Cara Menulis Surat Pengunduran Diri (dengan Template Gratis)

Cara Menulis Surat Pengunduran Diri (dengan Template Gratis)
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain tidak harus menjadi pengalaman yang sulit. Memastikan kamu meninggalkan tempat kerja yang sekarang dengan baik sangatlah memungkinkan. Jika kamu ingin menulis surat pengunduran diri yang formal, ingatlah tips-tips berikut untuk memudahkan prosesnya:

  • Bicara dengan atasan terdekat secara pribadi dan beri tahu tujuanmu. Ini adalah bentuk nonformal pemberitahuanmu.
  • Tulis surat pengunduran diri yang formal setelah kamu bicara dengan atasanmu.
  • Surat pengunduran diri tidak harus panjang. Tapi, gunakan kesempatan ini untuk menyatakan dan menceritakan ulang segala kesempatan dan pengalaman menyenangkan yang kamu dapatkan selama bekerja di perusahaan.
  • Jauhi mengatakan segala yang tidak baik. Sekarang bukan saat yang tepat untuk mengungkapkan keluhan.
  • Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Gunakan template surat pengunduran diri gratis kami sebagai panduan untuk menulis suratmu.

Mulailah cari pekerjaan yang berarti untukmu di situs dan aplikasi JobStreet. Pastikan untuk selalu memperbarui profil JobStreet kamu dan tambahkan #LangsungKerja kalau kamu siap untuk perekrutan segera.

Untuk informasi seputar karier lainnya, kunjungi laman Tips Karier JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya menemukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Resign

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.