Cara Membuat CV untuk Teknisi Komputer dan Jaringan Pemula

Cara Membuat CV untuk Teknisi Komputer dan Jaringan Pemula
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Sekilas, memasuki dunia kerja profesional tanpa pengalaman terlihat sulit. Apalagi kalau kamu ingin masuk ke bidang yang amat teknis seperti komputer dan jaringan yang sangat menuntut pengalaman kerja.Skills, CV,pengalaman, hingga sertifikasi merupakan poin-poin penting yang disorot perekrut.

Sebenarnya kamu tidak perlu khawatir. Hanya karena kamufresh graduateyang baru saja lulus kuliah, bukan berarti kamu tidak akan sama sekali dilirik perekrut. Yang penting kamu tahu dan bisa mengelaborasi kelebihanmu sebagai nilai jual kepada perusahaan.

Berikut tips yang bisa kamu simak untuk inspirasi pembuatan CV teknik komputer dan jaringan:

  • Cantumkan semua pengalaman mengenai komputer dan jaringan

Karena kamu belum punya banyak pengalaman profesional, jangan ragu untuk tetap sebutkan pengalaman teknis, sekecil atau sebesar apapun itu. Rincikan dengan jelastools, sistem, dan masalah (troubleshoot) apa yang berhasil kamu selesaikan di proyek tersebut. Bagian ini dapat membantu perekrut meninjau keterampilan dasar teknismu.

Contoh pengalaman:

Magang Teknisi Komputer & Jaringan di UMKM Karawang (2019-2020)

  • Migrasi 150 user dari Open XChange ke Microsoft Exchange Server 2016
  • Mengoptimasi peningkatan kecepatan hingga 80%
  • Menganalisis risiko masalahdata centeruntuk pencegahan
  • Hindari penggunaan kata-kata “keren”

Jangan gunakan kata-kata trendi seperti “tech-savvy” atau “technophile” ketika menggambarkan gairahmu terhadap bidang ini. Pilihan kata tersebut hanya akan mengurangi kesan profesional. Ganti ekspresi semacam ini dengan menjabarkanskillteknis yang kamu miliki seperti, “Menguasai LAN/WAN”, atau “Mahir dalam manajemen infrastruktur”. Dengan demikian, si perekrut akan mendapatkan gambaran atas kemampuanmu

  • Jabarkanskillsdengan rinci dan berkonteks

Ketika menjabarkan pengalaman danskillsgunakan teknik STAR (Situation, Task, Action, Result).Situationberarti contoh sebuah pengalaman yang pernah kamu lalui.Taskberisi tentang tugas dan tanggung jawabmu di situasi tersebut.Actionberarti tindakan yang kamu lakukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Terakhir,Resultberarti bagaimana hasil akhir dari tindakanmu tersebut. Pastikan pengalaman danskillsyang kamu ceritakan di CV berkaitan erat dan berkonteks sehingga perekrut memahami cara kamu memecahkan masalah.

Misalnya kamu memetakan STAR sebagai berikut:

S- Operasional komputerisasi UMKM terhambat karena kecepatan dan kelancaran

T- Meningkatkan efektivitas operasional UMKM

A- Migrasiuserkemail serveryang lebih modern dan cepat, mengupgraderouter, dan meninjaudata center.

R- Kecepatan komputerisasi antar anggota UMKM meningkat 80%

Maka kamu bisa menjelaskan pengalaman tersebut di CV sebagai berikut:

“Meningkatkan efektivitas komputerisasi di UMKM sebanyak 80% dengan migrasimail server, mengupdate router, dan meninjaudata center.”

  • Hindaritypodalam penulisan hal-hal teknis

Karena industri kamu berkutat dengan hal-hal teknis yang terkadang memiliki penulisan yang membingungkan, pastikan kamu menulis sesuai kaidah. Ini mencerminkan pemahaman baik dan ketelitian tinggi dalam pekerjaanmu. Contohnya:

SALAHBENAR
Ipv4 & Ipv6IPv4 & IPv6
Microsoft exchange server 2016Microsoft Exchange Server 2016
tcp /ipTCP/IP

  • Sebutkan pelatihan/sertifikasi yang kamu punya

Jika kamu sudah punya sertifikasi CCNA, pastikan kamu menyebutkan tahun dan instansi yang memberikan. Namun, jika kamu belum punya sertifikasi sama sekali, cantumkanworkshopatau pelatihan yang pernah kamu ikuti. Hal ini menarik bagi perekrut karena berarti kamupassionatemencari ilmu terkait di luar pendidikan utama. Contoh penulisannya sebagai berikut:

Pelatihan:

Training Jaringan Modern Terapan Pabrik

September-November 2021

di Lembaga Pelatihan Komputer NetLab

  • Pengumpulan data dan skema topologi pabrik
  • Instalasi kabel jaringan skala besar
  • Konfigurasiswitchpada jaringan

Kelima tips di atas dapat menjadi fondasi awal penulisan CV kamu. Jadi, kamu tidak perlu resah mengejar “CV yang sempurna”. CV adalah riwayat karier yang tidak akan ada ujungnya sehingga harus selalu diupdateseiring bertambahnya pengalaman dan ilmu.

Jika kamu perlu mengupdate CV dengan cepat atau saat sedang repot di jalan, kamu bisa menikmati kemudahan mobile app dari JobStreet. MengupdateCV semudah dan secepat update di medsos! Kamu juga bisa dengan mudah membaca tips karier dari JobStreet. Selamat melamar!

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia ,gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.