Joel Neoh - Seorang Mekanik Menjadi Seorang Entrepreneur

Joel Neoh - Seorang Mekanik Menjadi Seorang Entrepreneur
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Groupon adalah sebuah situs jual beli online dimana orang membicarakan tentang barang baru atau jasa murah. Di Malaysia, pelanggan loyal mereka mulai dari murid sekolah hingga Ibu rumah tangga. Orang akan mencari situs atau aplikasi mereka di handphone ketika mereka mencari sesuatu atau layanan yang mereka inginkan dalam waktu yang singkat. Groupon membantu pelanggan mereka untuk memecahkan masalah mereka ketika membutuhkan penawaran liburan murah, tempat makan yang menarik atau bahkan jasa pijat dengan harga terjangkau. Dan orang yang membawa situs tersebut ke Malaysia adalah Joel Neoh.

Joel Neoh adalah founder dan juga CEO dari Groupon Malaysia dan juga wakil presiden dari Groupon Asia Pasific. Dibalik kisah suksesnya, Joel adalah sosok yang inspiratif, kepercayaanya, kebaikan, passion dan juga kepimpinannya membuat orang yakin bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan.

Joel Neoh

Joel Neoh lahir di Kuala Lumpur, Malaysia pada Oktober 1983. Dia adalah anak termuda dari orang tua yang terpelajar dan sangat disiplin. Selama sekolah, Joel sangat senang bermain bakset, voli dan juga seorang atlit panjat tebing dan squash. Selain itu Joel juga pernah meraih 3 beasiswa paling top yaitu beasiswa Teknik Mesin dan Kompetisi Design-and-Build dari Monash University. Bahkan Joel juga seorang model dan berjalan di catwlak untuk beberapa merek dan majalah fashion di Malaysia.

Tahun 2007, Joel Neohmembentuk Youth Asia (organisasi non-profit yang dahulu dikenal sebagai Youth Malaysia) dengan Khailee Ng yang merupakan CEO dari SAYS.com. Dengan semangat yang mereka miliki, Youth Asia berkembang menjadi sebuah perusahaan internet yang sukses dan berhasil memenangkan Dream Malaysia Awards dalam kategori Youth Friendly Company of The Year 2007.

3 tahun setelahnya, tepatnya pada 1 September 2010, Neoh meluncurkan GroupMore - sebuah froum jual beli yang menawarkan harga spesial untuk produk makanan. Setelah 5 bulan, GroupMore dilirik oleh Groupon dan perusahaan tersebut diakusisi oleh Groupon pada Januari 2011. Kemudian GroupMore resmi menjadi bagian dari Groupon. Joel Neoh mengawali Groupon Malaysia dengan hanya 60 karyawan dan berkantor disebuah bungalo, dan sekarang telah berkembang menjadi 300 orang. Groupon tercatat sebagai perusahaan yang paling cepat berkembang versi majalah Frobes 2011.

Kesuksesan tersebut membawanya menjadi semakin terkenal dan mengubahnya dari seorang mekanik menjadi pebisnis. Joel Neoh tercatat sebagai Asia's Top 10 Young Entrepreneur oleh 10 Majalah Asia, diantaranya adalah Men of The Year 2011 oleh Majalah August Man, The Ernst & Young Entrepreneur of The Year 2012, Young Global Leader 2013 oleh Wolrd Economic Forum, Pemenang dari Creative Pioneer Awards oleh NewManMY dan baru-baru ini masuk kedalam daftar 30 Bisnisman Malaysia sukses dibawah usia 40 tahun pada tahun 2014 oleh Malaysian Business.

joel neoh groupon

"Sukses melahirkan kesuksesan. Khususnya pada usia muda, ada banyak sekali kesempatan dan banyak hal yang dapat dilakukan lebih besar dan lebih luas lagi," Kata Joel Neoh.

Selain memiliki begitu banyak pengalaman menarik, Neoh juga seorang yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial, dia sangat senang sekali melakukan kegiatan amal didalam dan luar negeri untuk NGO seperti UNICEF, World Vision Malaysia, Malaysian AIDS Foundation Cahrity Show dan banyak lagi.

Berkat kontribusi, pencapaian dan jiwa kepemimpinan yang dimiliki serta komitmennya untuk selalu berbagi, Joel Neoh juga masuk dalam 200 kandidat dalam ajang penghargaan yang diketuai oleh Queen Rania Al Abdulah of Jordan. Joel Neoh saat ini menikmati kehidupannya dengan penuh dengan kebahagiaan walaupun dia berkata masih terus ingin mengejar mimpi dan kesuksesan lain.

"Ini tentang bagaimana menikmati perjalan menuju kesuksesan dan bukan terfokus begitu saja pada tujuannya. Anda harus berada didalamnya dan merangkulnya. Jika Anda bangun dan Anda bersemangat untuk melakukan apa yang hendak Anda lakukan, Saya pikir itu adalah kesuksesan," Joel Neoh.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.