Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Saat Pandemi

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Saat Pandemi
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan di Masa Pandemi

Cara Cepat Mendapat Pekerjaan di Masa Pandemi

Pandemi belum berakhir dan kamu masih mencari kerja. Kamu mungkinfresh graduate,korban PHK, atau pekerja yang mencari peruntungan yang lebih baik. Dengan keadaan yang kian mendesak, kamu butuh segera mendapatkan pekerjaan yang dapat mendukung kehidupan yang lebih aman dan nyaman. Apapun latar belakangmu, kamu butuh cara mendapat pekerjaan dengan cepat khususnya di kala pandemi. Lalu, dari mana kamu harus memulai?

Ibarat bertempur, kamu harus memahami medan agar bisa memutuskan strategi ke depannya. Kamu pun harus memahami lebih dahulu lanskap bursa kerja, khususnya di bidang yang kamu sedang geluti, di masa pandemi. Dengan pandemi yang masih berlangsung, proyeksi angka pencari kerja sepertinya akan terus bertambah. Sekilas bursa kerja nampak ramai dengan kompetisi, ditambah lagi keadaan industri sedang tidak menentu. Karena itu kamu perlu menyiapkan dan menguatkan diri dengan baik.

Apakah menyiapkan CV dan melamar saja sudah cukup? Bagaimana kiatnya agar proses pencarian kerja tidak memakan waktu lama? Apa yang perlu kamu pertimbangkan ketika melamar kerja di tengah pandemi? Kamu dapat menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut di artikel ini. Berikut cara melamar kerja agar cepat diterima dalam 4 langkah:

1. Buat strategi dasarmu untuk mendapat pekerjaan

Kamu butuh mendapatkan pekerjaan dengan cepat, maka jangan buang waktumu untuk coba-coba dalam melamar. Di awal, pastikan kamu tahu pekerjaan seperti apa yang cocok dengan keterampilan dan pengalamanmu, perusahaan mana yang memiliki kultur kerja yang cocok denganmu, dan melakukan survei gaji agar tahu berapa tepatnya target gaji yang akan kamu miliki. Hindari konsep "lamar dulu, pikirkan nanti", karena, ingat, jika kamu ingin dapat pekerjaan dengan cepat, sebaiknya setiap langkahmu matang mengarah ke target yang dituju.

Kamu bisa mulai dengan mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan diri, pengalaman, serta industri yang kamu inginkan. Agar lebih mudah memetakan hal-hal mendasar ini, kamu dapat mencontoh atau langsung menggunakantemplate tabel perencanaan karir. Dengan begitu, kamu memiliki pegangan yang jelas ketika mencari lowongan, memilih perusahaan, atau saat mendeskripsikan tujuan karir di surat lamaran. Percayalah, investasi beberapa menit untuk langkah ini akan menghemat waktumu di masa depan.

Berdasarkan perencanaan tersebut, mulai cari lowongan melaluiplatformyang kamu sukai. Di masa pandemi ini, lebih efektif bagi pencari kerja dan perekrut untuk bertemu dijob portalsecara sepenuhnyaonline,mengingat acaraofflinesepertijob fairmungkin dibatasi. Pastikanjob portaltersebut terpercaya, profesional, dan bebas drama sehingga kamu dapat menemukan lowongan yang cepat dan tepat. Buat akun dijob portalatau, jika kamu sudah punya akun, perbarui profilmu agar terlihat menarik.

2. Siapkan CV versi terbaik yang kamu miliki

CV terbaik adalah CV yang berisi informasi terakurat dan terbaru tentangmu. Pastikan pula CV terlihat informatif, profesional, menarik, dan tentunya bebastypoatau saltik. Banyak sekali tips menyusun CV yang bisa kamu temukan di laman Tips Karir ,bahkan kamu bisa menemukantemplateCV yang bisa langsung kamu unduh sebagai contoh. Temukanlah konsep CV yang kamu rasa paling cocok untuk mendeskripsikan kepribadian dan perjalanan karirmu.

Tuliskan informasi pengalaman kerja, besertajob descyang pernah kamu kerjakan dengan jelas dan akurat. Ini adalah bagian paling penting pada CV yang dilihat oleh perekrut. Jadi, benar-benar perhatikan rincian yang kamu tulis di deskripsinya. Selain itu, urutkan pengalaman kerja atau pelatihan dari yang paling baru ke yang paling lama. Perekrut akan otomatis membaca cepat dari atas ke bawah, maka pastikan pengalaman terbaru yang merupakan nilai jualmu sebagai kandidat adalah yang paling pertama dilihat perekrut.

Pertimbangkan desain CV yang terlihat bagus secaraonlinemaupunoffline. Di masa pandemi ini kemungkinan besar CV-mu akan dilihat oleh perekrut secaraonlinedalam bentukfile. Namun, ada juga perekrut yang kemudian mencetakfileCV-mu agar lebih mudah diarsipkan atau dibagikan ke tim internal perusahaan. Karena itu, jika lowongan kerja tidak spesifik menyebutkan syarat format CV, sebaiknyafileyang kamu kirim nanti adalah dalam format PDF sehingga CV akan memiliki tampilan yang sama secaraonlinedanoffline.

3. Urutkan prioritasmu dalam melamar kerja

Buat daftar prioritas berisi lowongan yang akan dilamar agar kamu tahu pasti mana yang butuh fokus lebih. Ketika dihadapi dengan berbagai peluang, kita perlu menuliskannya dalam catatan untuk meminimalisir kebingungan yang nantinya akan sangat menghemat waktu. Lagi-lagi, jika kamu berharap mendapat pekerjaan dalam waktu cepat, menginvestasikan sedikit waktu di awal dengan persiapan semacam ini sangatlah penting.

Buat tabel sederhana (bisa disoftwareseperti Microsoft Excel atau di kertas biasa) untuk mencatat semua lowongan kerja yang kamu minati. Informasi yang dibutuhkan mencakup nama perusahaan, posisi, dan tenggat waktu melamar. Setelah itu, buat skala prioritas 1, 2, dan 3. Urutkan lowongan yang kamu paling minati di skala 1 hingga yang paling tidak kamu minati di skala 3. Lalu, rencanakan pengiriman lamaran kerjamu mulai dari lowongan dengan skala terkecil ke skala terbesar. Buat juga kolom untuk menandai status lamaran. Jika kamu menemukan lowongan kerja baru, tambahkan terus di tabel ini hingga kamu berhasil mendapatkan pekerjaan,

Dengan mengatur skala prioritas dan mencatat status, kamu bisa lebih mudah mengambil keputusan dan menjaga fokus. Misal, kamu mendapat panggilan wawancara di 2 perusahaan berbeda dalam waktu bersamaan. Maka, akan lebih mudah bagimu untuk memutuskan wawancara mana yang perlu didahulukan. Selain itu, catatan prioritas juga dapat menjadi penyemangat ketika kita menerima penolakan dari beberapa perusahaan, mengingat masih banyak peluang lowongan yang bisa kita terus tambahkan di daftar lowongan kerja ini.

4. Bersikap proaktif sebagai cara menuju sukses dalam melamar dan bekerja

Setelah menyiapkan ketiga langkah tersebut, mulailah melamar dengan pola pikir yang proaktif untuk mempercepat prosesmu diterima kerja. Inisiatif sangat dibutuhkan di sini agar kamu dapat memperkirakan langkah selanjutnya. Dengan begitu kamu dapat menghemat waktu untukmove ondari lowongan satu ke lowongan berikutnya. Sikap proaktif ini tidak hanya penting saat melamar kerja, tetapi juga salah satu cara menuju sukses dalam bekerja nantinya.

Dalam lamaran, kenalkan dirimu dan beri tahu dari mana kamu mengetahui lowongan tersebut. Setelah menceritakan tentang dirimu secara singkat, ingatkan kembali bahwa perekrut dapat menghubungimu dengan mudah. Di akhir, tuliskan kembali alamat email maupun nomor HP-mu. Ya, memang informasi tersebut sudah ada di CV. Namun, tidak ada salahnya menyertakan pula di pengantar lamaran agar perekrut semakin mendapat kesan bahwa kamu terbuka dan selalu siap dipanggil wawancara.

Saat masuk tahap wawancara, pastikan untuk berlatih simulasi wawancara dan siapkan dirimu dengan melakukan riset yang baik. Pelajari secara rinci mengenai perusahaan tersebut, posisi yang kamu lamar, dan apajob desc-nya secara umum, serta, nilai jual apa yang bisa kamu tawarkan sebagai kandidat. Kamu boleh menanyakan siapa saja rekan kerjamu nanti atau bagaimana kultur perusahaan tersebut selama ini. Dengan begitu, kamu pun dapat mengukur kecocokanmu pribadi dengan perusahaan tersebut.

Baca Juga : Tips Wawancara Kerja

Setelah wawancara, jika dalam 2 minggu kamu belum diberikan kepastian, kamu boleh menanyakan status lamaran kepada perekrut. Sebutkan kembali tanggal dan waktu wawancaramu agar perekrut dapat dengan mudah mengingatnya dan melakukanfollow up. Jika kamu ditolak, jangan patah semangat dan coba lakukan kembali langkah-langkah di atas.

Melamar kerja dengan menyiapkan strategi, CV terbaik, prioritas lamaran, dan sikap proaktif sangat penting agar kamu tidak hilang arah saat berjuang melamar kerja. Untuk dapat bersaing dengan jutaan kandidat lain di tengah pandemi tentu dibutuhkan tekad dan fokus yang tinggi. Pastikan kamu tetap menanamkan energi positif dalam prosesnya agar kamu lebih rileks. Sehingga, kamu pun tidak tergesa-gesa mengambil keputusan demi mendapatkan pekerjaan baru.

Cara Cepat Mendapat Pekerjaan di Masa Pandemi?  Ingat selalu pada tujuan besarmu saat ini yaitu menemukan pekerjaan yang lebih baik dengan cepat. Agar tetap efisien, kamu butuhjob portalyang dapat mengantarmu kepada peluang-peluang karir baru dengan bebas drama. Siapkan profilmu di JobStreet dan terapkan keempat langkah di atas agar kamu cepat dapat kerja. Sebagai pejuang pencari kerja, jangan lupa untuk cek terus lowongan terbaru. Tetap semangat dan sukses selalu!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Tren gaji & profesi

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.