lokasi, minat, dan rentang waktu tertentu. Lalu, untuk strategi iklan PPC, keyword tool juga memberikan gambaran harga bidding tertinggi dan terendah untuk keywords.
  3. Bagaimana cara menentukan nilai keyword pada keyword tools yang efektif?
    ⁠Keyword ideas yang efektif idealnya memiliki setidaknya 1.000 volume pencarian dalam satu waktu dan tingkat kompetisi yang tidak terlalu tinggi menurut hasil analisis  keywords for your business.
  4. Kenapa kita perlu meriset keyword dengan keyword tools?Riset kata kunci sangatlah penting dalam proses menemukan keyword ideas dan perencanaan konten. Hal ini supaya tulisan, video, atau gambar buatanmu mudah ditemukan oleh audiens yang tepat. Jadi, strategi promosimu tidak akan salah sasaran.
  5. Apa saja fungsi dari Google Trends?
    ⁠Google Trends sangat berguna untuk kamu yang ingin melihat topik yang sedang ramai diperbincangkan di negara mana saja dan dalam periode waktu tertentu. Selain itu, kamu juga dapat melihat wilayah spesifik dari negara tersebut yang paling banyak melakukan pencarian untuk sebuah kata kunci. 

More from this category: Keterampilan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.