Gagal dalam Bekerja? Tenang, Hal Ini Bisa Mengembangkan Karir

Gagal dalam Bekerja? Tenang, Hal Ini Bisa Mengembangkan Karir
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Dalam bekerja, kegagalan merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari, tapi hal yang terpenting adalah bagaimana kita belajar dari kegagalan itu sendiri. Orang yang sangat hebat sekali pun, pasti pernah melakukan kesalahan, seperti kata pepatah “sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga.”

Bagi parafirst jobber, sangatlah lumrah untuk mengalami beberapa kesulitan, bahkan kegagalan, dalam pengalaman pertama mereka dalam bekerja. Hal ini karena perlu banyak penyesuaian dengan lingkungan kerja yang baru. Namun, menghadapi kegagalan tidak semudah membalikan telapak tangan. Sering kali, kita malah berkecil hati dalam menghadapi kegagalan, kemudian berakhir di tempat yang sama dan tidak melangkah ke mana-mana.

Apakah kamu baru memasuki dunia kerja dan tengah menghadapi kegagalan, atau mungkin takut mengalami kegagalan? Ingatlah bahwa yang terpenting adalah pelajaran dari kegagalan yang telah kita buat dan mengubahnya menjadi sebuah batu loncatan untuk mengembangkan karir yang kita miliki. Lalu, bagaimana caranya menghadapi kegagalan dan tips untuk mengubah kegagalan menjadi kesuksesan dalam berkarir? Simak selengkapnya pada artikel berikut!

Mengubah kegagalan jadi kunci kesuksesan

Belajar dari kegagalan dan menjadikannya batu lompatan untuk sukses adalah hal yang bisa membantu kamu dalam mengembangkan karir, terutama untuk kamu yang baru memasuki dunia kerja. Memiliki pola pikir seperti inilah yang merupakan salah satu cara menjadi orang sukses.

Pasalnya, dengan mempelajari kegagalan yang sebelumnya kita perbuat, kita dapat melatih cara berpikir kritis dan menganalisa mengenai keputusan-keputusan yang membuat pekerjaan tersebut gagal. Selain itu, dengan menghadapi kegagalan kita juga dapat melatih ketahanan mental untuk segera bangkit dari masalah dengan efektif.

Memiliki ketahanan mental merupakan hal yang penting di dalam pekerjaan, karena bukan tidak mungkin kalau di masa depan kita akan mengalami kegagalan lainnya. Jika tidak memiliki ketahanan mental yang baik, kita bisa jadi individu yang takut untuk mencoba hal yang baru karena menghindari kegagalan. Sementara, mencoba hal yang baru atau melakukan inovasi, akan sering dijumpai di lingkungan kerja industri 4.0 ini.

Mengalami kegagalan tentunya bukanlah suatu hal yang mengenakan, namun jika kita bisa mengubah kegagalan itu jadi kunci kesuksesan diri maka akan menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi perkembangan diri dan karirmu di masa depan.

Cara menghadapi kegagalan

Mengubah kegagalan menjadi kunci kesuksesan memang merupakan hal yang sangat bagus untuk dilakukan. Bahkan, hal tersebut juga bisa menjadi motivasi untuk orang lain yang mengalami hal serupa. Namun, bukan berarti mengubah kegagalan menjadi suatu kesuksesan adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini karena akan ada banyak proses yang perlu dilewati sampai akhirnya bisa menerima kesalahan yang telah diperbuat, kemudian memilih untuk terus melangkah menjadi lebih baik. Simak beberapa cara yang dapat membantu kamu dalam menghadapi kegagalan:

  • Pahami perasaanmu saat menghadapi kegagalan

Beberapa orang ada yang merespon kegagalannya dengan mengesampingkan perasaannya dan menganggap hal tersebut seolah tidak penting, meskipun kenyataannya tidak seperti itu. Ketika menghadapi kegagalan, penting untuk memahami perasaan kita saat itu. Apakah kita merasa marah, atau mungkin kecewa dengan diri sendiri? Dengarkan apa yang perasaan kamu ingin sampaikan, karena memvalidasi perasaan kita sendiri adalah hal yang penting untuk dapat melangkah untuk menjadi lebih baik.

  • Mengelola emosi dengan baik

Dalam menghadapi kegagalan, tentunya kita pasti merasa kecewa dengan keputusan yang telah kita lakukan. Namun, kita perlu tetap tenang agar dapat melanjutkan pekerjaan dengan baik. Hal inilah yang membuat kemampuan dalam mengelola emosi diperlukan. Untuk mengelola emosi, kamu dapat mengambil istirahat sejenak agar pikiran bisa kembali tenang. Beberapa hal seperti menarik dan menghembuskan napas dengan hitungan, melihat pemandangan, atau sekedar makan makanan yang kita sukai dapat kamu lakukan untuk membantu mengelola emosi.

  • Mencari dukungan emosional

Memiliki rekan kerja yang dapat mendengarkan kamu dengan baik juga dapat membantu dalam memvalidasi perasaanmu. Kamu juga bisa menghubungi beberapa teman dekat kamu ketika beristirahat untuk sekedar berbagi cerita. Hal tersebut dapat membuat perasaan kita jadi lebih baik karena merasa didengarkan dan dimengerti.

  • Salurkan emosi negatif ke hal yang produktif

Ketika menghadapi kegagalan, tidak dapat dipungkiri ada beberapa orang yang jadi berlarut-larut dalam kesedihan. Di saat seperti ini, mencari pelarian dengan niat untuk menghibur diri seharian mungkin terlihat lebih gampang untuk dilakukan. Namun, hal itu bukanlah sebuah solusi yang bijak untuk menghadapi hal emosi negatif tersebut. Berikan batas waktu untuk menghibur diri, kemudian salurkan sisa emosi negatif untuk kembali fokus mencari solusi dari permasalahan.

  • Berhenti mencari validasi dari kesuksesan orang lain

Sering kali, kebiasaan mencari validasi kesuksesan dari orang lain membuat kegagalan kecil seperti sebuah masalah yang sangat besar. Hal ini karena didorong oleh rasa takut kita akan tidak terpenuhinya ekspektasi orang lain dengan pencapaian kita. Fokuslah pada tujuan sendiri daripada sibuk memenuhi ekspektasi orang lain.

  • Bertanggung jawab atas kesalahan yang kamu perbuat

Kegagalan terjadi karena adanya kesalahan dalam mengambil tindakan atau salah memperkirakan. Akui kesalahan yang kita perbuat dan lakukan hal untuk memperbaiki kesalahan tersebut agar tidak terulang kembali. Sadari bahwa melakukan kesalahan adalah hal yang wajar, kemudian maafkan dirimu sendiri.

  • Identifikasi masalah dengan melihat perspektif lain

Anggaplah sebuah kegagalan sebagai kesempatan untuk kamu belajar melihat perspektif lain. Dengan memahami perasaan kamu, mengelola emosi, dan mengevaluasi kesalahan, kamu dapat melihat pandangan yang lebih jelas mengenai langkah selanjutnya yang harus diambil untuk memperbaiki hal tersebut.

  • Meminta saran dari mentormu

Ingatlah bahwa kamu tidak sendirian. Kamu akan bekerja bersama tim dan memiliki mentor yang akan membimbingmu. Diskusikanlah masalah pekerjaan dengan mentor kamu untuk mencari solusi bersama-sama.

  • Belajar dari kegagalan sebelumnya

Jadikan kegagalan pelajaran untuk kita dalam mengembangkan diri dan melangkah jadi individu yang lebih baik. Pahami bahwa kegagalan merupakan hal yang wajar dalam suatu proses dan bukanlah suatu akhir yang perlu disesali terus-menerus.

  • Fokus untuk melangkah ke depan

Berusahalah untuk tidak fokus pada kegagalan, melainkan tujuannya. Meskipun kegagalan tidaklah mudah untuk dihadapi, tapi kegagalan dapat memotivasi kita menjadi lebih baik. Evaluasi lagi keadaan kamu, buatlah kembali perencanaan karir untuk langkah selanjutnya walaupun sebelumnya mengalami kegagalan.

Tips mengubah kegagalan menjadi kesuksesan

Setelah mengetahui bagaimana cara menyikapi ketika kita dihadapkan dengan kegagalan, kamu perlu bangkit dan mengubah kegagalan tersebut menjadi sebuah kesuksesan. Berikut tips yang dapat kamu lakukan untuk menggunakan kegagalan sebagai langkah menuju kesuksesan:

  • Terima keadaan bahwa kita melakukan kesalahan

Menyadari dan menerima keadaan bahwa kita melakukan kesalahan akan membuat proses mencari jalan keluar lebih cepat. Hal ini karena perasaan kita sudah tidak terfokus pada perasaan bersalah karena sudah dapat menerima bahwa kita memang bertanggung jawab pada kejadian tersebut.

  • Belajar dari kesalahan yang telah diperbuat

Rasa tanggung jawab yang dimiliki akan membuat kamu mementingkan mencari solusi dengan belajar dari kegagalan sebelumnya. Dengan begitu, kamu akan terdorong untuk mengevaluasi ulang setiap langkah agar tidak ada kesalahan yang berulang.

  • Meminta masukan dari orang lain

Penting untuk menyadari bahwa kamu tidak bekerja sendirian. Berdiskusi dengan teman setim atau lebih baik lagi mentormu, dapat memberikan perspektif baru yang bisa membantu kamu dalam mencari solusi dari permasalahan tersebut.

  • Terus melangkah maju

Kegagalan bukanlah hal yang menyenangkan, namun juga tidak ada gunanya untuk terus menerus tenggelam dalam perasaan gagal. Jadikanlah kegagalan sebagai motivasi untuk kamu terus melangkah maju.

Kegagalan dalam bekerja memang tidak dapat dihindari, apalagi jika kamu belum berpengalaman. Kegagalan adalah hal yang wajar dalam melakukan sebuah proses, namun juga hal yang tidak menyenangkan. Namun, kamu bisa belajar dari kegagalan dan mengubahnya jadi kesuksesan. Janganlah berlarut pada kesalahan dan jadikan motivasi untuk terus maju mengembangkan karir. Mari mulai membuat akun JobStreet untuk melamar pekerjaan yang kamu impikan.

Jika kamu sudah memiliki akun, jangan lupa untuk memperbarui profil dengan pengalaman serta keterampilan ter-updatekamu dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk bangkit dari kegagalan dan tunjukan bahwa kamu adalahtalentterbaik!

Kunjungi laman Tips Karir untuk mendapatkan tips seputar pekerjaan, berita industri, dan informasi mengenai karir lainnya. Akses JobStreet dengan mudah, kapanpun, dan di manapun dengan mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Kehilangan pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.