Contoh CV Fresh Graduate untuk Pekerjaan Marketing

Contoh CV Fresh Graduate untuk Pekerjaan Marketing
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Marketing merupakan salah satu bidang yang banyak diminati di dunia kerja, terutama saat ini ketika pemasaran dibuat semakin dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Salah satu nilai tambah dari bidang marketing adalah bidang tersebut cukup terbuka dan bisa dijalani oleh berbagai orang dengan beragam latar belakang pendidikan.

Tentunya, seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang marketing memiliki ilmu yang dibutuhkan untuk kerja marketing, namun ini tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang yang menempuh pendidikan di bidang lain dapat bekerja di bidang ini juga.

Jika kamu saat ini ingin memulai karir di bidang marketing, melamar dengan CV yang bisa menunjukkan kelebihanmu sebagaimarketeradalah hal yang penting dan bisa membuatmu menarik di mata perekrut. Simak terus artikel ini untuk tahu cara membuat CVfresh graduateuntuk pekerjaan marketing!

Kriteria seperti apa, sih, yang dibutuhkan di bidang marketing?

Marketing memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan, terutama untuk memastikan bahwa target penjualan perusahaan tercapai. Ini membuat pekerjaan marketing sulit dibedakan dengan sales. Karena itu, meski keduanya beririsan, penting juga untuk kita mengetahui dulu perbedaan marketing dan sales.

Marketing dapat dikatakan sebagai sistem penjualan secara keseluruhan. Sebuah tim marketing dalam perusahaan terlibat dalam proses riset persona konsumen, penetapan harga, dan strategi pemasaran (branding)dari suatu produk atau jasa. Sedangkan, tim sales adalah bagian yang menghadapi klien atau konsumen secara langsung dan menjalankan transaksi jual beli.

Untuk bekerja di bidang marketing, berikut keterampilan yang perlu kamu miliki:

  • Kemampuan berpikir strategis dan kritis

Setiap tim marketing pasti mempunyai satu tujuan yang perlu dicapai. Tugas seorangmarketeradalah bekerja sama dengan timnya untuk mencari cara supaya tujuan tersebut tercapai. Dengan memperhatikan berbagai komponen yang ada, seperti tipe konsumen yang ditargetkan, produk atau jasa yang ditawarkan, tren yang ada saat ini, dan proses pembelian (marketing journey). Seseorang yang bekerja di bidang marketing diharapkan bisa menyusun strategi yang bisa memberikan hasil relevan.

  • Komprehensi Membaca Tulisan dan Data

Kemampuan membaca mungkin terkesan mendasar, namun hal ini sangat penting dimiliki di dunia marketing. Kegiatan marketing sering melibatkan membaca berbagai materi, mulai daribrief,temuan, hingga laporan. Dengan kemampuan membaca dan pemahaman konteks yang baik, implementasi kinerja seorangmarketerbisa lebih tepat dan sesuai konteks. Kemampuan membaca data juga dibutuhkan untuk mengoptimasi kampanye marketing.

  • Kemampuan organisasi

Kegiatan marketing sering kali melibatkan banyak komponen, terutama ketika akan menjalankan proyek atau kampanye. Kemampuan organisasi baik secaraonlinemaupunofflinesangat diperlukan untuk memastikan setiap pekerjaan terdokumentasi dengan baik dan berjalan sesuai jadwal. Ini juga penting untuk menghindari miskomunikasi antara tim yang terlibat.

  • Adaptasi perkembangan digital

Menurut laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 yang membahas tentang tren pekerjaan saat ini, menemukan bahwa 48% dari pekerja di bidang marketing dan komunikasi terancam oleh adanya automasi. Kekhawatiran tersebut cukup masuk akal, apalagi saat ini perangkat marketing digital semakin canggih, bahkan iklan bisa dioptimasi secara otomatis.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Sebagai generasi yang secara keseharian dekat dengan komunikasi digital, ini bisa jadi kesempatan kamu jika kamu mengikuti tren dan perkembangannya. Kamu bisa terus mengasah kemampuanmu dan mengikuti pelatihan marketing yang berkaitan dengan bidang digitalisasi agar strategi marketing yang kamu susun tetap relevan.

  • Adaptasi tren dan kemampuan interpersonal

Dengan adanya automasi, di sinilah kepribadianmu jadi sangat berharga. Walau beberapa hal sudah terautomasi, namun ada hal-hal manusiawi yang tidak bisa dilakukan oleh mesin. Selera estetika, selera humor, empati dan relasi perasaan merupakan hal-hal tidak bisa digantikan oleh mesin.

Aspek tersebut sangat dibutuhkan dalam pekerjaan marketing, termasuk dalam memahami pergerakan tren, berkoneksi dengan tim dan pihak lain, penyusunan strategi, hingga penentuan materi visual atau tulisan. Selain kemampuan untuk mengoperasikan perangkat, kemampuan manusiawi tersebut juga penting untuk dimiliki seorangmarketer.

Jika kamu tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang marketing, jangan khawatir. Selama masih ada keterkaitan antara pendidikan dan pekerjaanmu, apalagi ditambah dengan pengalaman di bidang marketing, seseorang dapat berkarir di sana. Kamu juga bisa mengikuti berbagai pelatihan yang dapat diakses secaraonline .Setelah itu, kamu bisa menunjukkan kepada perekrut bahwa kamu memiliki aspek yang dibutuhkan sebagaimarketer.

Cara Menulis CVFresh Graduateuntuk Pekerjaan Marketing

Mengasah kemampuanmu untuk bekerja di bidang marketing adalah hal yang sangat penting, namun memastikan bahwa kemampuan tersebut terlihat oleh perekrut juga tidak kalah penting. Membuat CV yang menarik dan mampu menunjukkan kelebihanmu dapat membantu membuka jalan kamu dalam proses perekrutan. Saat menulis CV, pastikan kamu sudah memastikan hal-hal ini, ya!

  • Singkat dan mudah dipahami

Pastikan CV-mu tidak memiliki terlalu banyak deskripsi panjang dan keseluruhan CV tidak lebih dari satu halaman. Menulis CV yang bertele-tele justru berpotensi menutupi kemampuanmu yang penting untuk diketahui oleh perekrut. Hindari juga mencantumkan informasi yang kurang perlu, seperti golongan darah, zodiak, atau status pernikahan. Kamu bisa menulis dalam bentuk poin-poin, sehingga lebih mudah dibaca. Ingatlah bahwa fungsi CV sendiri adalah untuk memberikan gambaran singkat atau kesan pertama tentang dirimu secara profesional.

  • Mulai dari pengalaman paling relevan

Karena kamu akan melamar untuk pekerjaan marketing,pastikan kamu menuliskan terlebih dahulu pengalaman yang berkaitan dengan bidang tersebut. Lalu, bagaimana denganfresh graduateyang belum punya banyak pengalaman di bidang marketing? Kamu bisa menuliskan pengalaman organisasi atau kegiatan yang kaitannya erat dengan kegiatan marketing.

Jika kamu ada proyek personal atau proyek bersama teman-temanmu, kamu juga bisa mencantumkannya dan menyertakan akun media sosial proyek tersebut. Tuliskan pengalaman secara singkat, dan sisanya bisa kamu jelaskan secara lebih detail di portofolio.

  • Tunjukkan “siapa” dirimu

Selain menunjukkan kemampuan dan pengalaman, salah satu tujuan dari proses rekrutmen adalah untuk mengenal pelamar lebih dekat. Gunanya adalah untuk melihat apakah kamu cocok dengan kultur perusahaan dan orang-orang yang akan bekerja denganmu nanti. Lewat CV ini, kamu bisa menunjukkan sedikit tentang kepribadianmu lewat deskripsi singkat tentang dirimu. Usahakan untuk menulis dengan penggambaran yang spesifik namun relevan, dibandingkan dengan hal-hal yang terlalu umum seperti “saya pekerja keras” atau “saya mau belajar”.

Tunjukkanlah aspek yang membuat kamu cocok bekerja di bidang marketing dan tunjukkan minatmu di sana. Sebagai contoh, kamu bisa menceritakan aspek tersebut seperti ini: “Bagi saya, memahami kebutuhan konsumen dengan baik sangat penting dalam kegiatan marketing, karena itu saya selalu berusaha untuk observatif dan berempati terhadap lingkungan di sekitar saya.”

  • Cantumkan tingkat kemampuan dengan jelas

Susunlah kemampuan atauskillyang kamu miliki dari yang paling relevan. Dimulai dari kemampuan yang berhubungan erat dengan marketing, misalnya kemampuanmu mengoperasikan perangkat marketing (marketing tools), lalu bisa kamu lanjutkan dengan kemampuan lain seperti kemampuan bahasa, mengoperasikan perangkat dokumen, dan lain-lain. Untuk tingkat kemampuan, hindari menggunakan parameter yang rancu sepertilevel bar.Gunakanlah parameter yang sesuai, misalnya skor kemampuan bahasa seperti skor TOEFL, atau gunakan istilah yang jelas sepertibasic, intermediate,atauadvanced.

  • Tunjukkan hasil belajarmu

Jika kamu seorangfresh graduate,kamu bisa menunjukkan kelebihanmu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan tentang marketing.Ini akan membantumu meyakinkan perekrut, apalagi jika kamu melamar untukentry level.Belum memiliki banyak pengalaman bekerja tentunya adalah hal yang wajar untukfreshgraduate, namun dengan mencantumkan pelatihan yang pernah kamu ikuti akan menunjukkan bahwa kamu mempunyai keinginan dan kemampuan untuk bekerja sebagaimarketer.

  • Gunakan format yang rapi dan mudah dibaca

Selain isinya, format juga jadi salah satu hal yang penting diperhatikan agar CV-mu lebih menarik di mata perekrut. Karena disarankan untuk membuat hanya satu halaman, penataan ruang dan pemilihan font juga berperan penting agar CV kamu tidak kelihatan terlalu penuh.

Memperhatikan estetika dapat membuat CV lebih menarik, namun pastikan CV tetap rapi dan tidak dipenuhi terlalu banyak elemen. Kamu bisa mengunduh  format CV untuk pekerjaan marketing di sini.

Mika Ahmad Rasyid(+628-1234-5678)[email protected] termotivasi untuk menjadi seorang Marketing Executive yang bisa memahami kebutuhan konsumen dengan memastikan mereka mendapatkan solusi terbaik dari masalah mereka sehari-hari melalui strategi marketing yang relevan. Saya berharap bisa terus mengasah kemampuan saya dalam memecahkan masalah, berpikir kritis, dan mengedepankan integritas dalam menjalani karier.Pengalaman OrganisasiKepala Divisi Kewirausahaan - Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis Jayapura (2019-2021)
  • Bertanggung jawab dalam merancang program kewirausahaan anggota himpunan mahasiswa
  • Mengkoordinasikan proses perizinan bazar tahunan Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis Jayapura
  • Bertanggung jawab atas jalannya bazar tahunan Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis Jayapura
Anggota Divisi Dana Usaha - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Jayapura(2017-2018)
  • Merancang dan mengembangkan produk yang akan dijual oleh BEM Universitas Jayapura
  • Melakukan survei terhadap pelanggan guna mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan
  • Merancang strategi penjualan bulanan Divisi Dana Usaha BEM Universitas Jayapura
Pendidikan TerakhirProgram Studi S1 Administrasi BisnisUniversitas Negeri Jayapura (2018 - sekarang)Pelatihan
  • JobStreet FutureLearn: Social Media Marketing Strategy: Objective Setting and Strategic Planning Essentials
Kemampuan
  • Penguasaan Bahasa Inggris (IELTS 2020 - 7.0)
  • Penguasaan Microsoft Office dan Google Workspace
  • Dapat bekerja dan terlatih untuk berpikir kritis
  • Mengoperasikan Facebook Ads Manager

Jenis-jenis pekerjaan marketing yang sedang diminati

Pekerjaan di bidang marketing sendiri cukup beragam. Di antaranya adalah Brand Marketing, Product Marketing, Digital Marketing, dan Content Marketing. Posisi-posisi tersebut bisa berada di dalam suatu perusahaanbrandyang menangani produknya langsung ataupun di agensi periklanan yang menangani sekaligus menjadi konsultan bagi beberapa perusahaan klien.

Jika kamu ingin belajar menangani berbagai macambranddan industri, kamu bisa mencoba melamar di agensi periklanan. Kamu bisa baca artikel ini untuk tahu lebih banyak tentang jenis-jenis pekerjaan marketing yang sedang diminati, jadi kamu bisa menyesuaikan CV-mu lebih spesifik lagi.

Itulah penjelasan mengenai pembuatan CV pekerjaan marketing untukfresh graduate. Supaya kamu makin siap bekerja di bidang marketing, JobStreet menyediakan berbagai pelatihan tentang marketing yang bisa kamu ikuti di FutureLearn secara gratis!

Mari memulai karirmu di bidang marketing melalui lowongan kerja marketing ini sekarang juga!

Jangan lupa untuk memperbarui profil JobStreet dengan mengunggah CV atau resume kamu. Perbarui juga profilmu setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat terbaik!

Kunjungi laman Tips Karir untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk tetap terhubung bersama kami kapan pun dan di mana pun,downloadaplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk kamu. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untukmu. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring, pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.