Jalur Karier yang Bisa Dipertimbangkan Ketika Menjadi Satpam

Jalur Karier yang Bisa Dipertimbangkan Ketika Menjadi Satpam
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Apa kamu sedang mencari pekerjaan sebagai satpam ? Jika pengalamanmu terpusat di bidang keamanan, kamu mungkin memang akan mempertimbangkan pekerjaan tersebut terlebih dahulu. Tidak ada salahnya jika kamu ingin tetap menjadi satpam, tetapi sangat disarankan untuk mengembangkan kariermu ke posisi yang lebih tinggi, seperti kepala satpam atau manajer keamanan!

Melamar untuk pekerjaan dalam bidang spesifik seperti keamanan memang terlihat menantang, namun jangan khawatir! Itu berarti kamu memiliki kemampuan yang jarang dimiliki orang lain, sehingga jumlah pesaing yang perlu kamu hadapi bisa berkurang. Karena keamanan sangat penting dimiliki oleh sebuah perusahaan atau organisasi, posisi-posisi kerja di bidang tersebut sangat dicari pula.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jalur karier yang sangat mungkin kamu ambil jika tertarik menjadi satpam.

1. Satpam (Security Guard)

Seperti namanya, satpam atau satuan pengamanan adalah orang yang bertugas untuk menjaga keamanan fisik di dalam sebuah properti, baik itu kantor, bank, sekolah, hingga perumahan. Beberapa kewajiban satpam mencakup pelaksanaan tindak preventif keamanan, menegakkan tata tertib, melakukan pengawasan rutin dalam lingkungan kerja, hingga membuat laporan mengenai jalannya kegiatan pengawasan.

Untuk menjadi seorang satpam, tentunya diperlukan kemampuan fisik yang kuat dan bela diri. Namun, pengetahuan mengenai pengelolaan keamanan dan keselamatan juga tidak boleh dilupakan.

Dalam perjalanan kariermu sebagai satpam, pastinya kamu bisa memutuskan untuk tidak menetap di satu posisi saja. Melalui Pelatihan Gada Utama, kamu akan bisa mendapatkan sertifikasi gada utama yang berguna untuk mengajukan diri sebagai kepala satpam (chief security) atau manajer keamanan (security manager).

Setingkat di bawah itu, ada Pelatihan Gada Madya yang akan memberikan sertifikasi gada madya. Sertifikasi tersebut akan berguna jika kamu ingin melamar posisi penyelia sebagai “batu lompatan” dalam kariermu sebagai satpam!

2. Kepala Satpam (Chief Security)

Jika kamu sudah memiliki pengalaman sebagai satpam dan ingin membawa karier-mu setingkat lebih atas, kamu bisa melamar untuk posisi kepala satpam. Seorang kepala satpam bertanggung jawab untuk mengelola keseluruhan kegiatan pengamanan yang dilaksanakan.

Kepala satpam juga harus melakukan pelatihan dan pembimbingan untuk anggota-anggotanya. Karena itu, kamu perlu memiliki keterampilan manajemen organisasi serta pengetahuan tingkat lanjut mengenai keamanan dan keselamatan. Jika kamu ingin melamar menjadi seorang kepala satpam, seperti yang sudah disebutkan di nomor 1, kamu perlu menyelesaikan Pelatihan Gada Utama terlebih dulu dan mendapatkan sertifikasi gada utama. Sertifikasi tersebut adalah salah satu syarat utama untuk menduduki posisi kepala satpam.

3. Manajer Keamanan (Security Manager)

Manfaatkan keterampilan pengelolaan organisasimu dengan melamar posisi sebagai manajer keamanan! Posisi ini akan mewajibkanmu terampil dalam memantau keamanan perusahaan serta melakukan kontrol operasi keamanan secara rutin. Sebagai manajer, tentunya kamu tidak akan bekerja sendiri. Kamu juga bertugas untuk melatih anggota-anggota perusahaan lainnya mengenai prosedur keamanan dan keselamatan. Seorang manajer keamanan juga harus sigap dalam menghadapi situasi darurat, sehingga ia perlu berpartisipasi dalam perancangan manajemen darurat.

Seperti untuk menjadi kepala satpam, kamu juga membutuhkan sertifikasi gada utama untuk melamar sebagai seorang manajer keamanan.

Berdasarkan penjabaran di atas, mengikuti berbagai pelatihan resmi sangat penting untuk mengembangkan kariermu sebagai satpam. Dengan memiliki sertifikasi pelatihan-pelatihan tersebut, kamu akan bisa melamar posisi yang lebih tinggi, dari seorang penyelia hingga kepala satpam atau manajer keamanan.

Jangan lupa untuk selalu memperbarui profilmu di JobStreet tiap kamu mendapatkan pengalaman atau kemampuan baru. Para perekrut kerja akan lebih memilih profil yangup-to-datekarena hal tersebut menunjukkan keaktifanmu sebagai seorang kandidat. Profil dengan tanggal pembaruan yang dekat dengan satu sama lain akan memberi kesan bahwa kamu selalu giat untuk mengembangkan diri dan mencari pengalaman.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Pengembangan karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.