Begini Cara Membuat CV Fresh Graduate Agar Lolos Seleksi Perusahaan Retail

Begini Cara Membuat CV Fresh Graduate Agar Lolos Seleksi Perusahaan Retail
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Indonesia memiliki pasar yang besar untuk bisnis retail, tidak heran jika banyak sekali perusahaan retail yang menyediakan barang siap pakai atau konsumsi kepada konsumen atau yang biasa disebut denganuser-end. Atas dasar pengertian retail tersebut, dibutuhkan banyak tenaga kerja untuk industri ini. Cakupan industri ini diantaranya adalah semua jenis barang siap pakai yang dijual satuan.

Sebenarnya apasihyang membuat bisnis retail menjadi sektor penting? Pertama, bisnis retail merupakan penghubung langsung antara produk dan konsumen. Cakupan produk yang bermacam-macam dapat menyesuaikan kebutuhan konsumen. Bisnis-bisnis retail seperti toko serba ada, supermarket, dan sejenisnya, mempermudah konsumen untuk mengakses produk dari mana saja.

Pandemi COVID-19 membuat bisnis retail sempat mengalami keterpurukan, namun saat ini setelah kondisi ekonomi kembali membaik, banyak perusahaan retail kembali membangun strategi untuk memasarkan produknya. Sebagaifresh graduate, ini merupakan kesempatanmu untuk mengenal lebih dalam bisnis retail dengan langsung terjun ke dalamnya dan melamar sebagai bagian dari industri ini. Tertarik? Ayo baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih jauh tentang bisnis retail!

Baca Juga : Tips Pengembangan Karir di Industri Bisnis retail

Posisi Yang Paling Dicari Oleh Perusahaan Retail

Berdasarkan Laporan Mengupas Tren Talent Global 3 yang dirilis JobStreet, 44,3% tenaga kerja Indonesia setuju bahwa terdapat risiko otomatisasi pekerjaan, di mana mesin akan menggantikan tenaga kerja manusia. Namun jangan khawatir, sebagai seorangfresh graduate, kamu dapat melakukan pelatihan ulang. Lahir dan tumbuh besar sebagai generasi di mana semua hal serba digital juga akan semakin memudahkanmu untuk menavigasi diri di industri kerja yang hampir sepenuhnya dioperasikan oleh mesin. Selain itu, ada hal yang tidak dapat dilakukan oleh mesin, yakni kemampuan berinteraksi dengan manusia lain.

Sebagai industri yang menghubungkan produsen dan konsumen, konsep pelayanan yang berorientasi pada konsumen menjadi nilai utama yang harus ada dalam menjalankan bisnis. Strategi pemasaran yang baik dan berorientasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan membuat bisnis retail terus berjalan dan menghasilkan profit yang menjanjikan. Untuk membuat semua hal itu terjadi, tentunya diperlukan jenis-jenis pekerjaan yang strategis.

Lalu, apa saja jenis pekerjaan yang paling dibutuhkan di industri retail?

1. Management Trainee Programmanagement trainee(MT) merupakan program yang tidak asing lagi bagi parafresh graduate. MT merupakan programfast-trackyang melatihfresh graduatedari awal dan mempersiapkan mereka dari awal untuk menempati posisi-posisi khusus di perusahaan. Selama program MT, parafresh graduateakan mengikuti program pengembangan skill yang dibutuhkan di bisnis retail. Program ini tidak hanya menarik bagi parafresh graduatekarena jenjang karirnya, namun juga bagi perusahaan-perusahaan untuk mempersiapkan tenaga kerja untuk keberlanjutan perusahaan.

  1. Sales Associate

Bisnis retail yang merupakan penghubung konsumen dan produk sangat memerlukan seorangsales associate. Sales berperan sebagai sosok yang mengenalkan produk retail pada konsumen. Seorangsalesharus mengetahui dengan teliti kebutuhan konsumen agar dapat merekomendasikan produk yang nantinya akan memenuhi kebutuhan konsumen. Seorangsalesyang baik harus dapat mengetahui produk retail yang cocok, mendengarkan kebutuhan konsumen, dan juga mengarahkan konsumen untuk memanfaatkan produk dengan baik di faseafter-sales.

3. Customer Service

Perusahaan retail pasti sangat erat kaitannya dengancustomer serviceatau CS. Bayangkan jika kamu membeli suatu produk dan produk tersebut mengalami kerusakan, atau kamu mengalami kendala ketika menggunakan produk. Di fase ini, CS akan membantu menjelaskan dengan detail tata cara penggunaan produk agar konsumen dapat menggunakannya dengan baik dan benar. Peran CS di sini sangat penting untuk mempertahankan customer dan meningkatkan kesadaran customer terhadap bisnis retail.

  1. Merchandiser

Ketika datang ke toko retail, kamu pasti pernah melihat produk yang dipajang dengan rapi dan menarik. Kemudian kamu akan tertarik untuk melihat lebih dekatdisplaytersebut dan melihat penawaran dan harga yang ditawarkan. Dengan sekilas melihat, kamu dapat mengetahui deskripsi produk, harga dan penawaran yang diberikan dengan lebih jelas. Nah, pekerjaan tersebut merupakan deskripsi kerja seorangmerchandiser. Jika konsumen memahami produk dengan baik dan dapat melihat produk dalam kondisi baik, konsumen akan lebih tertarik untuk membelinya dan meningkatkan tingkat penjualan.

Cara Membuat CVFresh GraduateKhusus Pekerjaan Retail

Ketika melamar pekerjaan, CV merupakan hal yang paling pertama dilihat oleh perekrut. CV harus menjelaskan dirimu dengan baik sehingga perekrut dapat mempertimbangkan apa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Dalam membuat CV, kamu harus dapat menuliskan informasi yang relevan dengan singkat namun jelas.

Mengingat industri retail merupakan industri yang sangat dinamis, ada banyak sekali kandidat yang harus dipertimbangkan. Maka dari itu, pastikan untuk menulisnya dengan baik dan tunjukkan kualitas dirimu.

Jika kamu seorangfresh graduatedan belum memiliki pengalaman kerja di industri retail, jangan khawatir. Berikut adalah tips-tips yang dapat kamu ikuti untuk melamar pekerjaan di industri retail.

  • Beri informasi yang penting dan relevan

Dalam membuat CV kita perlu memahami sudut pandang perekrut yang membaca CV. Pastikan bahwa kamu menuliskan informasi yang relevan dengan industri retail. Jika kamu mungkin pernah menjadi bagian dari divisimarketingsaat magang, kamu dapat menuliskannya sebagai bahan pertimbangan perekrut. Hindari menulis informasi yang tidak relevan dan tidak ada kaitannya dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

  • Fokus pada kepribadian danskill

Karena orientasinya pada pelayanan konsumen, kebanyakan perusahaan retail lebih lebih berfokus pada kepribadian danskillyang dimiliki. Ini merupakan kesempatanmu sebagaifresh graduateuntuk menunjukkan kualitasmu. Kamu dapat mencantumkan nilai-nilai yang dibutuhkan di bisnis retail yang berhubungan dengan interaksi interpersonal seperti memiliki etika kerja yang positif, mudah beradaptasi, optimis, dan asertif.

  • Tulis pengalaman terbaru

Sebagai seorangfresh graduate, kamu dapat menuliskan pengalaman-pengalaman yang relevan dengan industri retail. Contoh pengalaman yang dapat kamu tuliskan yakni pengalamanvolunteer, organisasi atau kepanitiaan. Mungkin kamu pernah menjadievent promoterdi acara konser musik tahunan semasa kamu berkuliah, atau menjadifundraiserdi acara bakti sosial.

Selanjutnya, kamu dapat menuliskan pengalaman terbaru lebih dahulu. Bisnis retail merupakan salah satu bisnis dengan perubahan yang cepat dan cukup menarik perhatian kandidat, maka kamu harus menarik perhatianhiring staffdengan menulis pengalaman terbaru di awal CV.

  • Gunakan kata-kata yang tepat

Ketika menuliskan pengalaman, kamu dapat menggunakan subjek “Saya” dan kata kerja aktif seperti “mencapai target”, “merencanakan”, dan lainnya. Dengan cara ini, kamu dapat membuktikan bahwa kamu berhasil melakukan tugas-tugas tersebut dan mengetahui deskripsi kerja dengan baik.

  • Tunjukkan minat pada bisnis retail

Selainskilldan pengalaman semasa berkuliah, kamu juga dapat mempromosikan dirimu dengan menuliskan minatmu. Tunjukkan bahwa kamu sangat-sangat tertarik untuk terjun di bisnis retail dengan menuliskannya di bagian tentang dirimu. Kamu dapat menjelaskan bahwa kamu ada seorangfresh graduateyang tertarik dengan bisnis retail khususnya di bidang yang kamu lamar, dan ingin mengembangkan karirmu dan berkontribusi di industri retail.

  • Susun dengan format yang baik

Terakhir, kamu dapat menyusun semua informasi tersebut dengan susunan yang baik dan rinci. Sebisa mungkin hindari membuat CV lebih dari 2 halaman. Tujuan dari CV sebenarnya adalah untuk menunjukkan kualitas terbaikmu secara keseluruhan dengan singkat. Perekrut mungkin saja masih memiliki CV kandidat lain yang harus mereka baca.

Jangan lupa untuk memeriksa ulang tata bahasa, kapitalisasi, dan ejaan untuk menghindari miskomunikasi. Kesalahan dalam penulisan dapat membuatmu terlihat kurang profesional. Jika perlu, minta bantuan orang di sekitarmu untuk memeriksanya kembali. Setelah semuanya selesai, kamu dapat menyimpan CV dalam bentuk PDF agar formatnya tidak berubah. Kebanyakan portalonlinejuga mendukung format PDF sehingga akan memudahkan pencarian kerjamu di waktu mendatang.

Download Template CV untuk Fresh Graduate

Kamu dapat melihat contoh CVfresh graduateuntuk bisnis retail di sini:

Arya Bima CakraNomor ponsel: 123-456-7890Email: aryabimachakra @mymail.com LinkedIn: linkedin.com/aryabacakraaSaya melihat diri saya sebagai pribadi yang adaptif, interaktif, asertif, dan memiliki minat dalam industri retail. Pengalaman organisasi dan akademis saya menunjukkan bahwa saya memiliki passion dalam memasarkan produk dan memiliki orientasi pada pelanggan.PENDIDIKAN
  • S1 Manajemen Universitas Singaparna (2016-2020)
  • SMA Syailendra (2013-2016)
PENGALAMAN KERJAVice Project Officer| Management Night 2017• Saya memimpin dan mengkoordinasi 15 divisi dan 140 anggota bersama denganProject Officer.• Saya menggagas ide dari data-data yang diteliti pada 100 mahasiswa dan pihak-pihak terkait termasuk donatur dan sponsor. Ketua Donasi | Pentas Seni 2017• Saya mengurus keuangan acara dengan bekerjasama dengan divisi keuangan.KETERAMPILAN -Supply Chain Management| Rutgers University (January 2021)-Excel Skills for Business Specialization| Macquarie University (October 2020)VOLUNTEERManagement Study for Charity 2017- Saya berkontribusi dalam pelaksanaan acara dan berinteraksi langsung dengan komunitas target acara amal.

Informasi lebih mendalam tentang bisnis retail kini sudah kamu ketahui. Sebagaifresh graduate, jangan ragu untuk melamar di industri ini. Ayo perbarui profilmu di halaman profil JobStreet dan upload CV yang sudah kamu buat. Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak info tentang dunia kerja, kamu juga bisa mengunjungi Tips Karir JobStreet. Untuk dapat mengaksesnya dari mana saja, kamu juga dapat mengunduh aplikasi JobStreet di Google Play Store dan Apple App Store.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Resumes

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.