Atasan kamu bawel? Sabar!

Atasan kamu bawel? Sabar!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Kamu pasti tiap hari kerja capek banget dengerin atasan kamu, karena semuanya dikomentari. LiNa mau membantu kamu bagaimana caranya untuk mengatasi atasan yang memiliki sifat bawel. Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk menghadapi atasan dengan sifat tersebut.

1. Jangan ikutan bawel

blur-businessman-businesswoman-597327-min

Kalau kamu ikutan bawel, nanti malah tidak selesai-selesai. Bukan berarti kamu tidak boleh untuk berpendapat, tapi coba kamu batasi dan filter pendapat kamu, agar lebihto-the-point, sehingga waktumu tidak habis untuk debat. Komunikasi memang penting, tapi kamu juga perlu waktu untuk menyelesaikan pekerjaanmu bukan?

Lebih baik untuk urusan kecil yang tidak terlalu penting, kamu bisa menghubungi atasan kamu lewat email atau chat. Sehingga dapat menghemat waktu kamu untuk mengerjakan tugas, tidak perlu menunggu atasan kamu berbicara panjang lebar dan di sela menunggu balasan itu kamu bisa mengerjakan pekerjaan kamu lainnya. Kerja kamu menjadi lebih efektif kan?

2. Tetap tenang, jangan emosi

beach-calm-dawn-267967

Atasan yang bawel mungkin akan lebih sering untuk naik pitam. Biasanya, atasanmu yang cerewet pasti memperhatikan segala hal dalam detail, dan perfeksionis. Terkadang omongan atasanmu memang benar, namun pasti ada beberapa hal yang menurutmu kurang pas, sehingga kamu kurang setuju. Jika kamu merasa kurang setuju, coba pikirkan lagi. Apa yang membuat kamu kurang setuju? Apa solusi yang baik menurut kamu? Sehingga lebih baik kamu jangan menyuarakan bahwa kamu kurang setuju, sebelum kamu menemukan solusi yang lebih baik.  Dengan begitu, kamu juga memiliki waktu untuk menenangkan dirimu.

3. Jangan baper

boy-child-cry-256658

Nah ini, jangan sampai kamu terlalu bawa perasaan. Siapa tau atasan kamu bawel karena perhatian dengan kamu, supaya kedepannya kamu bisa menjadi lebih baik. Atasan kamu bawel bukan ingin menjatuhkan kamu, coba pikir positifnya saja dulu.

4. Coba untuk mendengarkan

asian-coffee-colleagues-1342481-min

Mungkin kamu capek mendengarkan ocehan atasan kamu, tapi apa kamu kadang sadar, mereka terkadang suka mengulang perkataan mereka terus-menerus karena pekerjaan kamu yang hasilnya tidak sesuai ekspektasi mereka. Mungkin waktu pertama kali diberitahu kamu tidak fokus, jadi hasilnya tidak sesuai dengan kemauannya, sehingga hal tersebut selalu berulang dan akhirnya atasan kamu harus mengulang sampai kamu mengerti. Jadi, bisa saja atasan kamu jadi bawel, karena kamu sendiri kurang mendengarkan.

5. Beri solusi.

black-and-white-connect-hand-164531

Jika kamu memerlukan pendapat dari atasan kamu, kamu harus memberikan juga solusinya. Jangan mempertanyakan permasalahan tanpa memberikan solusi. Dengan begini, waktu bicara kamu dan atasan kamu semakin lama, dan akhirnya kamu harus mendengar hal-hal yang tidak berhubungan (ngelantur). Oleh sebab itu, coba kamu bantu dia juga agar dia menjadi tidak bawel.

Jadi, cobalah untuk memahami kemauan bos kamu. Seorang bos tidak akan terus bawel ketika hasil kerja kamu bagus. Dan coba perhatikanlah perkataan bos kamu, jangan sampai kamu sudah menjawab iya, tapi kenyataannya kamu lupa atau bahkan tidak tahu untuk melakukannya. Tapi jika kamu telah melakukan pekerjaanmu dengan benar, atau bahkan telah mencapai target namun bos kamu masih bawel, berarti memang kamu harus lebih sabar. Semangat ya teman-teman!

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.