10 Cara Buat Balikin Semangatmu Setelah Sibuk Bekerja

10 Cara Buat Balikin Semangatmu Setelah Sibuk Bekerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 14 October, 2022
Share

Kalau jawaban kamu ‘BENER BANGET!’, tandanya kamu butuh banget buat ‘menepi sejenak’ dari rutinitas kerjaan tuh! Coba cek tips di bawah ini untuk ngilangin rasa penat & lelah akibat kerjaan, serta nemuin ketenangan yang hakiki!

1. Alam adalah teman terbaik

Biarkan tubuh dan pikiranmu dipenuhi udara segar dengan berwisata alam. Gak usah jauh-jauh, kamu bisa cari pemandangan hijau dari wisata alam terdekat! Cobain buat hiking tipis-tipis atau bahkan yoga di alam. Mau lebih spesial? Ajak orang kesayanganmu (atau binatang peliharaan) buat nemenin juga!

2. Puasa media sosial

Nyatanya, bermedsos ria itu gak selamanya ria lho, bisa bikin personal life kamu berubah. Coba luangin waktu untuk sementara log out dari akun media sosial di hari libur dan ganti dengan ngobrol bareng orang-orang tersayang. Kamu bakal sadar bahwa ini bisa ningkatin kualitas tidur sampe mood kamu!

3. Manjain tubuh

Ngasih reward ke badan gak perlu yang mahal-mahal, kok. Kamu bisa coba potong rambut pake model yang udah lama kamu incar, pergi pijat, atau mungkin nyobain makanan enak yang belum sempet kamu datengin. Perut kenyang, badan rileks, hati pun senang!

4. Cobain hal baru

Daftarin diri jadi volunteer di hari libur. Banyak yang bilang kalo kerja jadi relawan bikin hati lebih ada makna dan ngebuka mindset kita tentang banyak hal. Coba cari kegiatan yang paling menarik perhatianmu dan bisa dilakukan di hari-hari luangmu.

5. Jauhin gadget

Ternyata nasihat orang tua buat “jangan hp terus” itu ada benernya! Mainin gadget buat medsos ataupun ngegame yang berlebihan justru bisa bikin kita lebih cemas. Yuk bikin tantangan buat simpan gadget di laci yang terkunci saat weekend, dan ganti dengan kegiatan fisik seperti olahraga, nongkrong bareng orang kesayangan, atau baca buku best seller.

6. Cari hobi baru

Lho, emang bisa? Bisa banget asal ada niatnya! Banyak kegiatan yang dengan mudah bisa kamu mulai dari nol, seperti belajar bercocok tanam, masak, atapun ikut kelas bahasa asing! Waktu berjalan dan skill pun bertambah, keren kan.

7. Menerapkan mindfulness

Udah sering dengar kata mindfulness, dong? Ini adalah teknik meditasi dengan melatih pernapasan dengan tujuan menghadirkan kesadaran penuh akan momen saat ini. Dengan menyadari momen saat ini, kamu akan lebih fokus sehingga kamu bisa lebih nikmatin dan menghargai kehidupan. Tutorial meditasi bisa dengan gampang kamu temukan di manapun.

8. Journaling

Waktu kecil kita bisa dengan mudahnya bercerita di buku harian, yuk kita coba lagi sekarang! Kamu bisa mulai journaling dengan menulis hal-hal yang terjadi hari ini ataupun yang akan kamu lakuin, numpahin isi hati, sampe ke hal-hal yang bisa kamu syukuri. Proses ini terbukti bisa bantu kurangi stres dan cemas. Buat kamu yang hobi kerja, journaling dengan rutin juga bisa melatih otakmu untuk menciptakan ide-ide segar, lho!

9. Ikut terapi

Eitss jangan salah, terapi itu bukan cuma buat orang yang terganggu secara mental, kok. Dengan menemui mental terapis bersertifikat, kamu bakal sadar ternyata sesi terapi ini bisa bikin pundak dan hatimu lebih enteng karena bebas dari perspektif atau lawan bicara yang bisanya cuma ngejujdge aja!

10. Bikin batasan

Yang terakhir dan gak kalah pentingnya. Kamu harus sadar bahwaburnoutyang kamu rasain sekarang adalah karena kamu gak ngasih batasan antara kerjaan dan kehidupan personal. Saat udahoverload, sah-sah aja untuk ngobrol ke rekan kerja dan atasan untuk dapat solusinya. Hal ini bisa bikin kamu lebih fokus dan lebih baik lagi dalam bekerja. Dirimu dan apa yang kamu kerjakan itu sama pentingnya!

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.