Cara Membuat CV Fresh Graduate untuk Digital Marketing

Cara Membuat CV Fresh Graduate untuk Digital Marketing
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Dalam meraih kesuksesan sebuah bisnis, memasarkan produk atau jasa merupakan kunci utama. Pemasaran ini bertujuan untuk mempertemukan konsumen dan pebisnis sehingga konsumen mendapatkan produk atau jasa yang mereka butuhkan, dan pebisnis mendapatkan profit semaksimal mungkin dari penyediaan produk.

Seiring dengan perkembangan teknologi, muncul istilahdigital marketing. Berbagai profesi di bidang pekerjaan ini semakin dibutuhkan di dalam industri pemasaran digital. Salah satu fungsi pentingnya ialah meningkatkanexposure brandperusahaan dan menambahengagementcalon konsumen, serta mempertahankan loyalitas konsumen lama.

Istilahdigital marketingmungkin masih terdengar asing bagi banyak orang. Penasaran dengan informasi lebih lanjut mengenaidigital marketingdan bagaimana cara membuat CV untukfresh graduateberbagai profesi di bidang tersebut? Yuk simak artikel berikut!

Fungsidigital marketing

Digital marketingsecara garis besar adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan secara digital. Fungsi-fungsi dasardigital marketingmemang tidak jauh dari marketing pada umumnya. Namun, terdapat perbedaan diantara keduanya.

Walaupun keduanya merupakan kegiatan memasarkan produk, metodenya berbeda. Kini, seiring berkembangnya teknologi, kegiatan pemasaran yang biasanya dilakukan secaraofflinemelalui brosur, iklan di televisi,banner,billboard, dan lainnya beralih menjadi konten-konten di media sosial seperti video singkat,review, testimoni produk, infografis digital, hingga iklan berbayar yang ditawarkan oleh berbagaiplatformsosial media.

Keuntungan utama dari sistemdigital marketingyakni perusahaan dapat melakukan pemasaran tanpa melakukan tatap muka dengan calon konsumen. Sebanyak 171.26 juta penduduk Indonesia kini merupakan pengguna internet. Fenomena ini merupakan kesempatan emas bagi perusahaan untuk memasarkan produknya melalui internet. Karena itu, banyak perusahaan mulai mengubah anggaran yang biasanya dikhususkan untuk pemasaranoffline, kini dialihkan untukdigital marketingagar pemasaran produk atau jasanya semakin optimal.

Selain itu, situasi pandemi yang membatasi interaksi langsung juga semakin menjadi faktor yang semakin membuat berbagai profesi di bidang industri ini semakin banyak dicari perusahaan, lho. Bahkan, prospek karier di bidang ini terus berkembang seiring dengan semakin banyaknya bisniscreative agencydi Indonesia.

Berbagai profesidigital marketingyang paling dicari

Ketika sedang mengakses JobStreet untuk melamar kerja, kamu mungkin masih merasa asing denganjob deskdari setiap profesi di bawah ini. Namun, tidak perlu khawatir! Walaupun terlihat asing, kamu akan dengan mudah memahami tugas-tugasnya karena tumbuh besar di era digital.

Jika kamu memiliki ketertarikan terhadap media sosial, pasti kamu akan lebih mudah memahami profesi-profesidigital marketingyang paling dicari perusahaan berikut ini:

  • Content Strategist

Saat berselancar di sosial media, kamu pasti sering melihat perusahaan atauonline shopdenganfeedsyang rapi dan isi konten yang seragam. Atau, ketika melihat di aplikasistreamingvideo,channelfavoritmu melakukan upload terjadwal setiap minggunya. Dan mungkin, jika saat ini kamu sedang mencari pekerjaan di situs JobStreet, kamu melihat ada banyak sekali tips karier yang tersedia.

Biasanya, dalam konten-konten yang terlihat konsisten dan terencana, orang yang bertanggung jawab dalam membuat perencanaan konten tersebut adalahcontent strategistataucontent planner. Seorangcontent strategistbertanggung jawab untuk memastikan bahwa strategi konten-konten dancampaignyang dibuat sesuai dengan tujuan yang ingin diraih oleh klien.

Lihat lowongancontent strategistdi sini.

  • Content Creator

Mari bergerak ke hal-hal yang menjadi bagian daricontent strategist. Salah satunya adalahcontent creatoryang memiliki tugas untuk memproduksi konten yang berisicampaign brand. Konten-konten yang dibuat ini dapat berupa video, tulisan, hingga desain grafis.

Tiga hal ini merupakan jenis-jenis konten yang biasa ada, namun biasanya terdapat  profesi terpisah karena membutuhkan tambahan keahlian khusus. Misalnya,content creatordalam bentuk video disebut videografer dan video editor, sedangkan sebutancontent writerdancopywriterdiperuntukkan jika hasil konten yang diproduksi berupa tulisan. Ditambah lagi, jika konten yang dihasilkan berbentuk gambar digital, biasanya kita mengenalnya dengan sebutangraphic designer, illustrator,dan fotografer.

Lihat lowongancontent creatordi sini.

  • SEOSpecialist

Dalam penulisan artikel di situs web dibutuhkankeywordstertentu agar artikel dapat berada di daftar teratas dalam pencarian Google sehinggaengagementpembaca dapat semakin maksimal.Search Engine Optimization(SEO) specialist bertugas untuk melakukan analisis terhadapkeywordstersebut. Dalam kondisi tertentu, SEO specialist juga harus menganalisiskeywordsyang digunakan oleh kompetitor agar artikel yang ditulis oleh pihak perusahaan tetap mendapatkanengagementterbanyak.

Lihat lowongan SEO specialist di sini.

  • SEM Specialist

Biasanya profesi SEO Specialist dan SEM Specialist selalu berhubungan. Jika SEO berfokus pada pencariankeywordsagar pencarian halaman di mesin pencarian menjadi optimal secara organik, Search Engine Marketing (SEM) specialist menitikberatkan pada strategi pengoptimalan pencarian halaman secara berbayar. Umumnya SEM specialist akan sering bekerja dengan Google Ads dan sejenisnya. Sama seperti SEO Specialist, tanggung jawab SEM Specialist adalah memastikan bahwa website memiliki visibilitas yang tinggi pada mesin pencarian.

Lihat lowongan SEM Specialist di sini.

  • Social Media Specialist

Profesi Social Media Specialist secara garis besar bertanggung jawab atas semua media sosial yang dimiliki olehbrandatau perusahaan. Tanggung jawab kerjanya antara lain merencanakan dan pembuatan konten, berinteraksi dengan pengguna media sosial, membuatkey performance indicator,hingga membuat laporan berisi statistikengagementyang didapat dan hasil analisis data tersebut. Tujuannya adalah untuk menjadikan media sosial brand atau perusahaan sebagai media untuk mengenalkanbrand, membangun komunitas yang berkelanjutan, dan meningkatkan penjualan.

Lihat lowongan Social Media Specialist di sini.

Cara membuat CV untuk profesi di bidangdigital marketing

Dalam membuat CV, kamu harus memastikan bahwa isinya menggambarkan dirimu dengan baik. Karena itu, kamu harus memastikan untuk menuliskan informasi dengan benar dan tidak memanipulasi informasi apapun. Jika kamu memiliki transferable skillsyang dibutuhkan oleh perusahaan, jangan lupa untuk tetap jujur dalam mendeskripsikannya.  Jika diperlukan, kamu juga dapat mendesain CV dengan format tertentu agar terlihat lebih menarik dan profesional.

Baca juga: 5 Kesalahan CV Lulusan Baru saat Melamar Kerja

Lebih dari itu, sebenarnya ada banyak tips dalam membuat CV yang dapat kamu aplikasikan jika ingin dilirik sebagai kandidat terbaik untuk industridigital marketing. Berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Menunjukkan minat yang tinggi terhadap media sosial

Hal yang utama ketika membuat CV jika kamu ingin bekerja di bidangdigital marketingadalah menunjukkan minat yang tinggi pada bidang ini. Pastikan untuk menulis tentang dirimu dengan efektif di bagian “tentang saya”.

Ketika mempertimbangkan seorang kandidatfresh graduate, perusahaan harus memastikan bahwa kandidat memiliki minat yang tinggi terhadap bidang yang ia lamar sebagai faktor yang menentukan performa kerja mereka untuk kesuksesan perusahaan di masa yang akan datang.

Untuk menunjukkan minat dalam digital marketing, kamu dapat menyebutkan bahwa kamu memiliki komunitas di media sosial yang memberikan edukasi tentang topik spesifik, misalnya seputar kecantikan. Selain dari itu, kamu dapat menunjukkan minatmu melalui pembuatan konten di media sosial tentangdigital marketing.

  • Menonjolkanskilldi bidangdigital marketing

Selain dari minat yang tinggi, kamu dapat menuliskan berbagaiskillyang berkaitan erat dengan optimalisasi tugas kerja di bidangdigital marketing. Walaupun belum pernah bekerja, jangan khawatir! Kamu dapat menunjukkanskillmelalui pengalaman organisasi yang kamu ikuti. Sebagai contoh, jika kamu ingin melamar sebagaicontent writer, kamu dapat menuliskan pengalaman kamu dalam menulis di komunitas pers mahasiswa atau departemen media dan informasi himpunan di kampus.

Tidak hanyahard skills, namunsoft skillsjuga dapat kamu tuliskan di CV. Perhatikansoft skillsapa yang akan semakin mempermudah efisien kerja untuk posisi yang ingin kamu lamar. Misalnya, kemampuanmultitaskingyang sudah pasti sangat dibutuhkan oleh berbagai profesi di bidangdigital marketingdalam menghadapi beberapa permintaan dan revisi dari klien dalam satu waktu yang sama.

  • Membangunself-brandingdi media sosial

Karenadigital marketingmerupakan kegiatan pemasaran digital, seseorang yang bekerja di bidang ini harus paham benar cara menggunakan dan memanfaatkan media sosial dengan maksimal. Karena itu, citra atau persona yang kamu bangun di media sosial juga dapat menjadi salah satu faktor pertimbangan perusahaan dalam merekrutmu.

Kamu dapat memulai dengan menunjukkan sisi terbaik dirimu. Tunjukkan minatmu dan kembangkan profilmu dengan membuat konten-konten yang akan mendukung citra baikmu. Dengan menunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang baik, kamu dapat semakin meyakinkan pihak perusahaan bahwa kamu adalah calon karyawan yang dapat diandalkan.

Jangan lupa untuk membuat konten positif yang relevan dengan perkembangan tren yang ada karena seseorang yang bekerja di bidang ini harusup to datedengan tren serta berita yang tengah diminati oleh penggunaplatformtersebut. Maka dari itu, buat dirimu menarik dengan menampilkan pengetahuanmu tentang tren terkini sehingga calon perusahaan dapat mengetahuinya.

  • Menyertakan pelatihan atau magang yang relevan

Pada bagian “pengalaman” dalam CV, kamu dapat mengisinya dengan pengalaman magang kamu yang berhubungan dengandigital marketing. Namun, isi pengalaman magang yang kamu tulis tidak khusus terbatas di bidangdigital marketingsaja. Sebagai contoh, jika kamu pernah magang di perusahaanmarketing. Skill dasar pemasaran ini dapat dikembangkan untuk spesialisasi bidangdigital marketingjika dipelajari lebih dalam.

Selain dari pengalaman magang, kamu juga dapat menuliskan pengalaman mengikuti berbagai pelatihandigital marketingsecaraonline. Dengan menyertakan pengalaman ini, perekrut dapat menilai pemahaman dan antusiasmu terhadap bidang tersebut.

Jika kamu ingin belajar tentang digital marketing, JobStreet menghadirkan FutureLearn yang menawarkan berbagai kelas pelatihan mengenaidigital marketing, copywriting,marketing analytics,hingga pembuatan strategi konten lainnya secara mendalam dan komprehensif dari pakar di bidangnya.

Jika sudah menulis semua informasi yang relevan di dalam CV, jangan lupa untuk mengoreksi tulisan dan desainnya. Jangan sampai ada kesalahan penulisan atau tata bahasa yang dapat membuatmu terlihat tidak teliti dan kurang profesional. Kamu juga bisa mendapatkan saran dan masukan dari rekan atau keluargamu dengan meminta mereka membaca keseluruhan CV yang telah dibuat. Kemudian, jika sudah memperbaiki bagian yang dirasa kurang, kamu dapat langsung melamar profesi yang kamu inginkan.

Jika kamu masih bingung cara terbaik membuat, JobStreet hadir untuk membantumu semakin dekat dengan pekerjaan impian di bidangdigital marketingdengantemplateCVfresh graduate.Berikut contoh yang dapat kamu sesuaikan dengan posisi yang akan kamu lamar:

Arya Bima Cakra(123-456-7890)aryabimachakra @mymail.com Saya adalah seorangdigital marketing enthusiastyang memiliki minat menjadicontent writeryang mampu mengomunikasikan nilai, identitas, serta produk sebuahbrandsecara detail, interaktif, dan efektif. Dengan memiliki pengalaman aktif berorganisasi sebagai ketua sekaligus penulis artikel, saya mencari peluang untuk semakin mendalami dan membangun karier berkelanjutan sebagaicontent writer.Pengalaman Organisasi     Head of Media and Information Department - BEM Universitas Singaparna 2019-2020
  • Merancang dan membuat konten sosial media untuk satu periode
  • Bekerjasama dengan panitia program kerja BEM untuk kampanye program kerja
  • Meningkatkan interaksi dengan keluarga mahasiswa di seluruh media sosial BEM
Ketua Umum - PERS Mahasiswa Universitas Singaparna 2017-2018
  • Memimpin dan mengkoordinasi 50 anggota PERS
  • Melaksanakan program kerja tahunan interaktif untuk seluruh mahasiswa Universitas Singaparna bertajuk “Best Ways to Succeed Your College Life”
  • Merencanakan dan mengadakan survei liputan dan narasumber bersama tim redaksi.
  • Menulis artikel untuk rubrik “Campus Lifestyle” dalam website organisasi.
Marketing Volunteer - Management Study for Charity 2017
  • Melakukan survei terhadap donatur guna mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.
  • Merancang dan membuat konten sosial media untuk mengkampanyekan program.
Magang
  • Shop at Mademoiselle | September 2021-December 2021
Digital Marketing Specialist- Bekerjasama dengan tim dalam membuateditorial plandancontent plan- Membuat laporansocial media analyticsbersama dengan tim- Bertanggung jawab dalam pembuatan kontenawarenessPelatihan
  • JobStreet for FutureLearn:Basic in Digital Marketing(September 2021)
  • Rutgers University:Basicin Management(January 2021)
  • Macquarie University:Excel Skills for Business Specialization(October 2020)
Pendidikan TerakhirS-1 Manajemen Universitas Singaparna (2016-2020)IPK 3,40Kemampuan
  • Penguasaan Bahasa Inggris (TOEFL ITP - 550)
  • Penguasaan Microsoft Office dan Google Workspace
  • Dapat bekerja dan terlatih untuk berpikir kritis
  • Mengoperasikan Facebook Ads Manager

Nah, demikian beragam informasi tentangdigital marketingdan cara membuat CV untuk bekerja di bidang tersebut. Jika kamu mempertimbangkan untuk melamar, pastikan bahwa kamu memiliki minat yang kuat dan keterampilan yang dibutuhkan agar proses rekrutmen kamu berjalan dengan lancar, ya!

Jikadigital marketingternyata belum menjadi minatmu, jangan khawatir! Kamu dapat menemukan lebih banyak informasi mengenai beragam profesi di bidang lain dengan laman Tips Karier. Namun, jika kamu merasa yakin dengan bidang ini, tunggu apalagi? Ayo langsung perbarui profilmu dan lamar pekerjaan di bidangdigital marketingsekarang juga!

Jangan lupa untuk akses mudah untuk melamar dimana pun dan kapan pun dengan download aplikasi JobStreet di Google Play Store dan Apple App Store.

Semoga beruntung!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.