Bagaimana Menjadi Tegas di Tempat Kerja Tanpa Menjadi Bossy

Bagaimana Menjadi Tegas di Tempat Kerja Tanpa Menjadi Bossy
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

How to be assertive in the workplace without being bossy

Memiliki kepercayaan diri untuk bersikap tegas di tempat kerja adalah penting, tetapi mengetahui bagaimana menjadi tegas tanpa menjadibossyadalah sama pentingnya. Bersikap hormat terhadap keduanya; Anda harus menunjukkannya untuk mendapatkannya. Jika orang tidak menghormati Anda, Anda tidak akan menjadi pemimpin yang efektif. Jadi, yakinlah, tetapi jangan menjadi sombong.

Berikut cara bersikap tegas di tempat kerja tanpa membuat orang lain kesal:

  1. Jangan sombong

Anda harus berbicara ketika Anda memiliki pendapat atau saran untuk dibagikan, tetapi jangan menganggap Anda tahu segalanya. Tunjukkan kerendahan hati dengan mengakui bahwa orang lain mungkin memiliki ide yang lebih baik. Anda bisa percaya diri tanpa menjadi seorang menyebalkan yang tahu segalanya.

  1. Pimpin dengan memberi contoh

Orang menghormati mereka yang melakukan lebih daripada banyak bicara. Mengekspresikan pandangan Anda penting untuk menjadi sosok yang tegas di tempat kerja, tetapi pastikan Anda memimpin dengan memberi teladan juga. Anda perlu “menjalankan” pembicaraan untuk menjadi pemimpin yang efektif, atau Anda akan diabaikan sebagai orang yang berbicara tentang permainan yang bagus tetapi tidak tahu apa yang dibicarakannya.

  1. Ambillah lebih banyak peran kepemimpinan

Seperti kata pepatah, “Latihan akan menjadikannya sempurna”. Ambil kesempatan untuk mengasah keterampilan kepemimpinan Anda dengan menjadi sukarelawan untuk proyek-proyek manajemen atau tugas yang menempatkan Anda dalam posisi kepemimpinan. Ini mungkin cukup mengintimidasi, tetapi kita hanya bisa tumbuh dengan menerima tantangan. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk meminta anggota tim dan atasan Anda memberikanfeedbacksehingga Anda akan tahu apa yang harus diperbaiki untuk bergerak maju.

  1. Pilih kata-kata Anda dengan hati-hati

Sama seperti kata-kata yang tepat dapat memproyeksikan kepercayaan diri, begitu juga pilihan kata yang salah akan dapat menggambarkan Anda sebagai rekan kerja yang suka memerintah, dan berusaha terlalu keras untuk menyatakan diri di tempat kerja. Berbicaralah kepada orang lain sebagaimana Anda ingin diajak bicara. Jangan menjadi orang yang pemalu, tetapi juga jangan menggurui.

  1. Ketahui apa yang Anda bicarakan

Tidak ada orang yang tahu segalanya, tetapi tidak membuat pernyataan atau klaim besar jika Anda tidak cukup yakin bahwa Anda telah mendapatkan fakta Anda secara langsung. Apa yang lebih buruk daripada tidak memiliki sesuatu untuk dikatakan adalah membuat klaim berlebihan yang kemudian diketahui tidak benar.

  1. Belajar dari para ahli

Bacalah buku tentang kepemimpinan oleh para ahli tentang masalah ini, hadiri lokakarya, dengarkanpodcastatau tontonTED. Ada begitu banyak cara belajar yang tersedia bagi kita saat ini. Belajar dari mereka yang tahu seperti apa kepemimpinan yang efektif dan bagaimana mengembangkan keterampilan itu.

Seperti segala sesuatu dalam hidup, semuanya tentang keseimbangan. Keyakinan tanpa arogansi adalah kunci ketika bersikap tegas di tempat kerja.

Ikuti halaman Facebook JobStreet.com Indonesia untuk wawasan yang lebih baru mengenai peretasan karier dan tren pekerjaan terbaru.

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.