Ketika Pekerjaan Adalah Segalanya Untuk Anda

Ketika Pekerjaan Adalah Segalanya Untuk Anda
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

pekerjaan

Salah satu alasan Anda tidak merasa puas dengan hasil pekerjaan adalah besarnya harapan yang Anda miliki tidak sesuai dengan hasil yang didapatkan. Anda menginvestasikan seluruh diri Anda pada pekerjaan dan berharap Anda akan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang telah Anda lakukan.

Ketika Anda tidak merasa puas dengan diri Anda, yang biasanya dilakukan adalah menyembunyikan perasaan tersebut dan berusaha untuk menebusnya. Salah satu cara untuk menyingkirkan perasaan tidak puas tersebut adalah dengan meningkatkanachievement. Semakin besar sukses yang didapat maka Anda akan semakin berharga – setidaknya Anda akan merasa seperti itu. Permasalahannya adalah semakin besar sukses yang Anda dapat maka semakin besar juga lubang yang telah Anda gali. Anda sudah terobsesi dan merasa kecanduan dengan pekerjaan Anda, Anda merasa hidup Anda berhasil dan mengalami peningkatan dengan sukses yang telah Anda raih, akan tetapi perasaan tersebut biasanya tidak berlangsung lama. Anda akan terus berusaha untuk mencapai hasil yang lebih tinggi dan lebih tinggi lagi.

Pekerja dengan target tinggi memiliki kesulitan untuk meminta bantuan karena tidak ada yang tahu bahwa mereka membutuhkannya, terkadang merka tidak menjadi dirinya sendiri. Mereka akan mendapatkan reward atas prestasi yang telah dilakukan akan tetapi secara tidak langsung mempengaruhi perilaku mereka menjadi tidak sehat hingga membuat mereka terasa terpenjara.

Jika Anda berharap semua orang dapat mendukung seluruh rasa percaya diri Anda maka Anda tidak akan merasa puas dengan apapun apa yang telah Anda lakukan, Anda selamanya akan dikasihani oleh semua orang.

Berikut adalah beberapa tanda yang mengindikasikan Anda telah menginvestasikan diri Anda terlalu besar pada pekerjaan:

  • Anda merasa bangga mengenai diri Anda ketika Anda sedang membicarakan tentang pekerjaan
  • Waktu yang Anda habiskan lebih banyak untuk pekerjaan atau bekerja dari rumah
  • Anda tidak memiliki hobi atau minat selain karier yang Anda miliki
  • Anda hanya menghabiskan waktu sedikit dengan orang-orang yang dekat dengan Anda
  • Ketika Anda telah bekerja keras pada suatu proyek dan berhasil, Anda akan merasakan euphoria yang tinggi yang kemudian diikuti dengan sedikit rasa dramatis
  • Anda lebih banyak bicara mengenai pekerjaan di pergaulan
  • Ketika bertemu dengan orang baru, Anda akan berusaha untuk menunjukkan betapa suksesnya Anda
  • Anda biasanya menempatkan pekerjaan diatas kepentingan lainnya
  • Anda memiliki kesulitan untuk bersantai pada saat liburan
  • Anda merasa marah dan tersinggung jika ada orang lain yang mencampuri rencana kerja Anda

Mungkin sebagian orang memang memiliki tujuan sukses sehingga fokus 100 persen pada pekerjaan yang dilakukan, seluruh waktu yang dijalani dan yang dipikirkan adalah mengenai pekerjaan sehingga tidak memiliki waktu untuk diri sendiri ataupun orang lain. Hidup akan menjadi sepertitreadmillyang tidak pernah berhenti bergerak.

Jabatan tinggi, kekuasaan, dan uang tidak akan memiliki arti besar pada saat Anda tidak memiliki kehidupan lain diluar pekerjaan. Kebanggan yang didapat dari kesuksesan yang dimiliki mungkin akan bertahan untuk beberapa saat, akan tetapi jika Anda menelantarkan kebutuhan Anda sehari-hari maka pekerjaan akan mengambil alih kehidupan Anda. Anda butuh keseimbangan antara hidup dan pekerjaan. “Jika Anda bukan untuk diri Anda, maka siapa?”

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.