Kembangkan Karier di Bidang Sales, Lakukan Cara-Cara Ini!

Kembangkan Karier di Bidang Sales, Lakukan Cara-Cara Ini!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Salesatausales marketingadalah divisi yang bertugas menjalankan proses jual-beli produk, mulai dari penawaran, negosiasi, hingga transaksi terjadi. Bagi perusahaan, memastikan produknya dikenal olehmarketatau pelanggan yang tepat adalah hal yang sangat penting. Hal ini bisa dicapai dengan adanya kontribusi dari timsales.Tugassalesadalah membantu perusahaan mencapai target penjualan, namun juga memastikan pelanggan menemukan produk atau jasa yang tepat sesuai kebutuhan.

Pekerjaansalesmemiliki progresi karier mulai dari tingkat junior (Sales Executive), tingkat menengah (Sales Manager),hingga tingkat senior (Head of Sales). Jika kamu bekerja sebagaisales,tidak menutup kemungkinan kamu dapat mengembangkan kariermu ke tingkat yang lebih tinggi. Pengembangan karier di bidangsalestentunya mempunyai karakteristik dan tantangan tersendiri. Terus simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang strategi pengembangan karier di bidangsales!

Keterampilan yang penting dimiliki olehsales

Seiring berjalannya waktu dan berubahnya model kerja, tipe dan cara bekerjasalesjuga semakin beragam. Selain kegiatan penawaran secara langsung atauhard-selling,penawaran produk atau jasa secarasoft-sellingyang melibatkan persuasi atau dengan membangun relasi juga semakin banyak dilakukan sesuai dengan produk yang dijual. Terlebih lagi dengan adanya pandemi yang mengubah sistem kerja secara signifikan, dibutuhkan juga beberapa keterampilan baru untuk dapat menjalankan kegiatansalessecaraonline.Untuk dapat mengembangkan karier, penting bagi seorangsalesuntuk menguasai keterampilan-keterampilan berikut agar tetap relevan di tengah trenmarketyang kian berkembang.

  • Berkomunikasi secara efektif

Kemampuan berkomunikasi interpersonal dan menyesuaikan cara komunikasi dengan profil klien yang berbeda-beda merupakan hal dasar yang harus dimiliki seorangsales. Salessering kali diminta memimpin diskusi atau menjembatani antara pihak luar (klien/konsumer) dan internal. Karena itu, penting bagisalesuntuk memiliki pemahaman konteks yang baik, sehingga komunikasi bisa dilakukan secara efektif ke pihak yang tepat dan berfokus kepada inti bahasan. Seringkali kegiatansalesmelibatkan proses yang cukup panjang dan melibatkan berbagai tim, sehingga komunikasi yang tidak efektif hanya akan memperlambat proses. Apalagi dengan semakin seringnya sistem kerjawork from home(WFH) danhybrid workditerapkan, komunikasi efektif dapat menyelamatkan tim dari terlalu banyak rapatonline.

  • Analisis data

Secara sekilas, mungkin kegiatansaleslebih sering dikaitkan ke kegiatan tawar-menawar. Namun, khususnya saat ini, memiliki kemampuan analisis data dapat membantu memperlancar kegiatansales.Selain memahami statistik penjualan,salesyang bekerja di bidang digital seperti periklanan dan penanganan akun media sosial juga sebaiknya dapat memahami performa konten digital secara general seperti persentase konversi, angkaengagement, jangkauan, dst. Pemahaman ini dapat membantu memperlancar proses diskusi dengan tim digital dan klien.

  • Pemahaman produk

Seorangsalessudah pasti harus memiliki pemahaman yang baik tentang produk yang akan dijual. Tidak berhenti pada spesifikasi produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga konsumen seperti apa yang membutuhkan produk tersebut. Selain itu,salesjuga perlu mempelajari proses yang harus dilalui jika memang produk atau layanan harus melalui proses produksi. Ini dapat mempermudah diskusi di awal dengan mempertimbangkan antara kebutuhan klien dari segi waktu dan waktu yang dibutuhkan tim internal untuk memprosesnya.

  • Analisis tren dan market

Untuk dapat menjangkau pelanggan yang tepat,salesperlu mempelajari trenmarketsaat ini sesuai dengan industri perusahaannya, terutama untuksaleskonsultan yang sering berdiskusi dengan klien untuk memberikan solusi terhadap kebutuhan mereka. Selain itu, biasanyasalesjuga berperan dalam penentuan harga, sehingga penting bagisalesuntuk memahami harga yang berlaku di pasaran. Karenasalesberinteraksi langsung dengan pembeli atau klien, analisis darisalesjuga sangat dibutuhkan untuk membantu tim marketing menyusun strategi penjualan.

  • Kemampuan negosiasi

Salah satu tugas utama seorangsalesadalah menjembatani antara pembeli dan tim internal. Kemampuan negosiasi diperlukan untuk memperlancar proses jual-beli dan produksi. Selain menawarkan produk yang tepat sesuai kebutuhan pelanggan,salestentunya bertugas untuk menjaga harga agar tidak sampai merugikan perusahaan. Selain dari segi harga, proses negosiasi juga diperlukan perihal eksekusi seperti waktu dan cara pengerjaan.

Dengan konsisten mengasah kemampuan-kemampuan dasar tersebut, kamu dapat menjalankan proses penjualan dengan lebih lancar dan tidak menutup kemungkinan kamu dapat mencapai target penjualan. Tentunya, evaluasi secara berkala juga diperlukan untuk dapat mematangkan kemampuanmu.

Cara Mengembangkan Karier di BidangSales

Selain mengasah kemampuan, bekerja di bidangsalesjuga membutuhkan strategi agar kariermu semakin berkembang. Selain jam terbang yang mumpuni untuk memahami pergerakan di industri tempatmu bekerja, kamu dapat memperhatikan hal-hal berikut jika kamu mengincar progresi karier di bidangsales.

  • Terapkan pola pikir yang tepat

Pada dasarnya, tugas seorangsalesmemang tidak terlepas dari mencapai target penjualan. Namun,penting untuk menetapkan pola pikir yang tepat ketika berkarier di bidangsales.Meskipun berkewajiban untuk memenuhi target, hindari menjebak atau menipu pembeli dan ingatlah bahwasalesjuga bertugas untuk memberikan solusi yang terbaik sesuai kebutuhan konsumen. Dengan menanamkan hal ini sejak awal, kamu bisa menumbuhkan rasa kepercayaan konsumen terhadapmu, sehingga tidak menutup kemungkinan konsumen tersebut akan melakukan transaksi lagi.

  • Incar perusahaan dengan kultursalesyang suportif

Bicara mengenai progresi karier, tentunya tidak terlepas dari perusahaan tempat kita bekerja. Agar kariermu mendapat dukungan dan kamu bisa berkembang secara personal sebagaisales,incarlah perusahaan yang dikenal memiliki kultursalesyang baik, seperti memiliki target yang masuk akal, tim yang solid, dan menyediakan pelatihan untuk karyawannya. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan tersebut peduli dengan pengembangan individu karyawan sebagaisales.Meskipun kamu belum menemukan perusahaan yang dirasa tepat di awal kariermu, seiring berjalannya waktu kamu bisa membangun koneksi dengan orang-orang di bidangsalesdan melakukan observasi untuk menemukan perusahaan yang tepat.

  • Konsisten menerapkan kebiasaan baik

Hal ini mungkin terdengar sederhana, namun sering juga dilewatkan. Mempertahankan kebiasaan baik sangat berkontribusi untuk memberikan kesan yang baik terhadap dirimu sebagai seorangsales.Rutin mencatat dan membagikan hasil rapat, membuat pengingat dan jadwal kegiatan, memastikan ulang hasil diskusi, dan menulis email dengan rapi adalah beberapa kebiasaan yang sederhana namun sangat menolong untuk memastikan semua pihak memiliki pemahaman yang sama sehingga proses berjalan lancar. Seiring waktu, kualitas ini pasti dilihat oleh atasan dan rekan kerjamu sehingga mereka tahu bahwa kamu adalahsalesyang bisa diandalkan.

  • Membaca jurnal dan referensi

Supaya kamu tidak terperangkap dalam satu metode penjualan dan pola pikir yang terbatas, tidak ada salahnya memperkaya pengetahuanmu dengan membaca jurnal dan referensi. Ini juga bisa menjadi cara kamu untuk tetapupdatedengan perkembangan bidangsales.Dengan memperbanyak bahan bacaan, kamu bisa mempelajari tentang cara penjualan hingga psikologi konsumen. Kamu juga bisa mempelajari tentang kepemimpinan untuk mempersiapkan dirimu ke jenjang karier yang lebih tinggi seperti level manageriali. Selain materi berbentuk tulisan, kamu juga bisa mengikuti webinar atau mendengarkanpodcast.

  • Bangun koneksi dan kembangkantransferable skills

Salesmerupakan bidang yang luas, dan hampir setiap industri memiliki pekerjaansales.Membangun koneksi yang baik dengan orang-orang di dalam maupun di luar bidangsalesdapat membantumu menemukan peluang pekerjaan yang bisa jadi dapat mendukung kemajuan kariermu. Bekali juga dirimu dengan kemampuan lintas bidang (transferable skills) agar kamu siap untuk beradaptasi di industri yang beragam.

  • Berempati terhadap konsumen dan tim

Sejalan dengan yang disampaikan di poin awal, berempati terhadap konsumen adalah nilai baik yang patut dimiliki oleh seorangsales.Selain berusaha memahami kebutuhan konsumen/klien, sensitif terhadap keadaan klien dan tim internal juga penting. Misalnya, beri klien ruang dan tidak perlu menawarkan produk atau membahas bisnis ketika klien sedang mengalami kedukaan. Dari sisi tim internal,salesjuga sebaiknya mempertimbangkan: apakah tim mampu melaksanakan permintaan tertentu dari klien? Apakah kondisi tim saat ini memungkinkan untuk bobot pekerjaan denganbudgetdan waktu tertentu? Dengan mendiskusikan hal tersebut, dapat terlihat bahwa sebagaisaleskamu tidak hanya memikirkan tentang targetmu, tetapi juga keadaan tim internal.

Jika dilakukan dengan konsisten, cara-cara tersebut dapat menolongmu menjadisalesyang diandalkan di perusahaan, sehingga tidak menutup kemungkinan tawaran untuk promosi datang kepadamu. Ingat juga bahwa untuk mengembangkan kariermu cobalah untuk terbuka dengan kesempatan atau tantangan yang dipercayakan oleh tim dan atasanmu, sambil tetap membuka ruang diskusi dan meminta bantuan ketika dibutuhkan.

Itulah penjelasan mengenai kemampuan yang dibutuhkan seorangsalesdan langkah-langkah untuk mengembangkan karier di bidangsales. Kamu bisa menemukan peluang untuk meningkatkan jabatanmu disalesdengan melamar di lowongan Sales Manager dan Head of Sales yang ada di Jobstreet. Jangan lupa untuk memperbarui profil JobStreet dengan mengunggah CV atau resume kamu. Perbarui juga profilmu setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari berbagai pelatihan atau konferensi. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik!

Kunjungi situs JobStreet untuk mencari lowongan pekerjaan yang dapat membantumu mencapai kesuksesan karier. Tetap terhubung bersama kami kapan pun dan di mana pun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk kamu. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untukmu. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring, pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Pengembangan karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.