Ikigai: Bagaimana Menemukan dan Menerapkannya Pada Anda

Ikigai: Bagaimana Menemukan dan Menerapkannya Pada Anda
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

A reason for being_ Ikigai and finding your life's purpose [Infographic]

Dalam istilah sederhana,ikigaiadalah konsep Jepang yang didefinisikan sebagai "alasan untuk hidup". Bagian mendasar dari budaya di Okinawa,ikigaijuga memberikan sebuah "alasan untuk bangun di pagi hari," yang telah dikenal sebagai pulau yang memiliki populasi orang dengan usia 100 tahun lebih terbesar di dunia.

Jika Anda mencari tujuan yang lebih besar dalam karier Anda selain imbalan uang dan insentif materi, menguasai seniikigaidapat membantu Anda menyulut aspirasi karier Anda.

Hector Garcia,co-authorIkigai: Rahasia Jepang untuk Hidup yang Panjang dan Bahagia, menggambarkanikigaisebagai 'persimpangan dari apa yang Anda kuasai dan apa yang Anda sukai.'

Menurut Garcia, 'Sama seperti manusia telah bernafsu terhadap objek dan uang sejak awal waktu, manusia lain telah merasakan ketidakpuasan pada pengejaran uang dan ketenaran tanpa henti dan sebaliknya berfokus pada sesuatu yang lebih besar dari kekayaan materi mereka sendiri. Selama bertahun-tahun ini telah dideskripsikan menggunakan banyak kata dan praktik yang berbeda, tetapi selalu mendengar kembali inti kebermaknaan dalam hidup."

Ikigai: Pertemuan empat elemen utama

Teori ini mengemukakan bahwa Anda akan menemukanikigaiketika Anda mengidentifikasi pertemuan antara empat elemen berikut:

  1. Apa yang Anda sukai (gairah Anda)

  2. Apa yang dibutuhkan dunia (misi Anda)

  3. Apa yang Anda kuasai (panggilan Anda)

  4. Untuk apa Anda dibayar (profesi Anda)

Meskipun  sekilas hal di atas mungkin tampak menakutkan untuk diketahui, itu adalah masalah sederhana untuk menjabarkannya. Menemukanikigaiseseorang membutuhkan pencarian jiwa dan introspeksi yang jujur, yang sering kali paling baik dicapai dalam ruang yang tenang dan jauh dari gangguan harian.

Jadi bagaimana seseorang menemukanikigaimereka?

Istirahatlah di akhir pekan dan pergi ke suatu tempat yang tenang di mana Anda dapat merenungkan empat pertanyaan ini (Apa yang Anda suka lakukan, apa yang Anda kuasai, untuk apa Anda dibayar, dan apa yang dunia butuhkan?) dan lakukanlah penemuan diri sendiri.

Di sisi lain, filsuf dan pemimpin hak-hak sipil Howard W Thurman menawarkan perspektif alternatif dengan nasihat berikut:

‘Jangan tanya apa yang dibutuhkan dunia. Tanyakan apa yang membuat Anda menjadi hidup, dan lakukanlah. Karena yang dibutuhkan dunia adalah orang-orang yang menjadi hidup."

Kita semua bisa sepakat bahwa gairah itu penting; itulah yang membuat kita termotivasi dan terinspirasi. Tetapi semangat sendiri tidak membayar tagihan atau meletakkan makanan di atas meja, yang membuat teori pertemuan lebih praktis jika dibandingkan.

Bagaimana menerapkanikigaiuntuk aspirasi karier Anda

Setelah Anda mengidentifikasiikigaiAnda dari empat pertanyaan di atas, Anda dapat menerapkannya pada aspirasi karier Anda untuk mencari pekerjaan yang lebih berarti. Mengetahui “mengapa” dibalik “apa” Anda akan memberi Anda rasa identitas diri dan tujuan yang lebih kuat daripada sekadar mengejar gaji dan bonus yang lebih besar.

Memiliki kejelasan atas nilai-nilai Anda, semangat dan bagaimana Anda akan berkontribusi kepada masyarakat akan memungkinkan Anda untuk dapat mengidentifikasi perusahaan yang berpikiran sama dan akan menjadi budaya yang baik untuk Anda dan menghargai apa yang Anda tawarkan. Anda juga akan memiliki fokus yang lebih besar ketika menganalisis ulasan perusahaan dalam pencarian pekerjaan Anda.

(working file) Ikigai_ How to find and apply it to your careera

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.