Ingin Kenaikan Pangkat? Ini Dia 5 Tips untuk Meyakinkan Atasan!

Ingin Kenaikan Pangkat? Ini Dia 5 Tips untuk Meyakinkan Atasan!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Negosiasi kenaikan pangkat dan kenaikan gaji dengan perekrut akan menguntungkanmu dalam jangka panjang. Sebagaifresh graduateyang baru mendapatkan pekerjaan setelah lama mencari lowongan, kamu mungkin tidak merasa negosiasi naik gaji atau pangkat adalah hal yang penting.

Namun, jika kamu sudah beberapa tahun bekerja dan belum mendapatkan hal itu, mungkin ini saatnya berinisiatif untuk mendapatkan promosi tersebut. Walaupun meminta kenaikan pangkat atau gaji terdengar menyeramkan, namun hal tersebut merupakan sesuatu yang harus dilakukan demi perkembangan karir jangka panjang. Yuk, baca terus untuk tahu alasannya!

Pentingnya Mengajukan Promosi

Jika kamu merasa tidak nyaman membicarakan soal uang, tidak mau dianggap terlalu menuntut, atau bahkan takut kehilangan pekerjaanmu berikut adalah 3 alasan mengapa kamu harus menegosiasikan hal tersebut.

  1. Berpengaruh untuk perkembangan karir

Seiring berjalannya waktu, tanggung jawab pekerjaanmu juga akan terus bertambah. Tidak menegosiasi kenaikan pangkat atau kenaikan gaji tentunya akan berdampak pada performa kerja. Kamu akan merasa bahwa kamu sudah melakukan lebih banyak pekerjaan namun gaji yang didapatkan tidak sepadan dan membuatmu kurang produktif dalam pekerjaan.

Oleh karena itu, jika kamu berhasil negosiasi pangkat atau gaji, hal itu tentunya akan memberikan dampak baik untuk produktivitas karena merasa usahamu selama ini diapresiasi.

Selain itu, jika di masa yang akan datang kamu mempertimbangkan untuk pindah pekerjaan, gaji dan pangkatmu akan menjadi salah satu aspek pertimbangan perekrut selanjutnya untuk menentukan gajimu.

2. Mencoba negosiasi kenaikan gaji akan menguntungkanmu

Jika tidak pernah dicoba, kita tidak akan tahu hasilnya bukan? Cobalah jadwalkan negosiasi kenaikan pangkat dan gaji dan lihat apa yang terjadi. Kebanyakan pekerja yang menegosiasi gajinya mendapatkan kenaikan atau setidaknya, kompensasi lain yang sepadan dengan performa kerjanya.

Dalam proses negosiasi gaji, seseorang dapat menentukan seberapa banyak pendapatan yang dapat mereka hasilkan tahun depan, prospek karir, dan upaya perusahaan menghargai kinerja mereka. Jika kamu sering gagal dalam negosiasi kenaikan pangkat atau gaji meskipun sudah menunjukkan performa yang maksimal dan signifikan, hal tersebut dapat menjadi tanda harus mencari pekerjaan baru.

3. Tidak akan menghambat karirmu

Apakah kamu salah satu orang yang takut akan kehilangan pekerjaannya jika meminta kenaikan gaji? Tidak perlu takut, meminta kenaikan pangkat atau gaji yang layak adalah salah satu hak pegawai.

Sehingga, hal ini tidak akan menghambat karirmu jika kamu memintanya dengan cara yang tepat. Dalam proses negosiasi, kamu akan belajar bagaimana cara menangani pembicaraan sulit secara profesional dan kooperatif.

Jika belum berhasil mendapatkan kenaikan gaji dalam proses negosiasi, kamu bahkan bisa meminta kompensasi lain yang dapat menguntungkanmu. Misalnya, jam kerja yang fleksibel, pelatihan untuk skill baru, atau penyesuaian tanggung jawab pekerjaan yang sesuai dengan gajimu sekarang. Jadi, pastikan tahu target yang ingin dicapai melalui negosiasi ini sebelum meminta atasanmu untuk bernegosiasi, ya!

Tips bernegosiasi dengan atasan

Untuk bisa mendapatkan promosi, kamu harus membuktikan bahwa kamu siap untuk memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Kamu harus menunjukkan kepada atasanmu bahwa kamu pantas mendapatkan promosi jabatan melalui performa dan dedikasi kerja yang baik.

Berikut adalah cara menunjukkan bahwa kamu pantas mendapatkan promosi jabatan:

  1. Tentukan dan komunikasikan tujuan karirmu

Mengkomunikasikan tujuan karir dengan atasan akan membantu untuk mendapatkan promosi jabatan. Dengan ini, atasanmu akan membantu mewujudkan hal tersebut dengan memberikan ruang untuk berkembang.

Kamu dapat menjelaskan hal tersebut di awal tahun, atau ketikaperformance reviewdi akhir tahun. Namun, sebelum berhadapan dengan atasanmu, pastikan kamu sudah mengetahui apa yang ingin kamu capai dari pembicaraan tersebut. Jangan takut untuk terbuka tentang visimu selama 6 bulan ke depan atau bahkan, 5 tahun ke depan sehingga kamu bisa berdiskusi dengan HR atau manajer tentang langkah-langkah untuk mencapai hal tersebut.

2. Tunjukkan dedikasi terhadap pekerjaan

Memiliki dedikasi yang kuat terhadap pekerjaan dapat menunjukkan bahwa kamu mau memberikan performa terbaik bagi perusahaan. Beberapa cara yang bisa dicoba untuk menunjukkan dedikasi dalam bekerja adalah memahami indikator kinerja, tidak takut untuk meminta bantuan, apresiatif atas saran yang diberikan, dan selalu menawarkan bantuan atau solusi.

Diskusikan indikator kinerja bersama manajermu agar performamu dapat diukur dengan satuan yang jelas. Selain itu, indikator kinerja juga dapat membantumu fokus terhadap apa yang harus kamu kerjakan dan aspek yang bisa perlu ditingkatkan saat bekerja.

3. Terus perbarui dan mantapkan skillmu

Dengan terus berkembangnya Industri 4.0 dan Society 5.0, seseorang dituntut untuk terusupdatedengan perkembangan teknologi. Dengan terus memperbarui skill yang dibutuhkan perusahaan, kamu dapat menunjukkan bahwa kamu seseorang yang tidak mudah puas dan mau terus belajar agar berkembang.

Selain itu, luasnya pengetahuan dan kemampuan yang terus diperbarui dapat membuatmu menjadi aset yang penting untuk perusahaan dan membuatmu dibutuhkan karena hal tersebut akan dibutuhkan perusahaan untuk bertahan dan berkembang di era serba digital ini.

4.Tunjukkan inisiatif

Dengan naik jabatan, bisa berarti tanggung jawabmu akan semakin banyak. Kamu mungkin akan menjadi pemimpin dalam sebuah tim yang harus membina setiap anggota di masa depan. Untuk menunjukkan bahwa kamu pantas untuk mendapatkan kenaikan pangkat, selalu inisiatif terlibat dalam pemecahan masalah merupakan salah satu aspek penting.

Menunjukkan inisiatif dalam pemecahan masalah dapat memberikan impresi kepada manajermu bahwa kamu dapat menyelesaikan permasalahan jika diberi jabatan sebagai pemimpin di masa depan. Selain itu, tunjukkan dengan berperan sebagai pemimpin sebuahproject. Jika rekan kerja terbiasa memintamu untuk memimpin mereka, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk mengajukan promosi jabatan.

5. Bangun hubungan profesional

Menjaga hubungan profesional atau membangunnetworking di tempat kerja dapat menjadi bukti bahwa kamu adalah seorangteam playeryang dapat diandalkan. Dengan menunjukkan bahwa kamu mampu bekerja dalam tim, memiliki relasi yang luas, dan dapat diandalkan artinya kamu memiliki skill komunikasi danattitudeyang baik.

Selain itu, membangun hubungan profesional yang baik juga dapat membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan yang melibatkan pihak eksternal seperti klien atau relasi bisnis perusahaan. Tunjukkan sikap yang baik ketika membangun hubungan profesional sehingga atmosfir kerja juga semakin positif.

Kapan harus meminta promosi jabatan dan bagaimana caranya?

Setelah konsisten memberikan performa terbaik dalam pekerjaan, pertanyaan selanjutnya adalah kapan dan bagaimana cara yang tepat untuk meminta promosi. Menginisiasi percapakan soal kenaikan pangkat dapat terdengar menegangkan. Berikut adalah tips untuk negosiasi kenaikan pangkat:

  1. Tentukan waktu yang pas

Cari waktu dan kondisi yang tepat merupakan hal yang penting untuk berbicara dengan atasanmu. Waktu yang paling ideal adalah setelahperformance reviewlalu, jadwalkan pembicaraan soal kenaikan pangkat setelahnya.

Buatlah janji melalui e-mail yang mengatakan bahwa kamu butuh waktu dengan atasanmu untuk mendiskusikan perihal kenaikan gaji atau promosi jabatan. Dengan begitu, atasanmu bisa mempersiapkan diri dan tahu apa yang harus dibicarakan bersamamu.

2. Siapkan pembicaraan dengan atasanmu

Untuk berhasil mendapatkan promosi jabatan, kamu harus mempersiapkan diri sebelum diskusi dimulai. Pastikan kamu fokus dalam menunjukkan bukti performa terbaikmu.

Ketika akan diskusi tentang jabatanmu selanjutnya, ketahuilah nilai yang kamu layak dapatkan berdasarkan survey gaji, tanggung jawab tambahan yang kamu kerjakan, serta skill dan pengalaman yang kamu miliki.

3. Ketahui kontribusimu untuk perusahaan

Perusahaan harus mengetahui kenapa mereka harus mempercayakan kamu atas jabatan baru dan tanggung jawab yang lebih banyak. Berikan alasan kenapa kamu pantas mendapatkan promosi jabatan. Penting juga untuk menyampaikan rencana dan target jangka pendek dan panjang yang akan kamu capai.

Siapkan diri dengan segala skenario yang terjadi dalam diskusi nanti. Dengan begitu, kamu dapat memberi argumen tambahan jika atasanmu kurang yakin dengan pendapatmu atau bahkan, merencanakan untukresigndan berpindah karir.

Baca juga: Perencanaan Karir Jika MerasaStuck

4. Sampaikan keberhasilanmu

Menyampaikan keberhasilanmu selama bekerja di perusahaan dapat membantu meyakinkan manajermu untuk memberikan promosi jabatan yang diinginkan. Kamu bisa menyampaikan keberhasilanmu dalam mencapai target, menyelesaikanprojecttertentu, serta contoh spesifik kontribusi terhadap perusahaan selama setahun terakhir.

  1. Percaya diri adalah kunci!

Memang memulai pembicaraan soal kenaikan jabatan terdengar menegangkan dan kamu mungkin akan merasa gugup sebelum diskusi. Tapi, kamu sudah menjadwalkan waktu yang tepat, menyiapkan argumen yang akan disampaikan, hingga memahami mengapa kamu pantas dapat promosi.

Jika sudah, sampaikan hal tersebut dengan penuh percaya diri dan fokus pada pembicaraan. Jangan lupa untuk menunjukkan bahwa kamu menghargai dan menghormati apapun keputusan yang akan diberikan oleh atasanmu.

Jika kamu sudah melakukan yang terbaik dan belum mendapatkan promosi yang kamu inginkan, jangan khawatir!

Dengan mengunjungi Tips Karir, kamu dapat mengeksplorasi berbagai tips yang cocok dengan target karirmu. Mulai dari mencari lowongan kerja dengan gaji yang sesuai, tips meningkatkan performa kerja, hingga cara terbaik meraih kesuksesan karirmu. Semua ini dapat kamu akses dengan cepat, mudah, dan bebas drama!

Nah itu dia tips-tips yang dapat kamu coba di untuk negosiasi kenaikan pangkat. Jika kamu belum berhasil mendapatkan kenaikan gaji atau jabatan setelah berkali-kali mencoba, tidak perlu terlalu lama bersedih! Kamu dapat langsung memulai mencari pekerjaan lain dan memperluas kesempatanmu untuk meraih karir yang kamu inginkan.

Jangan lupa untuk memperbarui profil setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Pengembangan karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.