Bukan Hanya Akuntan Publik, Berikut Jenjang Karir Akuntansi

Bukan Hanya Akuntan Publik, Berikut Jenjang Karir Akuntansi
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Apakah kamu tertarik menjadi akuntan atau bekerja di bidang akuntansi? Salah satu posisi populer di bidang akuntansi adalah akuntan publik. Sebagai akuntan publik, kamu memiliki tanggung jawab menyusun laporan keuangan, memeriksa laporan keuangan, melakukan audit dan berbagai tanggung jawab lainnya. Tugas akuntan tentu akan berbeda-beda berdasarkan spesialisasi bidang masing-masing. Kamu dapat menjadi akuntan publik, akuntan pemerintah, akuntan pajak, akuntan pendidik, dan lain-lain.

Peran seorang akuntan dalam perusahaan sangat penting. Seorang akuntan sangat krusial dalam proses pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Tanpa akuntan, kegiatan pembukuan dan pencatatan keuangan tidak dapat berjalan dengan lancar. Selain pengelolaan, akuntan juga memiliki fungsi analisis. Pengetahuan yang dimiliki oleh seorang akuntan sangat penting ketika perusahaan ingin menganalisis laporan keuangan. Akuntan juga dapat memberikan saran berdasarkan laporan keuangan yang ada.

Tertarik menjadi akuntan? Sebelum kamu melamar menjadi akuntan, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beragam informasi ini.

Kemampuan dan kualifikasi

  • Pemahaman bidang akuntansi

Untuk bekerja di bidang akuntansi, tentu kamu perlu memiliki pemahaman mengenai akuntansi dan spesialisasi yang kamu pilih. Profesi di bidang akuntansi banyak jenisnya, pastikan kamu benar-benar memahami jenis akuntansi dalam pekerjaanmu. Beberapa contoh jenis akuntan meliputi akuntan publik, akuntan pemerintah, akuntan pajak, akuntan pendidik, dan masih banyak lagi.

Kamu juga perlu memiliki latar belakang pendidikan di bidang akuntansi, seperti gelar Diploma atau Sarjana Akuntansi. Ketika melamar kerja, perhatikan dengan teliti persyaratan pendidikan yang diberikan oleh perekrut. Perekrut tentu saja akan memprioritaskan kandidat dengan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

  • Memiliki sertifikasi

Selain latar belakang pendidikan, kamu juga membutuhkan sertifikasi. Beberapa sertifikasi yang bisa kamu dapatkan adalahCertified Public Accountant(CPA),Certified Management Accountant(CMA), Sertifikasi Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), Sertifikat Akuntansi Syariah (SAS), dan masih banyak lagi.

Setiap profesi dalam bidang akuntansi tentu memiliki persyaratan masing-masing. Apabila kamu tertarik menjadi akuntan pajak, ada baiknya kamu memiliki Sertifikasi Konsultan Pajak (SKP). Sedangkan, jika kamu tertarik melakukan audit dalam perusahaan, sebaiknya kamu memiliki sertifikasiCertified Internal Auditor(CIA). Pelajari deskripsi lowongan yang ingin kamu lamar dan pastikan kamu memiliki sertifikasi yang sesuai untuk posisi tersebut.

  • Pelatihan dan pengalaman kerja

Memiliki pengalaman kerja atau magang akan membuatmu lebih menonjol bagi perekrut, terutama jika kamu bersaing dengan parafresh graduate. Pengalaman kerja dan magang menunjukan perekrut bahwa kamu adalah kandidat yang proaktif, mampu belajar dengan cepat, dan mengerti lingkungan dan budaya kerja lebih baik dibanding kandidat lainnya.

Kamu juga dapat mengikuti pelatihan di bidang akuntansi. Salah satunya adalah Program Pendidikan Akuntansi (PPAk). Berbagai universitas dan badan pelatihan menawarkan program pendidikan ini untuk para akuntan yang telah memiliki diploma atau sarjana.

  • Kemampuan mengoperasikansoftware

Setiap perusahaan memiliki standar masing-masing untuksoftwareyang digunakan. Beberapasoftwareyang dapat digunakan perusahaan adalah Microsoft Excel, Accurate, Quickbooks, dan lain-lain. Biasanya perusahaan akan memberikanmu pelatihan penggunaansoftware. Namun, jika kamu telah menguasaisoftwareyang digunakan, perekrut tentu akan menganggapmu sebagai kandidat unggul.

Pelajari dan asah kemampuanmu dalam mengoperasikansoftwareakuntansi. Kamu dapat mengikuti kelas daring yang menawarkan latihan praktiksoftwareakuntansi atau mencari kelas luring di badan pelatihan terdekat.

  • Ketelitian dan kemampuan analisis

Karir di bidang akuntansi membutuhkan ketelitian yang luar biasa. Satu kesalahan kecil dapat menghambat seluruh proses akuntansi. Karena itu, ketelitian menjadi salah satu kemampuan terpenting bagi akuntan.

Selain ketelitian, kamu juga perlu kemampuan analisis untuk membantumu menelaah laporan keuangan perusahaan dan memberikan masukan untuk atasan. Kedua kemampuan ini tidak cukup, kamu juga perlu memahami etika profesi akuntansi. Kamu harus mengetahui aturan perilaku sebagai seorang akuntansi. Aturan tersebut meliputi kerahasiaan, tanggung jawab, objektivitas, standar teknis, kompetensi, kemandirian, integritas dan kepentingan publik. Etika dan kode etik profesi akuntansi dapat kamu temukan dalam website Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI ).

Jenjang karir di bidang akuntansi

Setelah mengetahui kualifikasi dan kemampuan yang dibutuhkan, kamu juga perlu tahu jenjang karir di bidang akuntansi agar kamu dapat membuat perencanaan karir semaksimal mungkin.

  • Staf Akuntan

Staf akuntan umumnya mulai sebagaiinternatautraineedalam perusahaan. Staf akuntan umumnya bertugas menjalankan segala tahap yang kemudian akan diintegrasikan ke dalam laporan keuangan.

Menurut data internal JobStreet, rata-rata gaji akuntan pada tingkat awal ini adalah Rp4.200.000 per bulan.

  • Eksekutif Junior

Posisi ini umumnya diberikan kepada staf akuntan yang telah memiliki 2-3 tahun pengalaman di bidangnya. Pada tingkat ini, kamu akan lebih sering berinteraksi dengan klien perusahaan dansupervisor.

Menurut data internal JobStreet, rata-rata gaji akuntan pada tingkat eksekutif junior adalah Rp5.000.000 per bulan.

  • Supervisor

Dalam posisi ini, tugasmu dalam perusahaan lebih rumit dan detail. Tanggung jawabmu meliputi pengawasan dan komunikasi dengan manajer. Kamu dapat mencapai posisisupervisorsetelah memiliki 2-4 tahun pengalaman di bidang ini.

Menurut data internal JobStreet, rata-rata gaji akuntan di tingkatsupervisoradalah Rp7.200.000 per bulan.

  • Manajer

Sebagai manajer, tugas utamamu adalah memastikan seluruh kegiatan akuntansi dan kerja sama klien berjalan dengan baik. Posisi ini umumnya dicapai setelah kamu memiliki pengalaman kerja lebih dari 5 tahun di bidangmu.

Menurut data internal JobStreet, rata-rata gaji akuntan pada tingkat manajer adalah Rp12.500.000 per bulan.

  • Partner/Manajemen Level C

Partnerdalam suatu Kantor Akuntan Publik merupakan salah satu unsur pimpinan. Sedangkan, ManajemenLevelC mengacu pada posisi sepertiChief Business Officer(CBO),Chief Executive Officer(CEO),Chief Financial Officer(CFO), dan lain-lain. Posisi-posisi tersebut merupakan salah satu posisi tertinggi dalam perusahaan dan kamu bertanggung jawab atas pengambilan keputusan dalam perusahaan.

Menurut data internal JobStreet, rata-rata gaji akuntan pada tingkat ini adalah Rp32.500.000 per bulan.

Kamu dapat menggunakan Kalkulator Gaji JobStreet untuk memahami lebih dalam nominal gaji bersih yang bisa kamu dapatkan. Setelah mengetahui jenjang karir di bidang akuntansi, kamu dapat mulai melamar kerja sebagai akuntan.

Prospek masa depan

Karir di bidang akuntansi merupakan salah satu karir yang berkembang pesat di Indonesia. Berdasarkan data internal JobStreet (2020-2021), pekerjaan di bidang akuntansi merupakan pekerjaan ketiga paling diminati setelahsalesdan IT dengan lebih dari 20.000 pekerjaan dalam setahun. Menurut Ringkasan Laporan Gaji JobStreet 2022, terjadi kenaikan gaji pada 48% iklan lowongan akuntan/keuangan. Menurut laporan yang sama, pertumbuhan gaji akuntan mengalami kenaikan hingga 7%, yang merupakan angka paling tinggi yang terjadi pada karir tingkat awal.

Ketika karir akuntansi berkembang pesat, teknologi juga berkembang. Salah satu perkembangan teknologi tersebut adalah otomatisasi dalam proses akuntansi. Semakin banyak proses akuntansi dapat dilakukan dengan bantuansoftware. Perkembangan ini sangat menguntungkan bagi perusahaan, proses akuntansi menjadi semakin efisien dan kesalahan-kesalahan yang umum terjadi dapat dihindari.

Agar dapat bersaing di lapangan pekerjaan, kandidat perlu memiliki penguasaansoftwareyang kuat. Selain itu, kandidat juga harus fasih menggunakan sistemcloud-baseddan memiliki pengetahuan mengenaidata mining. Kemampuan-kemampuan tersebut akan membantumu melakukan analisis laporan keuangan lebih dalam. Kandidat juga perlu memiliki keterampilan visualisasi data agar dapat menyajikan hasil analisis pada klien dan perusahaan dengan efektif.

Contoh pertanyaan dan tipsinterview

Nah, sekarang kamu sudah tahu mengenai kualifikasi yang kamu butuhkan, jenjang karir, dan prospek masa depan karir di bidang akuntansi. Saatnya kamu mempersiapkan diri untuk wawancara! Jawaban yang paling tepat adalah jawaban yang tulus dan berasalnya dari dirimu sendiri. Jawablah pertanyaan dengan jujur dan jangan lupa pertimbangkan jawabanmu dengan bijaksana. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang biasanya diberikan untuk posisi ini.

  • “Jelaskan proses akuntansi favoritmu!”

Tujuan pertanyaan:

Perekrut ingin mengetahui seberapa antusias dan familiar kamu terhadap proses akuntansi.

Saran:

Ceritakan mengenai proses akuntansi yang kamu sukai. Jelaskan mengapa kamu menyukai proses tersebut. Kamu juga dapat membandingkan proses tersebut dengan proses lainnya untuk memperjelas jawabanmu. Kamu juga dapat menjelaskan bagaimana kamu mempelajari dan menguasai proses tersebut.

  • “Jelaskan proses akuntansi yang paling sering kamu lakukan”

Tujuan pertanyaan:

Apabila pertanyaan sebelumnya mengenai proses favoritmu, pertanyaan ini mengenai proses yang paling sering kamu lakukan. Perekrut ingin tahu tugas dan tanggung jawab apa yang pernah kamu lakukan jika kamu memiliki pengalaman kerja atau magang.

Saran:

Sebutkan proses yang sering kamu lakukan, bagaimana kamu melakukan proses tersebut, dan manfaat apa yang diterima oleh klien atau perusahaan. Ceritakan juga bagaimana kamu bekerja sama dengan rekan kerja dan atasan dalam proses ini.

  • Softwareakuntansi apa saja yang dapat kamu gunakan?”

Tujuan pertanyaan:

Perekrut ingin mengetahui pengalamanmu dalam mengoperasikansoftwareakuntansi. Perekrut juga ingin menilai seberapa banyak pelatihan yang perusahaan harus berikan kepadamu.

Saran:

Sebutkan seluruhsoftwareakuntansi yang pernah kamu gunakan. Kemudian, jelaskan tingkat kemahiranmu dalam mengoperasikansoftware-softwaretersebut. Apabila kamu menerima pelatihan untuksoftwaretertentu, sebutkan kapan dan di mana kamu mendapatkan pelatihan tersebut.

  • “Jelaskan proses pembukuan dan penyusunan laporan keuangan”

Tujuan pertanyaan:

Perekrut ingin menguji tingkat pemahamanmu mengenai proses akuntansi. Perekrut juga ingin melihat apakah kamu dapat merangkai jawaban yang mudah dimengerti dan tidak bertele-tele.

Saran:

Jelaskan alur proses yang ditanyakan oleh perekrut. Sebutkan unsur-unsur yang ada dalam proses tersebut. Pastikan jawabanmu efektif dan tidak berbelit-belit. Jangan terburu-buru saat menjawab pertanyaan.

  • “Sertifikasi apa saja yang kamu miliki?”

Tujuan pertanyaan:

Perekrut ingin kamu memberikan konfirmasi terhadap sertifikasi yang dimuat dalam CV-mu. Perekrut juga ingin melihat apakah kamu membaca iklan lowongan dengan teliti.

Saran:

Pastikan kamu membaca dan mengerti iklan lowongan sebelum melamar. Pastikan kamu memenuhi syarat yang dimuat dalam iklan lowongan. Sebutkan seluruh sertifikasi akuntansi yang kamu miliki, sebutkan juga kapan dan di mana kamu mendapatkan sertifikasi tersebut.

Kamu dapat melakukan simulasi wawancara bersama teman atau keluarga. Kamu dapat memberikan mereka daftar pertanyaan atau mereka dapat membuat daftar pertanyaan sendiri. Selain itu, agar lebih mudah kamu juga dapat menggunakan Fitur Simulasi Wawancara JobStreet untuk melatih kemampuan wawancaramu. Jangan lupa untuk merekam simulasi wawancaramu agar kamu dapat menilai dan mengevaluasi kemampuanmu!

Tertarik meniti karir di bidang akuntansi? Rencanakan karirmu dengan perencanaan karir lengkap dengan template di JobStreet! Jangan lupa memperbarui profil-mu di JobStreet sebelum mencari dan melamar kerja.

Kunjungi Tips Karir untuk membaca artikel serupa. Dapatkan juga akses lebih mudah dengan mengunduh aplikasi JobStreet di Apple App Store dan Google Play Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.