Fresh Graduates! Buat Hari Pertamamu Kerja Berkesan

Fresh Graduates! Buat Hari Pertamamu Kerja Berkesan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Ilustrasi-kantor-kerja-programmer

Habis lulus kuliah, ngelamar ke beberapa perusahaan. Beberapa minggu kemudian dipanggil perusahaan untuk tes dan interview, dan pas di sesi interview ditanya sama HR, “Kamu kapan bisa mulai kerja?”Pasti seneng banget ditanya begitu, karena artinya kamu adalah kandidat yang tepat untuk jadi bagian dari perusahaan. LiNa turut senang kalau kamu diterima kerja, apalagi kalau kamuapplylewat JobStreet.

Perasaan gembira setelah diterima bekerja itu gak terbendung pastinya. Kamu langsung ngabarin mama papamu, manggil temen kamu untuk traktir makan, dan hal-hal lain yang kamu lakukan untuk meluapkan perasaan kamu. Tapi saat hari pertama berlangsung, tidak jarang banyakfresh graduatesyang agak kelabakan,clueless, tidak tahu apa yang menjadi prioritas untuk dikerjakan. Entah karena perasaan terlalu bahagia, ataunervouskarena terbebani dengan ekspetasi dan tidak ingin mengecewakan perusahaan.

Tips ini mungkin akan berguna bagi kalian parafresh graduateuntuk menghadapi hari pertama bekerja. Buat hari pertamamu berkesan bagimu dan jangan sampai malu-maluin ya.

images (4)

1. Datang lebih awal

Rasadeg-degandi hari pertama kerja bagifresh graduateitu pasti. Karena itu disarankan untuk datang lebih cepat agar kamu bisa mempersiapkan diri dulu. Kamu bisa persiapkan diri sebelum hari pertama kerja dengan memperkirakan waktu perjalanan dan mencari rute-rute yang bakal dilewati untuk menuju ke kantormu agar tidak terlambat.

ilustrasi-orang-cerdas_20180315_121115

2. Memperkirakan pertanyaan dan menyiapkan jawabannya

Pada hari pertama, kamu akan melakukan tur kecil di kantor, yang artinya kamu akan diperkenalkan oleh HR ke pegawai-pegawai lain dari berbagai divisi. Bersiaplah! Karena akan ada beberapa pegawai yang akan menanyakan tentang dirimu, entah itu pertanyaan yang personal atau umum. Nah, biar kamu tidakkagoksaat menjawab karena tidak siap dengan pertanyaannya, kamu bisa pikirin kira-kira pertanyaan apa yang bakal ditanyakan ke kamu, misalnya tentang diri sendiri dan pekerjaanmu. Cara kamu menjawab bisa jadifirst impressionmereka terhadap kamu, jadi jawablah dengan percaya diri, tunjukkan pribadimu yang positif.

drsunil-smilingman-025b62685e9272bc77d250736b0f76b0_600x400

3. Murah Senyum

Senyum adalah reaksi positif. Saat kamu diperkenalkan ke beberapa tim, beri mereka senyuman. Jika ada rekan kerja melewatimu, coba kasih senyum ke mereka. Dengan senyum, kamu telah menyebarkan aura positif di kantor.

10-ucapan-terlarang-pada-teman-kerja

4. Cari satu orang untuk jadi temen dekat

Pililah salah satu orang yang bertugas di departemen yang sama denganmu untuk diajak bicara dengan intens atau tempat untuk banyak bertanya. Kenapa satu divisi? Karena pekerjaannya kurang lebih akan sama dengan kerjaan kamu. Kenapa hanya satu orang? Karena kalau kamu banyak tanya ke banyak orang, informasi yang didapat bisa aja berbeda-beda, dan itu malah bikin kamu jadi bingung harus ngikutin kata siapa. Intinya sih cari orang yang cocok sama kamu dan tahu banyak.

Podcast-Image-144

5. Dengar dan perhatikan

Kamu akan banyak mendapat penjelasan mengenai aturan, sistem, budaya, dan lain-lainnya yang terkait dengan perusahaan. Oleh karena itu, dengarkanlah dan perhatikan baik-baik agar kamu dapat memahami dengan cepat dan tidak mengajukan banyak pertanyaan. Tapi kalo kamu memang tidak mampu menangkap banyak hal dengan cepat dalam waktu singkat, lebih baik bertanya saja ya.

Fotolia_49582439_Take-Action

6. Lebih berinisiatif

Sebagai pegawai baru, apalagifresh graduate, tentu ada banyak hal yang masih kamu tidak ketahui terkait denganjob desckamu atau gimana budaya perusahaan di tempatmu, atau saat lagioffice tour, kamu menemukan hal yang menarik dan bikin penasaran. Di situasi itulah kamu harus berinisiatif untuk bertanya kepada rekan kerja. Begitu juga saat berkenalan dengan pegawai lain. Kamu bisa berinisiatif untuk mengajak mereka berkenalan lebih dulu. Itu menandakan bahwa kamu adalah orang yang mudah diajak berteman.

Setelah baca tips ini sih harusnya kamu udah gak gugup lagi ketika nanti pertama kali kerja di perusahaan. Hari pertama gak usah pengen menonjol, membuat rekan-rekan di kantor jadi terkesan denganmu, yang penting kenali dulu lingkungan kerjanya. Tapi kalau masih gugup sih ya manusiawi, karena kita pasti ga pengen berbuat kesalahan atau kelihatansaltingdi hari pertama.

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.