8 Tips untuk Kamu Si Pegawai Baru!

8 Tips untuk Kamu Si Pegawai Baru!
Jobstreet tim konten – diperbarui pada 30 June, 2022
Share

Selamat! Kamu telah diterima! Sekarang masuk ke tahap selanjutnya, yaitu adaptasi pada lingkungan kerja. Kamu bingung harus bagaimana saat dikantor? Nih LiNa kasih saran supaya ga tengsin (minder,malu, kurang percaya diri) dikantor baru!

1. Sapa teman satu tim kamu

Setiap pagi dan pulang, setidaknya sapalah teman satu tim /divisi kamu! Mulailah obrolan kecil dengan mereka, atau diskusi tentang idemu tentang pekerjaan tersebut. Tidak perlu untuk berbicara panjang lebar, cukup obrolan singkat. Hal ini bermaksud untuk menjaga adanya interaksi antara kamu dengan teman-teman kamu. Tidak baik juga kalau kamu terlalu cuek dengan teman-teman disekitar kamu. Kemungkinan malah kamu akan dijauhi oleh mereka.

2. Pakai baju sesuaidress code

Perhatikan apakah kantor kamu memilkidress codepada hari-hari tertentu? Untuk seminggu pertama, coba kamu perhatikan seragam yang digunakan oleh para karyawan disana. Sehingga, minggu depannya kamu tidak akan saltum (salah kostum).

3. Atur waktu, jangan sampai telat!

Jangan sampai waktumu terpakai untuk hal-hal yang tidak penting. Lakukanlah semua pekerjaan kamu, jangan sampai lewat dari deadline! Hal ini dapat membuatmu dilihat lebih professional dan menghargai waktu. Usahakan juga, untuk tidak sering telat masuk kantor. Jika kamu telat dirimu akan terlihat tidak serius dan kurang bertanggung jawab. Mengatur waktu memang sulit, namun coba tetapkan waktu untuk bekerja, jangan sampai lalai karena pembagian waktumu tidak baik!

4. Cobalah santai dan berbaur

Jangan terlalu kaku! Coba lebih terbuka dan menghargai keberadaan orang lain. Jangan terlalu dibawa serius, kecuali saat membicarakan masalah pekerjaan, sisanya kamu bisa santai saja. Namun, hal ini juga bisa tergantung lingkungan kerja dan rentang umur pekerja di kantor kamu. Kalau kamu berada di lingkungan yang pekerjanya termasuk angkatan senior, maka usahakan kamu tetap sopan dan menjaga keakrabanmu dengan mereka.

5. Jangan gosip! Kamu di situ kerja bukan arisan!

Masa anak baru udahnge-gosip aja sih? Memang bukan kamu si biang gosipnya, namun kamu juga tidak perlu ikut-ikutangosipinorang lain juga. Lalu, apa yang bisa kamu lakukan? Dengarkan dan lupakan. Jangan terlalu mengingat–ingat gosip tentang orang lain. Hal itu bisa buat kamu jadi tidak objektif nantinya. Tetap berteman dan hindari gosip-gosip tak perlu yang hanya akan menghambat kariermu nantinya.

6. Berinisiatiflah! Jangan menambah beban atasan kamu!

Kamu sebagai anak baru jika tidak tahu, bertanyalah! Jika ingin melakukan sesuatu, lakukanlah! Jangan terlalu terpaku pada suruhan saja. Berikanlah yang menurutmu terbaik dan suarakan pendapat kamu. Pakai ide-idemu untuk berdebat dengan atasanmu, siapa tau kamu mendapatkan pandangan baru lain yang kemungkinan menjadi suatu ide yang lebih baik lagi! Atasanmu juga senang jika kamu memberikan masukan-masukan, artinya kamu juga ikut serta berpikir untuk menyelesaikan masalah yang ada.

7. Fokus

Bukan berarti kamu harus kayak kuda delman, sampai perlu dikasih penghalang mata. Intinya, jangan sampai kamu hilang tujuan dan bingung dengan tujuan dari pekerjaanmu. Jangan sampai saat atasan udah mengajarkan kamu satu hal baru, besoknya kamu tanya lagi karena lupa. Ketika kamu kehilangan fokus, kamu artinya telah lalai dalam menjalankan tugasmu dan juga membuang waktumu dua kali lipat. Jadi jangan sampai tidak fokus saat kerja ya JobStreeters!

8. Jangan terlalu mengungkit masa lalu!

Kamu aja malas kan kalau dengar orang cerita cinta lamanya? Nah begitu juga orang lain, merekagakmau tahu tentang pekerjaan lama kamu sedetail itu, dan kamu juga harus ingat bahwa kamu telah bekerja di tempat baru! Bawalah aura-aura positif yang kamu dapat dari pekerjaan yang lama, seperti:working paceyang cepat dan efisien, lebihopen minded, dll. Berikan yang terbaik untuk perusahaan baru kamu, dan nikmatilah keadaan kamu sekarang!

Dan jangan lupa untuk tetap berusaha memberikan yang terbaik! Adaptasi di tempat yang baru memang susah, nikmatilah keadaan kamu sekarang ini, jangan terlalu menuntut jika kamu belum memberikan yang terbaik! Selamat bekerja JobStreeters.

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.