Gaji Lebih Penting Bagi Karyawan Pria dibanding Wanita?

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Karyawan pria di Indonesia ternyata lebih mementingkan gaji dibandingkan dengan karyawan wanita. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil survei yang dilakukan oleh JobStreet.com Indonesia pada bulan Juli lalu kepada 18,275 koresponden.

Dari data yang kami dapat ada 63.42% pria dan 36.58% wanita yang mengikuti survei tersebut. Hasilnya sebesar 94.23% karyawan di Indonesia menyatakan bahwa gaji menjadi hal terpenting bagi mereka untuk menentukan karir yang mereka pilih.

Jumlah tersebut menegaskan bahwa pesona gaji memang tidak bisa dipungkiri. Setiap orang selalu ingin mendapatkan rupiah yang lebih banyak lagi. Sebesar 5.56% koresponden lain menyatakan biasa saja dan tidak menjadikan gaji sebagai patokan utama mereka mencari pekerjaan. Terakhir sebanyak 0.21% koresponden menyatakan besarnya gaji tidak penting bagi mereka.

Pentingkah Gaji

Ada lima komponen penting yang harus diperhatikan olehpencari kerjasaatmelihat iklan lowongan yaitu, brand/nama perusahaan, benefit/keuntungan, gaji, uraian kerja dan lokasi kerja. Berdasarkan survei yang kami lakukan 33.14% para pencari kerja menyatakan bahwa gaji menjadi hal pertama yang mereka lihat.

Hal kedua yang menjadi fokus parapencari kerjaadalah uraian pekerjaan 25.73%. Hal tersebut menunjukan bahwajob descriptiondari pekerjaan yang mereka lamar tidak lebih penting dari jumlah gaji yang akan mereka terima. Selanjutnya, 25.64% koresponden memilihbrand/perusahaan yang mengiklankan lowongan tersebut. Lantas keempat, 10.06% memikirkan lokasi. Terakhir yang menjadi fokus mereka adalahbenefitatau keuntungan yang mereka dapat sebesar 5.43% koresponden.

Survei yang kami lakukan kepada  18,275 koresponden diikuti oleh 40.21% senior staff, 27.23% junior staff. Kemudian posisi manajer 17.26%, posisifresh graduatesebesar 9.25% dan sebanyak 6.05% berasal dari level Senior Manager above.

Hasil survei diatas menjelaskan bahwa para pencari kerja lebih tertarik pada iklan lowongan kerja yang mencantumkan besarnya kisaran gaji pada suatu posisi pekerjaan. Pencantuman kisaran gaji pada iklan lowongan pekerjaan seharusnya menjadi perhatian utama bagi perusahaan yang ingin mencari kandidat terbaik.

Perusahaan juga harus lebih terbuka mengenai kisaran gaji, karena adanya kisaran gaji pada iklan lowongan akan mempermudah kedua belah pihak. Para pencari kerja hanya akan melamar pekerjaan yang sesuai dengan gaji yang mereka harapkan. Sedangkan perusahaan hanya akan memilih kandidat yang memiliki kisaran gaji seperti yang tercantum dalam iklan yang mereka tayangkan.

More from this category: Saran gaji

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.