Contoh CV Operator Produksi (GRATIS Template)

Contoh CV Operator Produksi (GRATIS Template)
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 28 June, 2024
Share

Template CV Operator Produksi.

Download CV Operator Produksi


⁠Operator produksi adalah profesi yang bertugas mengoperasikan dan memantau peralatan serta perlengkapan produksi untuk memastikan sesuai dengan tujuan dan jadwal yang telah ditetapkan.

Kalau kamu tertarik dengan mesin atau ingin terlibat dalam proses menciptakan produk, pekerjaan operator produksi tentu cocok untuk kamu.

Dalam dunai kerja profesional, kualifikasi operator produksi bisa berbeda satu sama lain tergantung kebijakan perusahaan. Namun, pemegang ijazah SMA/SMK sudah dapat mengisi posisi operator produksi, lho.

Meski demikian, gelar di bidang teknik dapat memberikan keterampilan dan pengetahuan lebih mendalam untuk bekerja sebagai operator produksi, terutama di industri manufaktur.

Sertifikasi atau lisensi tertentu juga dibutuhkan untuk mendukung keterampilan dalam bekerja. Terlebih, industri manufaktur melibatkan banyak mesin dan peralatan lain yang memerlukan kecermatan. 

Lantas, bagaimana cara merangkum semua detail diri tersebut dalam sebuah CV? Simak langkah-langkah membuat CV operator produksi berikut, beserta contoh template yang bisa kamu download dan edit sesuai dengan kualifikasi kamu.


⁠Tugas Operator Produksi

Sebelum mulai membuat CV, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu pekerjaan operator produksi. Secara garis besar, tugas utama operator produksi adalah memastikan setiap tahapan proses manufaktur berfungsi efektif sehingga dapat memenuhi target dan jadwal produksi.

Selain itu, operator produksi juga wajib menjamin proses produksi berjalan sesuai pedoman keselamatan. 

Perlu diperhatikan, tugas spesifik operator produksi dapat bervariasi tergantung jenis manufaktur yang ingin kamu tuju. Namun, daftar tugas operator produksi dapat mencakup:

  • Menyiapkan, memantau, dan memelihara mesin serta peralatan produksi.
  • Bertanggung jawab memasukkan bahan mentah ke dalam mesin.
  • Mengoperasikan mesin sesuai fungsinya, termasuk peralatan mesin yang dikendalikan komputer.
  • Melakukan pemeliharaan, perbaikan kecil, dan mengganti suku cadang.
  • Melakukan pengujian kualitas pada bahan atau produk jadi.
  • Mendiagnosis dan menangani kerusakan mesin.
  • Menyesuaikan pengaturan peralatan agar beroperasi secara efisien.
  • Mempelajari blueprint, melakukan tes, serta memasang alat.
  • Mengikuti dan memastikan siapa pun mematuhi pedoman kepatuhan, kesehatan, dan keselamatan.
  • Melaporkan masalah terkait mesin kepada manajer.


⁠Format CV yang Tepat untuk Operator produksi

Ketika ingin membuat CV, kamu wajib mempelajari lagi iklan lowongan pekerjaan terlebih dahulu.

Kunci terpenting dalam pembuatan CV adalah menunjukkan kualifikasi dan pengalaman yang relevan sehingga CV tersebut muncul sebagai jawaban atas lowongan pekerjaan yang kamu tuju.

Berikut adalah cara membuat CV secara umum:

Gunakan format kronologi terbalik 

Format kronologi terbalik adalah cara paling tepat menunjukkan pengalaman kerja, pendidikan, atau sertifikasi yang pernah kamu raih sebelumnya. Ketika menulis detail diri dalam CV, kamu bisa mulai dengan posisi terbaru, kemudian tuliskan semua pengalaman terkait secara berurutan.

Buat CV yang ramah ATS

Saat ini, mayoritas perusahaan sudah menggunakan applicant tracking system atau ATS dalam proses rekrutmen.

Untuk memperbesar peluang lolos screening ATS, kamu bisa mengaplikasikan kata kunci yang relevan dengan posisi operator produksi yang biasanya tertera dalam lowongan kerja. Dengan begitu, sistem ATS akan mudah mendeteksi setiap informasi dalam CV buatanmu.

Terapkan format ini pada CV

Dokumen CV akan mudah terbaca jika memiliki tata letak terstruktur dan teratur. Format CV yang teratur dimulai dengan header dan ringkasan, pengalaman kerja, pendidikan, sertifikasi atau prestasi relevan, hingga keterampilan teknis maupun nonteknis.

Untuk mempermudah proses pembuatan CV, kamu bisa melihat contoh CV operator produksi di bawah ini.


⁠Contoh CV Operator Produksi

Lavendia Mirza

Operator Produksi

Surabaya, Indonesia | HP: +62-822 123456789 | Email: [email protected] | jobstreet.co.id/id/profile/lavendiamirza


⁠RINGKASAN

Operator Produksi yang terampil dengan 3+ tahun pengalaman dalam produksi dan perakitan. Ketelitian terhadap detail, ketepatan waktu, dan mampu bekerja efisien serta aman di lingkungan yang serba cepat. Berhasil meningkatkan produktivitas sebesar 18% dalam pekerjaan sebelumnya. Tertarik bergabung dengan PT Gayane Berdikari dan berkomitmen kuat terhadap keselamatan dan efisiensi kerja.


⁠PENGALAMAN KERJA

PT Selambai Manufaktur, Pasuruan
Operator Produksi | Juni 2021 – sekarang

  • Memenuhi atau melampaui target produksi secara konsisten dengan memproduksi rata-rata 750 unit per shift dengan tingkat kerusakan di bawah 0,5%.
  • Mempersingkat waktu siklus produksi yang membantu penambahan output dan produktivitas meningkat sebesar 18%.
  • Mengoperasikan dan memelihara mesin produksi sesuai SOP dengan inspeksi rutin dan perawatan berkala


⁠PENDIDIKAN

Politeknik Wanakarsa, Surabaya
Diploma III Teknik Industri dengan IPK 3,35
⁠⁠Agustus 2018 – Mei 2021


⁠SERTIFIKAT 

Badan Nasional Sertifikasi Profesi
⁠Sertifikasi Operator Mesin dan Peralatan Produksi di Industri Olahan Pangan
Maret 2021


⁠KETERAMPILAN

Keterampilan Teknis

  • Pengoperasian mesin
  • Kontrol kualitas
  • Manajemen persediaan
  • Pengaturan dan perawatan mesin
  • Proses perakitan dan manufaktur

Keterampilan Nonteknis

  • Ketelitian
  • Problem solving
  • Kerja tim
  • Kepatuhan keamanan
  • Kecepatan dan akurasi kerja

Download Template CV Operator Produksi


⁠⁠Cara Mengisi Template CV Operator Produksi

Template CV operator produksi di atas bisa kamu download dalam format Microsoft Word atau .docx. Jadi, kamu bisa dengan mudah meng-edit isinya sesuai dengan pengalaman dan kualifikasi kamu.

Untuk membantu kamu mengisi dan mempersonalisasi template CV di atas, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Tulis informasi kontak pada header dengan benar

Gunakan ukuran huruf yang lebih besar untuk penulisan nama lengkap dan jabatan terkini agar menarik perhatian perekrut. Namun, jangan lupa untuk memastikan informasi kontak yang tercantum di header, mulai dari domisili, nomor HP, hingga email aktif sudah benar, ya!

Tampilkan sesuatu yang “memikat” dalam ringkasan 

Ringkasan menunjukkan kesan pertama tentang kariermu sebagai operator produksi. Jadi, gunakan bagian ringkasan untuk menulis berbagai pencapaianmu selama bekerja serta keahlian yang perlu disorot. Setelah itu, tutup dengan menegaskan komitmen yang akan kamu jalani jika diterima bekerja di sana.

Cantumkan pengalaman kerja yang relevan

Pastikan kamu hanya menyantumkan pengalaman kerja yang relevan, termasuk pengalaman magang jika dirasa sesuai. Agar informasi pengalaman kamu tampak lebih kuat, buatlah kuantifikasi pencapaian kerja dalam bentuk angka untuk menegaskan seberapa berdampak kinerjamu pada perusahaan.

Masukkan pendidikan yang mendukung

Pendidikan terakhir di bangku kuliah atau SMA/SMK perlu dimasukkan sebagai bukti keterampilan dan pengetahuan yang kamu miliki.

Boleh jadi kamu merasa pendidikan saat ini tidak berkaitan langsung dengan operator produksi. Namun, hal tersebut dapat disiasati dengan menambahkan sertifikat pelatihan atau menegaskan keterampilan yang dibutuhkan.

Tambahkan sertifikasi yang sesuai

Bidang pekerjaan atau industri yang membutuhkan pekerjaan operator produksi terbilang cukup luas. Untuk menunjang CV, kamu perlu menyertakan sertifikasi sesuai dengan industri perusahaan yang dituju.

Beberapa contoh dokumen sertifikasi yang bisa kamu sertakan adalah sertifikasi operator mesin industri pangan, operator instalasi otomasi listrik industri, operator K3 industri migas, dan operator forklift.

Pilih keterampilan teknis dan nonteknis yang relevan

Operator produksi membutuhkan keterampilan teknis yang sejalan dengan keterampilan nonteknis dalam bekerja. Adapun keterampilan umum yang perlu dikuasai operator produksi adalah:

Keterampilan Teknis

Keterampilan Nonteknis

Pengoperasian mesin

Fleksibilitas

Pengemasan dan pengiriman

Bekerja baik di bawah tekanan

Prosedur keselamatan

Ketelitian dan kecermatan

Matematika

Kerja tim

Perakitan

Pemecahan masalah

Pemeliharaan peralatan

Komunikasi

Pengetahuan produk

Stamina tinggi

Manajemen inventaris

Kepatuhan terhadap pedoman kesehatan dan keselamatan kerja

Kontrol kualitas

Cermati lagi tata letak dan desain CV

Setelah selesai menulis berbagai informasi, jangan lupa untuk mengatur tata letak dan desain CV secara simpel.

Beri bagian header tulisan tebal agar mudah menarik perhatian. Pastikan juga kamu menyediakan white space secara proporsional untuk meningkatkan keterbacaan CV.

Awali dengan surat lamaran kerja

Untuk meningkatkan peluang lolos screening, kamu bisa melampirkan surat lamaran kerja ke dalam CV yang akan kamu kirim.

Isi surat lamaran kerja bisa berupa rangkuman CV dalam tiga paragraf singkat. Awali dengan perkenalan diri dan tujuan melamar posisi tersebut. Tambahkan juga pencapaian terbaik kamu yang dapat menggiring perekrut untuk mengetahui riwayat kerjamu lebih lanjut. 

Nah, itulah contoh dan cara mengisi contoh template CV operator produksi yang ideal. Contoh CV di atas dapat memberimu inspirasi bagaimana meningkatkan peluang meraih pekerjaan tersebut di perusahaan yang kamu tuju.

Sebelum mengirim lamaran, pastikan kamu melakukan proofread atau pengecekan ulang untuk menghindari kesalahan ketik. Terakhir, jangan lupa memasukkan elemen atau kalimat memikat dalam ringkasan yang memicu rasa penasaran perekrut untuk mempelajari CV kamu lebih lanjut.

Yuk, persiapkan diri kamu untuk menembus pekerjaan impian dengan membaca berbagai informasi dan Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK. 

Kamu juga bisa mengakses ribuan konten pembelajaran gratis dan terhubung dengan pakar industri di KariKu dalam aplikasi Jobstreet.

Agar lebih mudah, download aplikasi Jobstreet by SEEK di Play Store atau App Store untuk menikmati kemudahan mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!

More from this category: Sumber daya dan templat

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.