Apakah Ini Saatnya Untuk Resign?

Apakah Ini Saatnya Untuk Resign?
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

alone-asia-cabin-2297663

Kamu mulai merasa lelah dan tidak cocok dengan pekerjaan kamu? Eits, tapi tunggu dulu, bedakan antara kamu jenuh dan tanda untukresign! Kalau kamu jenuh, kamu hanya merasakan beban kerja tersebut sesaat, tidak berkepanjangan, biasanya kamu merasakan itu saat dikejardeadlinedan pekerjaan kamu menumpuk.

5 Tanda kamu perluresign!

Perhatikan tanda-tanda ini, dan kamu harus hati-hati, karena bisa jadi ini sudah lampu kuning untuk kamuresign!

1. Lingkungan kerja tidak sehat

air-pollution-climate-change-dawn-221012

Pertama, kamu bisa lihat dari lingkungan sosial di kantor kamu, apakah persaingan disana tidak sehat? Kalau jawabannya adalah ya, berarti saatnya kamu pindah. Memiliki persaingan tidak sehat di kantor, dapat memberikanpreassuretidak baik untuk mental serta kesehatan kantor itu sendiri.

Persaingan tidak sehat dapat memicu perpecahan yang menyebabkan lingkungan kantor muncul kubu-kubu sosial yang seharusnya tidak ada. Dengan adanya kubu ini, menjadikan tujuan bekerja dalam kantor tersebut tidak lagi satu, karena hal ini sudah mempengaruhi personal. Dimana seharusnya semua karyawan dalam satu kantor memiliki tujuan yang sama yaitu memajukan usaha kantor tersebut dan menjadi yang terbaik.

2. Waktumu terbuang untuk mengerjakan hal yang sama

close-up-hours-minutes-707582

Tidak ada tantangan baru dan kamu tidak bisa berkembang. Hal ini sebenarnya bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu:

- Kurangnya kepercayaan

Jika kamu melakukan hal yang sama terus menerus, dan penyebabnya adalah kamu kurang dipercaya. Resign bukan solusi yang tepat, resign menjadi pelarian. Untuk permasalahan ini, sebaiknya kamu harus kembali bekerja lebih sungguh-sungguh dan buat sebuah pencapaian yang menunjukan bahwa kamu sanggup melakukan pekerjaan itu.

- Tidak diberikan kesempatan

Jika kamu melakukan yang sama terus menerus, dan penyebabnya adalah tidak diberi kesempatan, walaupun pekerjaan kamu sudah bagus, dan bisa memberikan pencapaian. Sudah saatnya kamu resign, karena kamu tidak akan berkembang disana. Jika ada tawaran yang lebih baik di kantor lain, kenapa tidak dicoba?

3. Teman-temanmu pergi meninggalkanmu

adult-airport-arriving-1457691

Satu persatu teman kamu pergiresignmeninggalkan kamu, dengan begitu bisa dibilang bahwaturnoverpada perusahaan tersebut tinggi, dimana setiap kontrak habis, karyawan tidak ingin memperpanjang kontrak karena benefit dan penghasilan yang didapat dirasa tidak bisa menutupi beban kerja yang cukup besar. Selain itu, bisa jadi perusahaan kamu kurang menghargai pegawainya, sehingga banyak tawaran lain diluar sana yang lebih menggoda dan menyebabkan banyak karyawan di perusahaan kamu berpindah ke lain hati.

4. Waktu kerjamu tidak beraturan

antique-classic-countdown-1095601

Bukan berarti lembur ya, disini maksudnya kamu dikontak atasan kamu diluar jam kerja, contohnya: kamu dichatsama bos kamu jam 12 malam, untuk minta revisi video, yang sudah kamu berikan saat jam kerja beberapa hari sebelumnya, padahal kamu hanya pekerjapart time. Sedangkan, pada saat jam kerja, saat kamu meminta pekerjaan disebutkan kamu tidak ada pekerjaan lain jadi diperbolehkan pulang, namun sialnya saat sudah sampai rumah, kamu dikontak lagi untuk datang ke kantor karena atasan kamu lupa ada pekerjaan yang harus kamu selesaikan. Jika kamu mengalami hal ini, mungkin sudah saatnya kamu mencari tempat lain untuk bekerja.

Kejadian seperti itu, cukup membuat stress, karena kamu hanya sebatas pekerja lepas, dimana keuangan kamu juga terbatas. Jika bekerja diluar kantor kada tidak dihitung bekerja, tapi saat kamu di kantor, tidak ada pekerjaan yang bisa kamu kerjakan karena atasan kamu yang mengatur segalanya. Untuk pekerja tetap, mungkin hal ini sering terjadi, namun tidak terlalu memberatkan karena ada upah lembur, jadi mungkin masih bisa untuk ditoleransi.

5. Kesehatanmu mulai terganggu

adult-black-and-white-dark-551588

Sebelum kamu bekerja di perusahaan kamu sekarang, kamu memiliki rekam medis yang baik, tidak ada penyakit secara jasmani dan rohani. Namun, setelah kamu bekerja mulai muncul permasalahan mental dan lainnya, jangan dianggap ringan! Jika mental kamu mulai terganggu akibat dari pekerjaan yang kamu lakukan, mungkin saatnya kamu harusresign. Mental kamu harus baik untuk menjalani hidup yang baik, jika mental kamu terganggu, efeknya bukan hanya pekerjaan kantor yang terganggu, namun juga kehidupan sosial kamu diluar.

Apa tanda-tanda ini sudah kamu rasakan?

Jika sudah, mungkin sudah saatnya kamu browsingJobStreetuntuk mencari tempat baru yang lebih baik! Lihat juga testimoni dari karyawan terdahulu di perusahaan yang kamu ingin lamar disini: Company Profile

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.