Cara dan Template Membuat Surat Resign yang Baik dan Benar

Cara dan Template Membuat Surat Resign yang Baik dan Benar
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 24 October, 2022
Share

Surat pengunduran diri adalah dokumen yang memberitahu atasan kamu bahwa kamu akan berhenti dari pekerjaan. Surat ini dapat dikirimkan melalui email atau sebagai surat tercetak. Tujuannya untuk meresmikan keberangkatan kamu dari pekerjaan saat ini.

Mengundurkan diri dari pekerjaan apapun situasinya adalah keputusan yang besar dalam hidup dan harus dihadapi dengan serius. Namun, sampai saat ini masih banyak orang yang tidak tahu cara membuat suratresignyang baik dan benar.

Padahal, membuat dan mengirimkan surat pengunduran diri secara profesional adalah aspek kunci dari proses terakhir meninggalkan kesan profesional pada pemberi kerja. Mengetahui dampak surat ini, penting untuk memahami cara membuat surat resign, apa saja yang harus dimasukkan di dalamnya, dan bagaimana menulisnya.

Tapi sebelum kamu mulai menulis surat pengunduran diri kamu, pastikan kamu sudah memenuhinotice periodyang ditentukan. Berikan juga pemberitahuan secara lisan kepada manajer atau atasan kamu tentang keputusan kamu untuk untuk meninggalkan perusahaan. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk mendiskusikan pengunduran diri kamu dan lebih memahami alasan kamu pergi. Namun, sebelum kamu menulis surat pengunduran diri, kamu harus tahu apa saja sih alasan orang resign dari pekerjaannya?

Alasan Orang Resign dari Pekerjaannya

  • Tidak Ada Ruang Untuk Mengembangkan Karir

Jika perusahaan tempat kamu bekerja menawarkan promosi atau kesempatan belajar dalam jumlah yang minimum, sudah saatnya kamu mencari perusahaan yang dapat membantumu berkembang. Memiliki ruang untuk karirmu bertumbuh adalah bagian penting dan seharusnya difasilitasi oleh tempat kamu bekerja. Perusahaan yang berkualitas akan menawarkan pendidikan lanjutan sepertibootcamp, seminar, kuliah, atau bahkan bantuan kompensasi biaya kuliah.

  • Menginginkan Perusahaan yang Visi dan Misinya Lebih Jelas

Ketika kamu bekerja, tentu kamu menginginkan bekerja untuk perusahaan yang memiliki visi dan misi yang jelas. Jika tujuan perusahaan kamu tidak jelas, besar kemungkinan perusahaan tersebut terancam kestabilan bisnisnya. Hal ini tentunya akan berefek pada kestabilan posisimu sebagai karyawan.

Jika kamu bersama perusahaan yang tujuannya jelas, maka kamu pun bisa memberikan kontribusi nyata yang bisa membantu perusahaan mencapai tujuannya yang lebih besar.

  • Kinerjamu Kurang Diapresiasi

Feedbackpositif dan pujian adalah suatu bentuk bagaimana perusahaan dapat membuat karyawan mereka merasa lebih dihargai. Ketika kamu merasa kontribusi kamu diabaikan, atau kamu merasa tidak menerima cukup pujian dan pengakuan, kepuasan dan kinerja kerja kamu pasti akan turun.

Bekerja di perusahaan yang tidak memberi kamu penghargaan dapat membuat kamu merasa lelah dan kehilangan motivasi setiap harinya. Jika kamu merasakan hal tadi, ini pertanda untuk kamu berhenti dari pekerjaan kamu dan mulai mencari perusahaan yang dapat memberikan penghargaan kepada karyawan yang bekerja keras.

  • Membutuhkan tantangan baru

Setelah bekerja di pekerjaan yang sama untuk waktu yang cukup lama, kamu mulai mengenal dan terbiasa dengan semua tugas dan tanggung jawab kamu dapatkan. Tidak hanya itu, semua tugas dan tanggung jawab kamu lakukan dengan sangat baik. Ketika kamu sudah menguasai semua tugas dan peran dalam pekerjaan kamu, mungkin ini saatnya kamu untuk mempertimbangkan mencari tantangan baru.

Menghadapi tantangan baru adalah bagian alami dari pertumbuhan karir yang kamu butuhkan, terutama ketika kamu mulai tertarik untuk menguasai keterampilan baru. Ketika kamu merasa tertantang, kamu akan mendorong diri kamu sendiri untuk tampil lebih baik dan memberikan kontribusi yang lebih besar lagi untuk diri kamu sendiri dan perusahaan kamu. Selain itu, tantangan baru dapat meningkatkan kepercayaan diri dan menambah pencapaian baru.

  • Menginginkan lingkungan kerja yang berbeda

Setiap perusahaan memiliki lingkungan kerja yang berbeda-beda. Ini bisa berupa struktur gedung tempat kerja yang seperti kantor yang tertutup, tata ruang terbuka, atau berbilik-bilik. Selain itu, ini juga bisa merujuk pada budaya perusahaan, apakah lebih santai atau kaku dari segi hubungan sosial dan profesional.

Kamu pasti menginginkan pekerjaan yang menawarkan lingkungan kerja paling nyaman untuk kamu bekerja. Tapi, ketika lingkungan kerjamu memiliki kebiasaan yang diskriminatif dantoxic, sudah saatnya kamu mencari pekerjaan baru. Rekan kerja, atasan, dan lingkungan kantor yang cenderung negatif dapat mempersulit pekerjaan dan menghambat perkembangan karir kamu.

Baca juga: Junjung Keberagaman, Ini Manfaatnya untuk Lingkungan Kerja yang Baik!

Struktur Membuat Surat Resign

Lalu, bagaimana cara membuat suratresign? Ketika kamu menulisnya, usahakan suratmu tetapto the point. Karena surat pengunduran diri adalah surat transaksional, jangan sampai surat pengunduran kamu menjadi berbelit-belit.

Tulislah secara singkat dan jelas kapan kamu akan pergi dan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya. Jika kamu tidak memiliki rencana atau peluang berikutnya, tidak apa-apa untuk tetap samar seperti "Saya ingin menjelajahi tahapan berikutnya dalam karir saya," atau alasan yang serupa sudah cukup.

  • Awal

Jika kamu menulis surat pengunduran diri kamu berbentukhard copy, gunakan standar format surat bisnis dengan tanggal dan informasi kontak kamu di bagian atas halaman.

Jika kamu mengirim surat pengunduran kamu melalui email, kamu cukup menuliskan subjek e-mail-mu dengan “Pengajuan Pengunduran Diri - [Nama kamu]” Sebelum masuk ke isi surat, kamu juga bisa menambahkan detail lain seperti department asal kamu, jabatan yang kamu pegang sekarang, dan nomor NIK kamu.

  • Isi

Di awal paragraf, nyatakan dengan singkat, padat, dan jelas bahwa kamu menulis untuk mengajukan pengunduran diri resmi dari posisi kamu di perusahaan. Sertakan juga tanggal dan hari terakhir kamu bekerja.

Kamu bisa memberitahukan alasan kamu meninggalkan perusahaan. Namun, hal ini optional. Surat pengunduran diri bukanlah tempat terbaik untuk mengatakan bahwa kamu tidak senang dengan manajemen yang buruk. Usahakan untuk menjagatonepositif pada suratmu.

Jangan lupa untuk menulis tanda terima kasih kamu kepada perusahaan atau atasan kamu karena telah memberimu kesempatan untuk bekerja. Selain itu, kamu bisa menjelaskan beberapa hal penting yang kamu nikmati dan pelajari di tempat kerja. Penting untuk kamu ingat bahwa kamu bisa menjadikan atasan kamu sebagai referensi suatu hari nanti. Jadi, hindari menulis sesuatu yang kontroversial, vulgar, atau bahkan menyinggung.

Di paragraf terakhir, kamu bisa menawarkan bantuan kamu untuk mempermudah masa transisi. Kamu tidak perlu menjelaskan secara rinci atau sampai menjanjikan sesuatu ke perusahaan. Kamu cukup menulis beberapa baris yang meyakinkan bahwa kamu akan memastikan menyelesaikan semua sisa tugas kamu dengan lancar. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu orang yang profesional dan berkomitmen hingga akhir.

  • Penutup

Kamu bisa mengakhiri surat pengunduran diri kamu dengan salam penutup dan tanda tangan.

Ketika kamu ingin mengundurkan diri dari perusahaan, kemungkinan besar kamu akan berbicara dengan atasan kamu. Ini adalah saat yang tepat untuk kamu membahas alasan kenapa kamu memutuskan untuk pergi dari tempat kerja kamu sekarang.

Berikan setidaknyaone month noticekepada manajer agar mereka memiliki waktu menemukan pengganti yang cocok untuk posisi yang kamu tinggalkan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Agar kamu bisa lebih terbayang dalam menulisnya, berikut adalah contoh surat pengunduran diri sederhana.

Jakarta, 17 Februari 2022 Yang terhormat,HRD PT Karya NusantaraDi Bandung.Saya yang bertanda tangan di bawah ini:Nama : Fauzi KusumaNIK : 2032084612679Jabatan : Desain GrafisMelalui surat ini, saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri sebagai Desain Grafis di PT Karya Nusantara terhitung mulai 16 Maret 2022. Saya ucapkan terima kasih karena PT Karya Nusantara sudah memberikan saya kesempatan untuk bekerja dan berkembang selama 3 tahun ke belakang.  Pengalaman yang saya dapatkan sudah memberikan dampak positif bagi rencana karir saya ke depannya. Selain itu, saya juga ingin ucapkan banyak terima kasih atas ilmu, pengalaman, dan kerja sama dalam mencapai tujuan perusahaan. Tidak lupa saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan yang mungkin sempat saya lakukan dan meninggalkan kesan buruk selama bekerja di PT Karya Nusantara. Dalam upaya untuk memperlancar transisi ini, saya bermaksud untuk menyelesaikan proyek desain akhir saya pada tanggal 5 Maret dan mendelegasikan semua tanggung jawab lainnya kepada anggota tim yang bersangkutan. Demikian surat permohonan pengunduran diri saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Hormat saya,[Tanda tangan]Fauzi Kusuma

Itu dia tips-tips dan cara membuat surat resign. Jika kamu merasakan lima hal yang tadi disebutkan, jangan takut untuk mengundurkan diri dari pekerjaan kamu ya! Mengundurkan diri dari pekerjaan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti. Justru, ini bisa saja menjadi awal dari pintu kesempatan baru dan lebihimpactfuluntuk kemajuan dirimu.

Siap membukachapterkarir barumu? Yuk, mulai pencarian pekerjaan baru bersama JobStreet!

Lewat job portal kami, dapatkan lowongan kerja yang paling cocok dengan dirimu. Mulai dari posisi dengan kualifikasi yang sesuai, deskripsi pekerjaan yang jelas, hingga range gaji yang kamu inginkan.

Tunggu apa lagi? Yuk mantapkan persiapan dan profil JobStreetmu sekarang!

Inginupdateinformasi tentang dunia kerja kamu dengan mudah, bahkan saat kamu sedang bepergian? Kamu bisa gunakanmobile appJobStreet dengan mengunduhnya di Google Play Store dan Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.