Buat Motivation Letter yang Menarik dengan 5 Tips Ini (Dengan Contoh!)

Buat Motivation Letter yang Menarik dengan 5 Tips Ini (Dengan Contoh!)
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Motivation lettersering menjadi salah satu syarat untuk melamar pekerjaan. Surat lamaran yang menarik dapat membuat kamu lebih menonjol dibanding pelamar lainnya. Tidak hanya itu, surat lamaran yang menarik juga dapat memikat  perekrut dan meningkatkan kesempatanmu mendapatkan pekerjaan.

Motivation letter, juga sering disebutcover letter, adalah surat yang ditujukan kepada perekrut ketika kita hendak melamar pekerjaan. Apa saja isinya? Umumnyamotivation letterberisi pembuka, perkenalan diri, tujuan, dan penutup.Motivation letterberfungsi memberikan kesan pertama kepada perekrut dan untuk menguraikan isi resume atau CV. Surat lamaran yang akan memberikan kesan yang baik adalah surat lamaran yang menarik dan ditulis sesuai kriteria lowongan.

Nah, bagaimana cara membuatmotivation letteryang menarik? Yuk kita lihat tips-tips berikut ini.

  • Cari tahu tentang perusahaan dan posisi yang dilamar

Lakukan riset mengenai perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Apabila kamu mengetahui budaya dalam perusahaan yang dituju, kamu dapat menentukan pekerja seperti apa yang dicari oleh perusahaan tersebut. Kamu juga dapat tahu persis karakter seperti apa yang cocok untuk posisi yang akan dilamar. Setelah mengetahui lebih banyak mengenai perusahaan dan posisi yang kamu inginkan, kamu dapat menulismotivation letteryang cocok dan sesuai agar kamu memberikan kesan pertama yang bagus kepada perekrut.

  • Isi surat dengan informasi yang relevan

Perhatikan isimotivation letter-mu. Pastikan kamu telah menulis bagian-bagian penting seperti pembuka, perkenalan diri, dan penutup. Sebutkan juga tujuan kamu mengirim surat tersebut. Jangan mengisi surat dengan informasi yang sekiranya tidak berkaitan dengan posisi atau perusahaan yang kamu tuju.

  • Tekankanskilldan pengalaman

Padamotivation letter, tunjukkanlahskilldan pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Jelaskan pula bagaimana kemampuan dan pengalaman tersebut membantumu dalam memenuhi kewajiban pekerjaan. Dengan menunjukan bagaimana kemampuanmu dapat berkontribusi pada pekerjaan, kamu dapat terlihat lebih unggul dibanding pelamar lain.

Baca juga Promosi Diri yang Efektif Hanya dengan 300 Karakter.

  • Singkat, padat, dan jelas

Perekrut pasti menerima banyak sekalimotivation letter. Jangan memberi kesan buruk dengan mengirim surat yang panjang dan berbelit-belit. Pastikan setiap kalimat dalam surat memiliki peran dalam membuatmu lebih menarik dibanding pelamar lain. Sebelum menulis, ada baiknya kamu merencanakan struktur surat lamaran dengan menentukan peran masing-masing paragraf dalam surat. Satu paragraf umumnya memuat 3-4 kalimat danmotivation letterbiasanya hanya sepanjang satu halaman atau 250-500 kata saja.

  • Perhatikan tata bahasa

Gunakanlah bahasa yang profesional dan ejaan yang baku atau sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Pastikan suratmu tidak memuattypodan hindari penggunaan singkatan. Setelah menulis surat lamaran, pastikan kamu membaca ulang surat tersebut untuk memastikan tidak ada kesalahan kata maupun tanda baca dalam surat lamaranmu. Kamu dapat meminta bantuan teman untuk mengecekmotivation letter-mu.

ContohMotivation Letter

Baca juga 3 Contoh “Cover Letter” yang Menonjol (untuk mahasiswa yang baru lulus).

Setelah membaca tips-tips membuatmotivation letterdan contohnya, buatlahmotivation letteruntuk pekerjaan impianmu. Jangan patah semangat apabila kamu tidak langsung berhasil mencapai posisi yang diinginkan.

Baca juga Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Bagi ParaFresh Graduate!

Jangan lupa untuk membuat atau memperbarui profil JobStreetmu dan mulai mencari pekerjaan yang tepat untuk kamu. Jangan lupa menambahkan #LangsungKerja agar para perekrut tahu bahwa kamu dapat langsung bekerja.

Tentang SEEK Asia SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.Tentang SEEK LimitedSEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes

More from this category: Cover letters

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.