8+ Cara Mudah Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

8+ Cara Mudah Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 20 February, 2024
Share

Ada banyak cara menghilangkan ngantuk saat kerja. Salah satunya adalah mencuci muka sehingga kantuk berangsur-angsur menghilang. Namun, bagi sebagian orang, cara ini dinilai kurang efektif, terlebih jika kamu merasakan kantuk luar biasa. 

Sebenarnya, mengantuk merupakan hal wajar yang sifatnya alamiah. Hanya saja, bisa jadi masalah jika mengantuk di jam kerja. Jika mengantuk saat jam kerja, kamu akan kesulitan menjaga konsentrasi yang berakibat pekerjaan terganggu dan kinerja menurun. 

Tapi, tenang. Ada beberapa cara ampuh mengatasi ngantuk di kantor yang bisa kamu coba. Bagaimana? Yuk, kita cari tahu bersama dalam artikel ini.


⁠Penyebab Ngantuk Saat Kerja 

Seorang karyawan wanita tampak mengantuk saat rapat di kantor.

Sebelum membahas tips, pertama-tama kamu perlu tahu lebih dulu apa yang menyebabkan seseorang mudah mengantuk. Umumnya, penyebab ngantuk saat kerja adalah karena: 

1. Kurang tidur 

Secara umum, durasi tidur yang berkualitas adalah 7 hingga 9 jam per hari. Dikutip dari Sleep Doctor, tidur berkualitas tak hanya bagus untuk menjaga metabolisme tubuh, melainkan juga mencegah kamu mengantuk di pagi atau siang hari. 

Meski begitu, tak sedikit orang yang tidak memiliki tidur berkualitas. Jika waktu tidurmu kurang dari 7 jam karena sering terbangun atau bangun terlalu awal, ada indikasi kamu mengalami insomnia.

Selain insomnia, mengonsumsi kafein, makan menjelang tidur, dan kebiasaan bermain ponsel atau olahraga di malam hari juga menyebabkan kamu kesulitan memejamkan mata.  

Kamu harus menghindari itu karena ada banyak dumpak buruk dari kurang tidur seperti tubuh mudah lelah, kurang bersemangat, hingga daya konsentrasi rendah yang menyebabkan kamu mengantuk selama bekerja.

2. Kurang asupan cairan 

Kurang asupan cairan atau dehidrasi menjadi penyebab lain mengapa kamu merasa ngantuk di kantor. 

Dehidrasi adalah kondisi medis ketika tubuh kehilangan cairan dan elektrolit. Kelelahan menjadi tanda umum bahwa kamu kekurangan asupan cairan. 

Melansir The Physiological Society, ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, tekanan darah akan menurun sehingga menyebabkan sirkulasi darah menuju otak terhambat. Alhasil, kamu akan mudah mengantuk, merasa pusing, dan mudah haus. 

Tak hanya itu saja, kekurangan cairan juga akan memengaruhi kinerja dan suasana hati. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan jumlah cairan yang diperlukan oleh tubuh. 

3. Kurang asupan nutrisi 

Kamu sudah tidur dengan cukup dan mengonsumsi cairan dalam jumlah cukup tapi masih mudah ngantuk? Kemungkinan besar kamu kekurangan asupan nutrisi, utamanya vitamin K dan zat besi. 

Meski tampak sepele, kekurangan vitamin B dan zat besi dapat menyebabkan tubuh mudah lelah dan cepat mengantuk. Kekurangan asupan nutrisi juga dapat memicu anemia yang menyebabkan penyaluran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh terhambat. 

Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi setiap hari. Jika kamu sedang diet, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter gizi agar asupan tetap terjaga dan tubuh makin sehat. 

4. Lingkungan kerja yang tidak kondusif 

Mengantuk juga bisa disebabkan oleh lingkungan kerja yang tidak kondusif seperti kurangnya penghargaan dari perusahaan untuk karyawan, sering terjadi kesalahpahaman, hubungan antara pegawai yang kurang baik, dan lainnya. 

Lingkungan kerja yang tidak mendukung bisa membuat kamu sulit berkonsentrasi. Alhasil, kamu akan merasakan tekanan besar yang menyebabkan kesulitan tidur. Belum lagi ditambah jadwal lembur yang akhirnya mengurangi durasi tidur berkualitas. 

5. Stres 

Sebenarnya, stres merupakan reaksi tubuh ketika kamu merasa tidak nyaman, menghadapi situasi pelik, terancam, atau tidak dapat beradaptasi dengan perubahan. Perlu dipahami bahwa pemicu stres yang dialami setiap orang berbeda. 

Kesulitan tidur, emosi yang tidak stabil, dan sulit fokus adalah tanda stres paling umum. Kondisi tersebut dapat mengganggu kinerja dan produktivitas kamu jika dibiarkan tanpa penanganan. 

Stres juga dapat menyebabkan tubuh lemas, mudah lelah, dan mengantuk. Pada tingkat tertentu, stres juga dapat memicu perubahan suasana hati yang ekstrem. 

Untuk mencegah tingkat stres yang lebih parah, segeralah berkonsultasi dengan ahli di bidangnya. 

Baca Juga: Tips bagi Anda untuk Tetap Produktif di Perjalanan ke Tempat Kerja 


⁠Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja 

Tiga orang karyawan tertidur ketika jam kerja.

Mengingat bekerja membutuhkan konsentrasi yang tinggi, penting untuk menghilangkan kantuk saat kerja sesuai dengan penyebabnya. Dari penjelasan singkat di atas, berikut cara mengatasi ngantuk saat kerja yang bisa kamu coba:

1. Istirahat sejenak 

Saat mulai merasa ngantuk, tubuh tengah memberikan sinyal bahwa kamu perlu istirahat. Nah, salah satu cara menghilangkan ngantuk adalah dengan memanfaatkan waktu istirahat di kantor untuk menutup mata sejenak. 

Misalnya, waktu istirahat 60 menit dibagi menjadi dua sesi. Pada 30 menit pertama untuk mengistirahatkan mata sebentar dan 30 menit selanjutnya untuk makan siang atau beribadah. Meskipun hanya sesaat, rasa kantuk yang mendera lambat laun akan berkurang. 

Rasa lelah dan lemas akibat kurang tidur juga akan kembali pulih setelah istirahat dan mengonsumsi makanan kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh. 

2. Minum air putih 

Air sangat penting sehingga memenuhi 60% tubuh. Jika tidak mengonsumsi cukup air setiap hari, kamu akan mudah kelelahan, sakit kepala, mudah tersinggung, dan mengantuk. Dehidrasi juga menyebabkan kamu kurang fokus. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tubuh perlu asupan air yang cukup. Tak hanya membuat rasa haus hilang, minum air putih juga membuat tubuh lebih segar dan energi akan kembali pulih sehingga dapat berfungsi secara optimal. 

Minum air putih 30 menit atau 1 jam sebelum tidur juga dapat membantu mengatasi insomnia dan membuat tidurmu berkualitas.  

3. Konsumsi makanan sehat 

Memastikan asupan makanan sehat adalah cara lain agar tidak ngantuk saat kerja.  

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk mengatasi rasa kantuk, antara lain gandum, alpukat, daging putih, dan pisang. Kamu juga bisa mengonsumsi camilan sehat seperti cokelat hitam, kacang almond, dan buah beri. 

Selain itu, sayuran berdaun hijau gelap juga baik dikonsumsi karena mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia, tubuh mudah lelah, dan kantuk tak tertahan. Asupan zat besi juga membuat aliran darah lebih lancar sehingga kamu lebih fokus bekerja.  

4. Konsumsi kopi 

Jika kamu butuh cara cepat untuk meredakan kantuk, kopi bisa jadi solusi. Namun perlu diingat, minum kopi hanya memberi jeda waktu agar tetap terjaga. Kamu tetap membutuhkan tidur berkualitas untuk mengatasi kantuk, ya. 

Minum kopi juga menjadi cara agar tidak ngantuk saat kerja malam. Kadar kafein yang terkandung di dalam kopi bisa membuat kamu lebih berenergi dan menjaga mata tetap terjaga selama beberapa waktu. 

Meski begitu, tidak disarankan untuk minum kopi dalam jumlah berlebihan, ya. Hindari juga minum kopi setiap hari untuk meminimalisasi risiko kesehatan, seperti penyumbatan pembuluh darah, gangguan kecemasan, dan meningkatkan asam lambung. 

5. Cuci muka dengan air dingin 

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja selanjutnya adalah cuci muka dengan air dingin. Sensasi dinginnya air dapat membuat kamu terjaga dan merasa lebih segar. 

Selain itu, membasuh wajah dengan air dingin juga bisa melancarkan sirkulasi darah. Tak heran apabila cara ini efektif untuk mengatasi kantuk. 

Namun, hindari menggunakan air yang terlalu dingin untuk mencegah sensasi mati rasa pada wajah, ya. 

6. Mendengarkan musik 

Bekerja di lingkungan yang relatif sepi sering menyebabkan rasa kantuk. Kamu bisa mengatasinya dengan mendengarkan musik favorit. Selain efektif menghilangkan rasa kantuk, musik juga bisa meningkatkan suasana hati. 

Mendengarkan musik menggunakan earphone juga bisa menjadi cara jitu bagi kamu yang ingin mengatasi kantuk tanpa mengganggu sekitar. Kamu bisa mengatur volume suara sedang supaya tetap bisa merespons panggilan atau sapaan dari rekan dan atasan. 

7. Mengatur pernapasan 

Seperti sudah disinggung sebelumnya, salah satu penyebab rasa kantuk adalah kurangnya asupan oksigen menuju otak. Suplai oksigen yang menurun juga menyebabkan tubuh tidak bertenaga, lemas, dan mudah lelah. 

Tak hanya itu saja, penurunan suplai oksigen juga membuat fungsi dan kerja otak tidak optimal.

Untuk mengatasinya, coba atur pernapasan dengan cara menarik napas sedalam mungkin menggunakan perut. Tahan beberapa saat, kemudian hembuskan perlahan melalui mulut. Ulangi cara tersebut hingga 10 kali. 

Perlahan rasa kantuk akan hilang karena kamu telah mencukupi kadar oksigen pada otak. 

8. Tidur siang 

Tidur siang tidak hanya dapat dilakukan di rumah, melainkan juga kantor. Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur sejenak atau power nap.

Misalnya 20 atau 30 menit dari waktu istirahat 1 jam. Jika hanya memiliki waktu istirahat 30 menit, manfaatkan waktu 10 sampai 15 menit untuk power nap

Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan sedikit rasa kantuk yang mendera. Ketika bangun, kamu akan merasa jauh lebih segar. 

Disarankan juga untuk membasuh wajah dengan air dingin dan mengonsumsi cukup air putih atau minuman segar. Hal ini membantu kamu kembali terjaga dan siap melanjutkan pekerjaan. 

9. Melakukan peregangan 

Melakukan peregangan sederhana juga bisa mengatasi kantuk. Menurut Michigan State University, peregangan akan membuat peredaran darah lebih lancar, meningkatkan aktivitas sistem saraf, dan mengembalikan energi sehingga lebih bersemangat. 

Peregangan sederhana dapat dilakukan dengan cara melingkarkan lengan kemudian memutar leher. Peregangan dapat dilanjutkan dengan memutar tulang belakang lalu meregangkan kaki. 

Kamu juga bisa melakukan peregangan dengan berdiri. Caranya, gerakkan kaki ke kanan dan ke kiri kemudian dilanjutkan ke arah depan dan belakang beberapa kali. 

Cara lain yang bisa dicoba adalah berjalan kaki sembari berjemur di bawah sinar matahari. Selain efektif menghilangkan kantuk, berjalan kaki di bawah sinar matahari akan membuat aliran darah lebih lancar. Kamu pun akan lebih segar dan terjaga sepenuhnya. 


⁠Tips Agar Tidak Ngantuk di Kantor 

Ilustrasi karyawan mengantuk saat jam kerja.

Kendati mengantuk sangat wajar, hal ini terkadang mengganggu produktivitas dan menurunkan kinerja. Nah, berikut tips agar tidak ngantuk di kantor yang bisa kamu terapkan. 

Bergerak dan beristirahat 

Kekurangan gerak dapat menyebabkan kamu mengantuk, terutama bagi kamu yang selalu bekerja di balik meja kerja atau menghadap komputer. 

Terlalu lama menatap layar komputer akan menyebabkan mata lelah dan aliran darah tidak lancar. Alhasil, kamu akan mengantuk. 

Untuk mengusir kantuk, gerakkan tubuh dan alihkan mata dari layar komputer secara berkala. Misalnya setiap 20 menit sekali. 

Cara tersebut cukup efektif untuk melancarkan aliran darah. Rasa kantuk yang muncul pun perlahan akan hilang dengan sendirinya. 

Atur pencahayaan 

Ruangan dengan pencahayaan redup bisa memicu rasa ngantuk. Untuk mencegahnya, atur pencahayaan supaya lebih terang. 

Ketika siang hari, kamu bisa membuka tirai jendela. Ruangan yang terang akan membuat mata kamu terjaga. 

Saat bekerja di malam hari, pastikan ruangan diterangi lampu yang cukup. Selain bisa mencegah ngantuk, pencahayaan yang tepat akan menjaga fungsi mata tetap baik dan optimal. 

Atur jadwal kerja 

Mengatur jadwal kerja dapat mengurangi tekanan kerja. Alhasil, kamu akan terhindar dari stres yang menyebabkan kesulitan tidur di malam hari. 

Mengatur jadwal kerja juga membuat kerja lebih terstruktur, sehingga kamu bisa mengoptimalkan waktu yang ada. 

Misalnya, pekerjaan yang selesai tepat waktu memungkinkan kamu menggunakan waktu istirahat lebih lama tanpa harus lembur di kantor. 

Berbicara dengan rekan kerja 

Ketika mulai mengantuk, alihkan rasa kantuk tersebut dengan mengobrol. Kamu bisa berbincang mengenai topik yang tengah menjadi tren atau sekadar membicarakan masalah pekerjaan. 

Berbicara dengan rekan kerja akan membuat kamu tetap terjaga dan fokus pada apa yang disampaikan. Namun, jangan sampai obrolan asyik justru menghambat pekerjaan, ya! 

Dengarkan musik energetik 

Kantuk juga bisa disebabkan oleh rasa bosan terhadap aktivitas yang sama setiap hari. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa mendengarkan musik yang memiliki irama cepat dengan suara bas yang mendominasi. 

Tak hanya bikin jadi lebih semangat, musik energetik juga dapat memperbaiki suasana hati yang buruk, serta meningkatkan kemampuan kognitif dan fokus selama bekerja. Cara ini bisa kamu terapkan sebagai cara agar tidak ngantuk saat kerja malam, lho.


⁠Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang bisa dijadikan solusi pencegahan.

Mengingat tidur berkualitas sangat memengaruhi kondisi tubuh ketika bekerja, usahakan untuk selalu membuat jadwal kerja yang wajib dipatuhi.

Jangan lupa, selalu persiapkan diri kamu untuk menembus pekerjaan impian dengan membaca
berbagai informasi dan Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK. Setelah itu, jangan lupa perbarui profil Jobstreet kamu dan temukan lowongan kerja yang tepat. 

Download aplikasi Jobstreet by SEEK di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!

Baca Juga: Mudah Lelah Saat WFH? Jadi Produktif dengan 6 Cara Ini! 


⁠Pertanyaan Seputar Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja

  1. Berapa lama waktu tidur siang yang ideal saat bekerja?
    ⁠Waktu ideal untuk tidur siang ketika bekerja adalah 20 sampai 40 menit setiap hari. Durasi tersebut cukup menyegarkan tubuh serta efektif menurunkan rasa nyeri pada otot di bagian leher dan bahu.
  2. Bagaimana cara melakukan peregangan untuk menghilangkan kantuk?
    ⁠Kamu bisa melakukan peregangan leher dengan menoleh ke kanan dan ke kiri kemudian menengadah dan menunduk. Masing-masing bagian dilakukan selama 5 detik.

    ⁠Peregangan di bagian tersebut akan melancarkan aliran darah dan membuat kamu kembali fokus. Selain leher, peregangan juga harus dilakukan pada punggung dengan cara bersandar di dinding dan kedua tangan dikatupkan dengan posisi terbalik selama 5 detik.

    ⁠Lanjutkan dengan peregangan di bagian pinggang dan pada bahu selama 5 detik. Cara ini tak hanya membuat rasa kantuk hilang, melainkan juga akan membuat tubuh kamu lebih rileks.
  3. Berapa lama waktu yang ideal untuk berjalan-jalan saat merasa ngantuk?
    ⁠Waktu yang ideal untuk menghilangkan kantuk dengan cara berjalan kaki di sekitar kantor adalah 15 menit. Sebaiknya, berjalan kaki dilakukan setelah makan siang. Selain efektif menghilangkan kantuk, kegiatan ini juga akan membakar kalori.

    ⁠Apabila waktu istirahat terbatas, kamu bisa berjalan di dekat ruang kerja selama 5 menit. Bisa juga dengan berjalan kaki 5 menit setiap 30 menit bekerja untuk mengatasi rasa kantuk tak tertahankan.

More from this category: Pengembangan karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.