Cara Menulis CV untuk Business Analyst

Cara Menulis CV untuk Business Analyst
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Profesi Business Analyst

Di era digital ini, data sangatlah berharga. Kemampuan membaca dan menganalisis data merupakanskillyang sangat dicari saat ini. Akan lebih baik lagi jika kamu dapat mengkomunikasikan data dan mencari solusi berdasarkan data tersebut. Mungkin kamu menemukan hasrat dan tujuan hidup ketika membantu orang lain mengambil keputusan berdasarkan fakta dan riset. Atau bisa jadi kamu senang menyelesaikan masalah suatu individu atau perusahaan. Kamu sering bertanya kepada dirimu sendiri - bagaimana cara meningkatkan kinerja suatu proses atau sistem tertentu? Atau pernahkah dalam kehidupan personal maupun profesionalmu, kamu bertanya-tanya bagaimana saya dapat memperbaiki suatu hal dengan memanfaatkan informasi yang saya miliki?

Pertama-tama,business analystberbeda dengandata analyst.Sederhananya, seorangbusiness analystmengolah informasi yang dikumpulkan dan 'dibersihkan' olehdata analyst,dan kemudian memanfaatkannya untuk memandu pengambilan keputusan dalam suatu bisnis atau perusahaan.

Berikut merupakan beberapa tugas seorangbusiness analyst:

  • Me-reviewdan menilai apakah suatu proses bisnis sudah efisien, cost-effectiveatau memenuhi kriteria tertentu yang penting bagi perusahaan
  • Menjabarkan informasi berdasarkan olahan data kepada parastakeholder
  • Menuliskan rekomendasi (berdasarkan data) akan cara mengembangkan prosedur dan proses terkait
  • Melakukanbudgetingdanforecastingbagi perusahaan
  • Meneliti dan menerjemahkan data menjadi informasi yang mudah dipahami

Parabusiness analystcenderung lebih sering bekerja dengan proses dan solusi dibanding angka atau statistik. Mereka memegang peranan penting dalam membantu perusahaan mengambil keputusan yang mengacu pada data.Business analystmemanfaatkan data untuk memberikan rekomendasi mengenai cara meningkatkan suatu proses atau sistem terkait. Mereka juga memberikan saran dan nasihat mengenai implementasi proyek atau pengambilan keputusan. Selain itu, mereka juga mengawasi pembuatan proses dan sistem baru yang akan meningkatkan performa perusahaan berdasarkan data yang telah dianalisis.

Baca Juga: Tips Menulis CV untuk Data Analyst

Tips menulis resume untuk posisi ini

Ringkasan / Tujuan Karier

Ketika menulis ringkasan karier kamu, tonjolkan pengalamanmu dalam menganalisis data atau penelitian dan bagaimana kamu menerjemahkannya dalam suatu laporan atau presentasi yang sederhana dan mudah dimengerti. Ini merupakan keterampilan kunci yang harus dimiliki seorangbusiness analyst.Jika kamu memiliki portfolio yang memperlihatkan rangkaian data yang telah kamu ubah menjadi bentuk grafik,jangan lupa mencantumkannya dalam resume-mu. Pastikan bahwa informasi tersebut bukan merupakan informasi sensitif.

Contoh:

Sebagai seorangsolution-oriented person,saya menyukai tantangan untuk membuat rekomendasi berdasarkan data bagi perusahaan danpara stakeholder. Saya telah membantu para pimpinan mengambil keputusan untuk meningkatkan kinerja proses dan sistem perusahaan. Latar belakang saya di bidang bisnis dan IT membuat saya fasih dalam bahasa pemrograman. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mengingat tanggung jawab saya untuk mempresentasikan hasil temuan kepadaC-level executivesdan para manajer. Saya berpengalaman dalamproject managementdan pernah memimpin dalam pencarian dan implementasi solusi berdasarkan data yang ada.

Tonjolkan kelebihanmu terkait posisi tersebut dalam Pengalaman Kerja

Jika kamu memiliki latar belakang di bidang IT dan posisi yang kamu incar berkaitan dengan bidang IT, cantumkan informasi ini dan pastikan kamu mengaitkan pengalaman kerjamu dengan tugas atau peranan jabatan yang hendak kamu lamar.

Jelaskan prinsip atau teknikproject managementyang pernah kamu gunakan untuk menangani proyekmu di masa lalu. Hal ini membantu para perekrut untuk menentukan apakah kamu cocok untuk perusahaan mereka.

Contoh:

PT Jobstreet Indonesia

Business analyst,Januari 2018 – Juni 2020

  • Memberi rekomendasi solusi pada klien berdasarkan data yang diterima.
  • Me-review berbagai proses di perusahaan secara rutin untuk mengamati perkembangan yang terjadi
  • Memimpin proyek yang dilaksanakan berdasarkan rekomendasi yang diberikan atau dipresentasikan
  • Menyiapkan dan menyajikan laporan dan temuan kepada parastakeholder

PT Bintang Jatuh Sukses

IT specialist,Agustus 2016 – Desember 2017

  • Berperan sebagai kepala koordinator proyek (lead project coordinator) dalam berbagai proyek IT perusahaan.
  • Mengawasi pelaksanaan proyek dalam departemen IT.
  • Turut andil dalam tiga proyek besar yang merupakan inovasi digital bagi perusahaan.

PT Cipta Karya Karsa

Researcherdandata analyst, Juni 2013 – Juli 2016

  • Melakukan riset dan mengadakan sesi pengumpulan data bagi para klien
  • Menganalisis hasil temuan riset termasuk data mentah yang terkumpul
  • Menyiapkan laporan, menulis hasil temuan dan rekomendasi serta mempresentasikannya kepada parastakeholderdan klien
  • Berperan sebagai kepala peneliti dalam berbagai proyek dan menerapkannya dari tahap perencanaan dan konseptualisasi hingga mempresentasikan hasil temuan dan rekomendasi.

Keterampilan Kunci

Keterampilan kunci yang sangat diutamakan oleh parabusiness analystadalah kemampuan analisis data dan penelitian, pengalaman dalamproject management, serta kemampuan presentasi dan komunikasi yang baik.

Keterampilansoftwaredantechnical skilllainnya

Tuliskan daftar bahasa pemrograman dandata toolyang kamu pahami. Walau tidak harus benar-benar menguasainya, akan sangat menguntungkan apabila kamu memahami program-program ini. Beberapa contohnya yaitu R, Python, Microsoft Excel and Google Analytics.

Contoh:

Menguasai R, Microsoft Excel dan Google Analytics. Berpengalaman dengan berbagai prinsipproject management, khususnyaagile methodologydanwaterfall methodyang sering saya gunakan untuk implementasi berbagai proyek. Berpengalaman dalam penelitian danproject managementserta mampu mengkomunikasikan hasil temuan penelitian dan data kepada para manajer senior danC-level executives.

Pendidikan

Business analystumumnya berasal dari jurusan administrasi bisnis (business administration). Sebagian melanjutkan studi mereka di bidang analitik untuk mempelajari lebih dalam mengenai data.

Contoh:

Fakultas Ekonomi & Bisnis

Universitas Surabaya (2011 - 2014)

Contoh Resume untukBusiness Analyst

Informasi Kontak[Alamat, Nomor Handphone, Email]

RINGKASAN

Sebagai seorangsolutions-oriented person, saya menyukai tantangan untuk memberikan rekomendasi berdasarkan data kepada sebuah perusahaan dan parastakeholder-nya. Saya telah membantu para pimpinan dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan proses dan sistem di perusahaan mereka. Latar belakang saya di bidang bisnis dan IT membuat saya memahami bahasa pemrograman. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena harus mempresentasikan hasil temuan saya kepada para manajer danC-level executives.Saya berpengalaman dalamproject managementdan pernah memimpin pencarian dan implementasisolusiberdasarkan data.

PENGALAMAN KERJA

PT Jobstreet Indonesia

Business analyst,Januari 2018 – Juni 2020

  • Merekomendasikan solusi untuk klien berdasarkan data yang diterima
  • Me-review berbagai proses di perusahaan secara berkala untuk mengamati aspek mana yang perlu ditingkatkan
  • Memimpin proyek yang dilaksanakan berdasarkan rekomendasi yang diberikan atau dipresentasikan
  • Menyiapkan dan menyajikan laporan dan temuan kepada parastakeholder

PT Bintang Jatuh Sukses

IT specialist,Agustus 2016 – Desember 2017

  • Berperan sebagai kepala koordinator proyek (lead project coordinator)dalam berbagai proyek IT perusahaan
  • Mengawai penerapan proyek dalam departemen IT
  • Menjadi bagian dari tiga proyek besar yang merupakan inovasi digital bagi perusahaan.

PT Cipta Karya Karsa

Researcher dan data analyst, Juni 2013 – Juli 2016

  • Melakukan riset dan mengadakan sesi pengumpulan data bagi para klien
  • Menganalisis hasil temuan penilitian termasuk data mentah yang terkumpul
  • Menyiapkan laporan, menulis hasil temuan dan rekomendasi serta mempresentasikannya kepada parastakeholderdan klien
  • Berperan sebagai kepala peneliti dalam berbagai proyek dan menerapkannya dalam tahap perencanaan dan konseptualisasi hingga mempresentasikan hasil temuan dan rekomendasi.

KETERAMPILAN

Menguasi R, Microsoft Excel, dan Google Analytics. Memahami berbagai prinsipproject management, khususnyaagile methodologydanwaterfall methodyang sering saya gunakan untuk menerapkan berbagai proyek. Berpengalaman dalam penelitian danproject managementdan mampu mengkomunikasikan data dan temuan penelitian kepada para manajer senior danC-level executives.

PENDIDIKAN

Fakultas Ekonomi & Bisnis

Universitas Surabaya (2011 - 2014)

BAHASA

Inggris (Sangat Baik)          Korea (Cukup Baik)

Siap mencari kerja sebagaidata analyst? Unggah resume kamu ke profil JobStreet-mu dan cantumkanhashtag #LangsungKerja jika kamu siap untuk segera mulai bekerja. Sekarang kamu bisa memulai pencarian untuk#JobsThatMatter. Semakin sering kamu mencari, semakin JobStreet memahami kebutuhanmu, dan semakin besar juga kemungkinan untuk menemukan pekerjaan tepat untuk memenuhi kebutuhan profesional dan personal kamu.

Jangan lupa untuk mengunjungi Pusat Informasi dan Lowongan Kerja untuk mendapat saran para ahli yang bisa membantu kamu mengembangkan diri dan karier dengan cemerlang.

Di JobStreet, kami berupaya menghadirkan #JobsThatMatter untuk kamu. Sebagai sebuah Career Partner, kami berkomitmen untuk membantu para pencari kerja menemukan hasrat dan tujuan dalam setiap pilihan karier mereka. Dan sebagai Talent Partner nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi perusahaan.

Temukan Pekerjaan yang Sesungguhnya. Kunjungi JobStreet hari ini.

*(Discover Jobs that Matter. Visit JobStreet today)

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, kombinasi dari dua merek terkemuka, JobStreet dan jobsDB, merupakan portal pekerjaan terkemuka dan pilihan utama bagi kandidat dan perekrut di Asia. SEEK Asia hadir di 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company, portal pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar yang terdaftar diBursa Efek Australia. SEEK Asia menarik lebih dari 400 juta kunjungan dalam satu tahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK merupakan kelompok perusahaan yang beragam, dengan portofolio solid yang terdiri dari bisnis ketenagakerjaan online, pendidikan, komersial, danvolunteering. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brasil, dan Meksiko), menjangkau lebih dari 2,9 miliar kandidat dan sekitar 27 persen dari PDB (GDP) global. SEEK memberikan kontribusi positif bagi kehidupan individu dalam skala global. SEEK terdaftar di Bursa Efek Australia sebagai salah satu perusahaan top 100 dan masuk dalam daftar Top 20 Most Innovative Companies menurut Forbes.

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.