Inspirasi Indah Kus Menghadapi Rasa Takut Memulai Karier Baru

Inspirasi Indah Kus Menghadapi Rasa Takut Memulai Karier Baru
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Indah Kus, seorang dokter dan musisi, merupakan sosok yang tidak asing lagi di dunia hiburan Indonesia. Sosoknya kini menjadi salah satuinfluencersyang terkemuka dan berpengaruh. Perjalanan karir Indah Kus diceritakan olehnya dari awal menggeluti industri hiburan hingga akhirnya memilih untuk fokus menjadi penyanyi dan membuat perusahaan label musiknya sendiri.

Kamu penasaran dengan alasan yang membuat Indah Kus mengambil langkah berani? Dalam kampanye perjalanan karir "Bebas Drama" dari JobStreet, Indah Kus berbagi inspirasi karir yang bisa kamu aplikasikan untuk meningkatkan kesempatan dalam memulai jenjang karir baru.

Profil Indah Kus

Indah Kusumawati, atau yang bisa kita kenal sebagai Indah Kus, merupakan seorang musisi sekaligus dokter. Di awal perjalanan karirnya, Indah harus menyeimbangkan kehidupannya sebagai mahasiswi kedokteran dan musisi.

Berawal menjadi penyanyi di acara pentas seni, Indah melanjutkan karirnya dengan tampil di dunia hiburan sebagai salah satu pemeran utama drama musikal di stasiun TV nasional. Di sana akhirnya ia bertemu dengan teman-teman musisi yang memiliki minat yang sama dengannya.

Setelah mendapat dorongan dan inspirasi untuk berkarya, Indah kemudian merilis musik-musiknya, dan melanjutkan upaya berkarir di dunia musik dengan mendirikan perusahaan label musik sendiri. Motivasi mendirikan label ini untuk mendorong generasi muda agar dapat memulai hari mereka dengan menyadari makna diri, melawan ketakutan bersama, dan pada akhirnya siap menyapa dunia.

Bagaimana cara Indah Kus mengembangkan talentanya?

Ketika melihat seorang mahasiswi kedokteran, mungkin pemikiran yang muncul pertama kali adalah: jenjang karir yang terjamin. Hampir dapat dipastikan bahwa  biasanya mereka akan menjadi dokter. Hal tersebut juga dialami oleh Indah.

Namun, sebenarnya sejak kecil, Indah banyak mengikuti kursus-kursus lain di luar kegiatan akademiknya seperti kursus menyanyi,acting, berenang, piano, hinggamodelling. Dari pengalaman tersebut, Indah dapat mengembangkan bakatnya dan menemukan apa yang menjadipassiondi hidupnya.

Indah kemudian memberanikan diri untuk mulai bernyanyi di pentas seni hingga mengikuti kompetisi. Hal-hal ini dilakukan Indah dengan upaya untuk mengembangkan bakatnya lebih jauh. Setelahnya, ia mendapat jejaring di dunia hiburan dan termotivasi untuk mengembangkan bakatnya lebih jauh dengan merilis karya musiknya.

Indah Kus vs Rasa Takut

Setelah mengenal Indah lebih jauh dan memahami perjalanan karirnya, keberanian Indah dalam mengejarpassion-nya yang cenderung jauh dari gelar akademiknya dapat menjadi inspirasi bagi kamu dalam berkarir, loh.

Pertama, jangan takut jika pilihan karirmu tidak sesuai dengan apa yang sudah kamu pelajari selama kuliah, asal kamu mau dan berani mengejarpassion. Kedua, jangan khawatir untuk berganti karir yang mungkin tidak sesuai dengan apa yang kamu kerjakan selama ini.

Kamu dapat belajar melawan rasa takut dengan memerhatikan tips-tips yang dapat kita pelajari dari cerita Indah Kus di bawah ini:

  • Ketahui minat kamu

Hal yang paling utama dalam memilih jenjang karir adalah mengetahui apa yang menjadipassionkamu. Walaupun begitu, tips ini tidak hanya untuk yang baru memulai karirnya saja. Kamu yang sudah memulai karir lebih dulu pun dapat merenungkan kembali jenjang karir yang kamu tempuh saat ini.

Kamu bisa memulainya dengan memikirkan hal yang membangkitkan rasa penasaran, suka, dan memicu dirimu untuk dapat mengembangkannya lagi. Inspirasi bisa diambil dari pengalaman saat Indah mulai membuat karya dan melanjutkan karir musiknya dengan mendirikan label musik. Seperti Indah, kamu dapat mencoba berbagai hal hingga kamu menemukanpassion-mu.

  • Tentukan prioritas

Nyatanya, seringkali kita memiliki banyak sekali pilihan seperti Indah Kus yang menjadi dokter dan musisi di saat yang bersamaan. Kamu mungkin sedang mengerjakan tanggung jawabmu di tempat kerja yang sekarang, dan memikirkan langkahmu selanjutnya dan bagaimana cara mencapainya. Atau, kamu mungkin sedang menggeluti banyak bidang dan bingung harus memulai dari mana.

Dalam interview bersama JobStreet, Indah bercerita bahwa setelah lulus dari kuliah kedokteran, ia menggeluti karir sebagai dokter dan musisi sekaligus. Pada akhirnya ia pun memutuskan untuk memprioritaskan musik. Dengan upaya tersebut, dirinya dapat fokus pada satu hal dan dapat mengeksekusi rencana besarnya.

Melihat pengalaman Indah, kamu dapat berfokus pada tanggung jawabmu terlebih dahulu. Kemudian, kamu dapat mengatur ulang skala prioritas untuk jangka panjang karirmu. Mulai dari hal-hal kecil yang berada dalam jangkauan, kemudian bergerak untuk mencapai hal-hal yang menjadi target utama dalam jenjang karir-mu.

  • Berjejaring dengan orang dengan minat yang sama

Dengan pengalaman Indah yang berkarir dalam drama musikal di salah satu stasiun televisi Indonesia, ia dapat mengenal banyak teman musisi. Pada awalnya ia menjadiperformersaja, kemudian ia termotivasi untuk menghasilkan karyanya sendiri dan menjadi musisi.Dari cerita Indah Kus, kita dapat mengetahui bahwa mengelilingi diri dengan orang yang memiliki minat serupa dengan kita merupakan hal yang dapat membawa banyak manfaat. Selain dapat memotivasi kita untuk terus berkarya, kita juga dapat mengambil banyak pelajaran dan inspirasi dari mereka yang memiliki banyak sekali pengalaman.

Jangan khawatir, kamu tidak harus menjadi musisi seperti Indah. Misalnya, kamu memiliki minat terhadap bidang IT, khususnyaapp design, kamu dapat berjejaring dengan orang-orang melalui komunitasdesigner. Kemudian di komunitas tersebut kalian dapat berbagi di media sosial mengenai tips atau pengalaman yang kamu miliki.

Dengan jejaring yang baik, manfaat lain yang dapat kamu rasakan adalah karyamu berpotensi mendapatkanexposurelebih luas yang akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan karirmu.

Baca juga : 8 Peraturan Sosial Media untuk Para Pencari Kerja

  • Konsisten

Mengetahui minat, menentukan prioritas, dan berjejaring dengan orang dengan minat yang sama merupakan langkah yang tepat untuk melawan rasa takut dalam memulai jenjang karir baru. Walaupun begitu, ketiganya harus dilakukan dengan usaha yang konsisten.

Indah Kus memulai karirnya dengan menyanyi di pentas seni semasa SMA, kemudian ia terus konsisten mengikuti kompetisi bernyanyi, menghasilkan karya, hingga akhirnya mendirikan perusahaannya sendiri. Seperti Indah, kamu juga dapat terus konsisten berusaha untuk menjalankan rencana karir.

Jangan jadikan satu kegagalan mengakhiri usahamu. Dengan tetap konsisten, kamu akan membuka lebih banyak kesempatan dan peluang karir di masa depan. Bisa jadi calon perekrut melihat mentalitas pejuang dalam dirimu, atau upayamu dalam meningkatkanskill, dan kemampuanmu dalam berjejaring dan berbagi informasi.

Belajar menjadi kandidat impian dari cara Indah Kus merekrut karyawan

Nah, setelah menyimak cara melawan rasa takut versi Indah Kus, mungkin kini kamu semakin mengerti bagaimana ia sampai di titik karirnya saat ini walaupun berbeda jalur dari gelar akademiknya. Tidak hanya menghasilkan karya, kini Indah juga memiliki perusahaan label musiknya sendiri.

Perusahaannya, dengan visi memberi wadah pada generasi muda untuk berani berkarya, merupakan cerminan dari pribadi Indah yang juga berani dalam prosesnya terjun ke dunia musik. Melalui Indah, kamu dapat melihat bahwa nilai-nilai pribadi seseorang dapat beriringan dengan nilai-nilai di tempatnya berkarir.

Begitu juga ketika kamu mencari kerja. Pastikan bahwa kamu memiliki nilai yang sama ketika memulai jenjang karir dan melamar ke perusahaan tertentu. Hal ini tentu penting menurut Indah Kus, karena jika kamu sudah memiliki nilai dan visi yang sama, tantangan sebesar apapun akan dapat dilewati. Begitu juga dengan kamu dan tempatmu bekerja di masa depan.

Dari perbincangan dengan Indah Kus dan JobStreet untuk kampanye “No Drama” ini, kita bisa mengambil inspirasi dalam mengatasi rasa takut untuk memulai jenjang karir baru. Dimulai dari mengetahuipassion, kita dapat memiliki gambaran jelas tentang jenis jenjang karir kita selanjutnya.

Setelah mengetahui minat, kita harus dapat menentukan prioritas utama agar tetap fokus pada tujuan jangka pendek dan panjang. Kemudian, berjejaring dengan orang-orang yang memiliki minat serupa juga akan sangat membantu baik dalam peningkatanskilldanexposure. Terakhir, dengan melakukan semuanya dengan konsisten, peluang karir akan semakin terbuka lebar.

Begitulah cara-cara yang dapat kamu upayakan untuk melawan rasa takut. Dengan begitu, seperti Indah, kamu dapat bangun pagi dengan rasa percaya diri dan berkata “Hai, dunia!”. Selamat mencoba!

Jika kamu sudah merasa mantap, kamu dapat langsung memperbarui profil JobStreetmu. Untuk membaca lebih banyak artikel serupa, kamu dapat mengunjungi halaman Tips Karir JobStreet. Jangan lupa juga untuk mendownload aplikasi JobStreet untuk mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja di Google Play Store dan Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Merubah karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.