Bikin CV Kamu Keren!

Bikin CV Kamu Keren!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 14 November, 2022
Share

Buat kamu yang mau mulai mencari kerja, hal pertama dan yang utama kamu lakukan tentu sesuai bahasan di artikel ini: penulisan CV! Kalau kamu masih belum tahu, CV atauCurriculum Vitaeadalah rangkuman informasi tentang pendidikan, kemampuan, dan pengalaman kerjamu. Ini ibaratpencitraankamu yang akan dibaca oleh HR dan para perusahaan pencari kerja yang kamu lamar, agar mereka melirik kamu!

Terus, gimana sih idealnya kamu menyiapkan CV-mu supaya bisa lolos semua proses seleksi? Apa dan bagaimana baiknya penulisan CV, sampai desain CV seperti apa yang cakep di mata?

Seni Bercerita Lewat CV-mu

Kalau kamu sudah pernah melamar pekerjaan sampai tahap interview, kamu pasti pernah dengar pertanyaan ini deh: “Bisa ceritakan tentang dirimu?” Dan sama seperti pertanyaan ini di tahap interview nanti, kamu juga sudah harus menceritakan tentang dirimu sejak penulisan CV-mu!

Seni bercerita ataustorytellingadalah seni menarasikan sesuatu untuk meyakinkan pembaca/pendengar tentang pesan yang mau kamu sampaikan lewat ceritamu. Penting untukmu membuat CV-mu tidak hanya sekumpulan tulisan acak, tapi juga punyastorytellingyang mengalir dan menuntun pembaca CV-mu untuk mengenalmu mendalam secara profesional.

Seperti apa saja sih urutanstorytellingyang oke untuk CV-mu?

  • Tentang Saya

Tentang Saya atauAbout Meadalah bagian paling awal dalam penulisan CV. Ini adalah rangkuman cerita tentang siapa dirimu, apa kemampuanmu, dan apa yang bisa kamu kerjakan, dalam kalimat pendek. Bagian ini akan dibaca pertama kali oleh HR untuk mengenalmu sedikit. Dan sebagai tambahan, kamu juga bisa menulis kontakmu yang bisa dihubungi di bagian ini.

  • Pendidikan

Bagian pendidikan ini penting agar HR tau tentang latar belakang pendidikanmu. Kamu juga bisa tulis prestasi akademik maupun non-akademik yang kamu dapat selama pendidikan, agar jadi nilai plus kamu di mata HR. Oh iya, ceritain tentang dirimu yang singkat aja ya di bagian ini. Jangan berlebihan, cukup dua jenjang pendidikan terakhir saja!

  • Pengalaman Kerja

Setelah kamu kasih tau tentang apa yang kamu pelajari di jenjang pendidikan, saatnya kamu ceritakan apa yang sudah kamu kerjakan secara profesional. Buat kamu yang baru lulus dan belum ada pengalaman, bagian ini bisa kamu isi dengan pengalaman organisasi atau kepanitiaan yang kamu ikuti. Dan buat kamu yang sudah pernah bekerja sebelumnya, kamu bisa menceritakan pengalaman kerjamu di kantor sebelumnya di bagian ini. Di dalam ceritamu, kamu harus bisa meng-highlightbagaimana peranmu memberi dampak positif bagi tim kamu. Kamu bisa bercerita apakah ada pekerjaanmu yangperform, yangachieve targetatau bahkan mendapat penghargaan.

  • Kemampuan

Kemampuan atauskilladalah bagian cerita terakhir tentang dirimu dalam penulisan CV. Di bagian ini, kamu bisa menulis poin-poin pendek tentang apa saja kemampuan yang kamu punya, dari latar belakang pendidikanmu dan pengalaman kerjamu. Ada duaskillyang bisa kamu tulis, yaituhard skillatau kemampuan teknismu dalam pekerjaan, sertasoft skillatau kemampuan yang berkaitan dengan kepribadian dan profesionalitasmu.

Memahami ATS, Sistem Pembaca CV-mu

Ada puluhan, bahkan mungkin ratusan CV yang bersaing denganmu memperebutkan posisi di sebuah lowongan pekerjaan. Karenanya, di mata HR perusahaan, CV itu seringkali bagai gunungan dokumen kerjaan yang targetnya ingin segera mereka selesaikan! Cepet-cepet deh dapet kandidat yang bagus buat masuk keshortlist, dan yang cocok juga untuk langsung masuk kerja!

Nah di zaman sekarang, di samping kemampuan HR untuk bisa me-review CV yang terbaik, sudah ada juga sebuahsistematauprogramuntuk membantu tugas HR ini. Namanya ATS atauApplication Tracking System.Sistem ini akan secara otomatis melacak isi CV-mu, lalumemilihCV-mu kalau lolos kualifikasi, dantidak memilihCV-mu kalau tidak lolos! Canggih banget ya?

Simpelnya, ATS ini di-settingoleh pihak perusahaan untuk membaca kata-kata yang ingin mereka baca di dalam CV-mu. Kata-kata spesifik yang ada di lowongan, biasanya akan mereka taruh di ATS ini. Dan berdasarkan itu, berarti kamu harus menyesuaikan isi CV-mu dengan apa yang perusahaan tulis di lowongan pekerjaan mereka!

Contoh CV ATS - friendly adalah sebagai berikut: perusahaan menulis “detailed person” di lowongan mereka, maka kamu tulis juga“detailed person” di dalam CV-mu. Atau mereka tulis “fast learner”, kamu juga tulis “fast learner”. Kalau mereka tulis “team worker”, ya kamu juga tulis “team worker” di CV-mu. Sederhana, kan?

Rahasia Desain CV yang Cakep

Oke, kamu sudah paham bagaimana seni bercerita dalam penulisan CV-mu. Kamu juga sudah paham apa itu ATS dan seperti apa contoh CV ATS-friendly. Nah, setelah semua hal terkait konten CV-mu sudah mantap, waktunya kamu siapkan desain CV-mu!

Apa aja sih rahasianya?

  • Pilih foto dirimu yangproperuntuk dijadikan citra seorang profesional yang handal. Ingat ya, ini bukan foto profil akun social media kamu.
  • Pilihlayoutatau tata letak yang terasa “lega” di mata. Perhatikan jugaline spacingatau jarak antar baris danletter spacingatau jarak antar huruf agar tidak terlalu rapat.
  • Pilihfont typedanfont sizeyang cocok juga. Font type seperti Montserrat atau Calibri, dengan font size di kisaran 11-16 bisa dibilang yang paling pas.
  • Terkait soal font size juga, penting untukmu memahamihierarkidesain CV.Header-headerseperti Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Kemampuan baiknya ditulis lebih besar dibandingkan kalimat-kalimat penjelasnya.

Nah, untuk lebih dalam lagi paham tentang apa yang harus kamu lakukan dan harus kamu hindari dalam penulisan CV, sampai contoh CV ATS-friendly yang lebih lengkap, kamu bisa baca artikel ini dan nonton video seekMAX di sini.

Jadi, itu semua yang bisa JobStreet bagikan untuk bikin CV-mu dilirik. Sudah siap buka file dan design CV kamu lagi?

Kalau sudah selesai semuatouch upCV-mu, jangan lupa di-savedalam format PDF dan di-attachdalam email lamaran kamu ya. Jangan sampai kelupaan!

Selamat mencari kerja!

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.