Cara Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Job Fair

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja untuk Job Fair
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Meskipun pandemi COVID-19 belum mereda, jangan patah semangat dalam mencari pekerjaan yang berarti bagimu. Buktinya, semakin banyak Job Fair virtual yang diadakan oleh perusahaan perekrut. Suasananya mungkin tidak seperti saat kamu menghadiri Job Fair langsung. Namun yang pasti, jangan sampai  kesempatan terbaik ini terlewatkan untuk meraih pekerjaan impianmu.

Demi mendapatkan pekerjaan yang sesuai, kamu harus piawai dalam menyusun surat lamaran kerja. Hal ini penting karena surat lamaran tersebut adalah tiket awal kamu dalam menarik perhatian perekrut. Jika surat lamaranmu buruk, perekrut tidak akan tertarik membacanya. Seketika kesempatanmu mendapatkan pekerjaan pun hilang.

Namun, jangan khawatir! Kali ini, JobStreet akan membantumu dalam membuat surat lamaran untukjob fair. Karena semuanya serbaonline, kamu hanya perlu membuat surat lamarannya di laptop atau komputermu. Setelah selesai, periksa kembali isi suratnya. Lalu kirim melalui e-mail. Mudah, kan?

Lalu, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja untuk job fair? Berikut tujuh unsur surat lamaran job fair yang sering dipakai pelamar untuk melamar pekerjaan.

  1. Kepala surat

Bagian ini digunakan untuk mengawali surat lamaran kerja. Tuliskan tempat dan tanggal surat lamaran kerja di pojok kanan atas dari surat lamaran. Contohnya:

Yogyakarta, 12 Februari 2021

Perhatikan bahwa penulisan nama tempat menggunakan huruf kapital. Selain itu nama tempat dan tanggal dipisah dengan tanda koma (,).

  1. Alamat perusahaan yang dituju

Tuliskan alamat perusahaan yang ingin kamu lamar dengan lengkap. Agar tidak salah dalam menuliskan alamat perusahaan, kamu bisa cek alamat lengkapnya di laman web resmi perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa cek alamatnya di Google Maps.

Menulis alamat perusahaan dengan lengkap dan benar menandakan keseriusan kamu dalam melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Contoh penulisan alamat lengkap perusahaan:

Yth. Bapak/Ibu HRD PT Maju Bersama IndonesiaJalan Affandi No. 24Yogyakarta

  1. Salam dan pembuka surat

Setelah menuliskan kedua hal di atas, buka isi surat dengan menuliskan salam yang sopan. Kemudian, tuliskan pembuka surat yang berisikan tujuan kamu melamar ke perusahaan tersebut. Contohnya:

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapat melalui JobStreet, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Content Strategist.

  1. Isi surat

Isi surat memuat data diri dan alasan kamu melamar lowongan di perusahaan. Jangan dibuat berbelit-belit dan langsung saja ke inti permasalahan. Contoh:

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Riko SiahaanTempat, tanggal lahir: Sibolga, 28 Juli 1999Pendidikan terakhir: S1 Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah MadaAlamat saat ini: Jln. Sunan Giri, No. 35B, Sleman, DIYTelepon/e-mail: +6289895656231/ [email protected]

merupakan lulusan baru dari Program Studi Ilmu Komunikasi dengan predikat terbaik. Saya berpengalaman dalam merancang dan mendesain konten, fasih berbahasa Inggris dan Mandarin, serta terbiasa dengan lingkungan kerja dengan ritme cepat dan dinamis.

  1. Lampiran

Di bagian ini, kamu bisa melampirkan dokumen persyaratan dari lowongan yang kamu lamar. Kamu bisa menyertakan CV/resume/daftar riwayat hidup, transkrip nilai, ijazah, sertifikat keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, sertifikat bahasa (TOEFL, N1-N5, IELTS), dan pas foto terbaru.

Untuk memudahkan perekrut, satukan semua lampiran dalam bentuk .pdf. Perhatikan juga besaran filenya. Pastikan besaran file tiap lampiran tidak lebih dari 1 MB. Gunakan aplikasifile compressoryang ada di web untuk mengecilkan ukuran file.

  1. Penutup surat

Di bagian ini, kamu bisa jelaskan bahwa kamu memiliki harapan yang besar agar diterima di perusahaan yang kamu lamar. Jangan lupa untuk menuliskan terima kasih saat mengakhiri surat lamaranmu. Contohnya:

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat menerima saya untuk bekerja di perusahan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

  1. Tanda tangan dan nama pelamar

Tuliskan namamu dan bubuhkan tanda tangan di akhir surat. Kamu bisa menandatangi langsung surat lamaran dengan materai atau kamu bisa menggunakan fitur tanda tangan elektronik.

Tertarik untuk mulai menulis surat lamaranmu sendiri? Terapkan tujuh unsur surat lamaran job fair di atas agar kamu semakin cepat mendapatkan pekerjaan yang berarti.

Selain itu, kunjungi juga laman JobStreet untuk menemukan beragam lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi yang kamu miliki. Dapatkan juga saran dan tips menarik dalam melamar pekerjaan melalui Halaman Tips Karier.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.