7 Tips Untuk Tetap Diplomatis dalam Politik Kantor

7 Tips Untuk Tetap Diplomatis dalam Politik Kantor
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

7 must-dos to maintain your diplomacy in office politics

Politik kantor adalah bagian tak terelakkan dari kehidupan kerja, di mana pun perusahaan tempat kita bekerja. Memilikiindividu dengan temperamen dan perspektif berbedayang bekerja sama secara erat setiap hari akan mengakibatkan ketegangan dan ketidaksetujuan. Hal ini sebenarnya wajar terjadi. Namun yang penting adalah bagaimana kitamenangani konflik dan perbedaanitu.

Tempat kerja yang sehat memiliki perspektif dan pendapat yang berbeda - itulah cara kita belajar dan tumbuh. Tetapi untuk memastikan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif, penting untukmembangun budaya keragaman dan rasa hormat.Pastinya ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tetapi seperti yang pernah dikatakan oleh Mahatma Gandhi, 'Jika kita dapat mengubah diri kita, kecenderungan di dunia juga akan berubah. Ketika seorang manusia mengubah sifatnya sendiri, demikian juga sikap dunia berubah ke arahnya. … Kita tidak perlu menunggu untuk melihat apa yang dilakukan orang lain." Singkatnya, 'kita harus menjadi perubahan yang ingin kita lihat di dunia.'

Jika Anda berjuang untuk mempertahankan diplomasi Anda dalam politik kantor, inilah tujuh hal yang harus dilakukan untuk membantu Anda mengatasi situasi yang menantang ini:

1. Jangan mengeluh tentang pekerjaan di tempat kerja

Sangat menggoda untuk melampiaskan frustrasi kerja kita, tetapi jika Anda tidak ingin terlibat dalam drama kantor, pastikan Anda tidak mengobarkan api. Sebaiknyajangan mengeluh tentang pekerjaan di tempat kerja- Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin mendengarkan, dan Anda akan berisiko kata-kata yang Anda katakan digunakan untuk melawan Anda.

2. Perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan

Sangat sulit untuk tetap ramah ketika seseorang melemparkan tuduhan kecil kepada Anda, atau mencoba untuk menjatuhkan Anda di depan bos, tetapi jika Anda dapat mengatasinya dan tetap profesional, Anda akanmendapatkan rasa hormat rekan-rekan dan bos Anda, berbeda dengan pembuat masalah tersebut. Anda juga akan merasa diri Anda sendiri lebih baik dengantidak terjebak dalam hal negatif dan drama.

3. Bernapas

Jika keadaan menjadi terlalu panas, atau Anda menerima email tidak menyenangkan yang membuat Anda marah,ambil napas dalam-dalam dan menjauhlah dari meja Anda, atau beri tahu rekan kerja Anda bahwa Anda perlu waktu istirahat. Pergi berjalan-jalan di sekitar blok, minum kopi, danluangkan waktu untuk mengumpulkan pikiran Anda. Saat Anda kembali ke masalah yang dihadapi, Anda akan dapatmelihat berbagai hal secara lebih obyektifdan merespons dengan keadaanpikiran yang lebih tenang.

4. Bangun persahabatan yang berarti di tempat kerja

Setiap orang membutuhkan kelompok pendukung. Dengan membangun persahabatan di tempat kerja, Anda memastikan bahwa Anda mempunyai teman yang dapat dipercaya ketika keadaan menjadi sulit. Ini juga sangat membantu jika memilikirekan yang dapat dipercaya untuk memberi nasihat dan dukungan moral. Memiliki orang-orang yang berpikiran sama yang 'nyambung' dengan Anda di tempat kerja membuat perbedaan besar bagi kebahagiaan pekerjaan Anda, yang  membuat Anda tetap dalam keadaan pikiran yang lebih tenang.

5. Jaga jarak Anda dari diva dan ratu drama

Akan selalu ada diva dan ratu drama di mana pun Anda pergi. Beberapa orang mencari perhatian untuk mengkompensasi ketidakamanan mereka, sementara yang lain terbawa oleh ambisi karir dan keinginan untuk berkuasa. Apa pun alasan mereka, sebaiknyajauhi mereka jika Anda tidak ingin terseret ke dunia politik kantorkecil mereka.

6. Fokus pada pekerjaan Anda

Anda dipekerjakan untuk melakukan pekerjaan. Fokus untukmelakukan yang terbaiksesuai kemampuan Anda dan menghindari politik kantor sebanyak mungkin. Itu tidak berarti Anda tidak memiliki pendapat. Artinya Anda harustetap tenangdan menjaga hal-hal yang sederhana danbebas drama. Penting untuk menjalin ikatan dengan rekan kerja Anda, tetapijaga topik percakapan tetap netral dan bebas gosip.

7. Berhati-hatilah dengan siapa Anda curhat

Mungkin sulit untuk mengenali para pembuat onar di awal, jadi luangkan waktu Anda untukmengenal rekan kerja Anda sebelum menceritakanhal-hal yang dapat mereka gunakan untuk melawan Anda nantinya. Beberapa orang bisa sangat menipu. Lebih baik mencari aman daripada menyesal!

Politik kantor bisa sangat mengintimidasi, belum lagi stres dan kontraproduktif. Jika Anda merasa lelah oleh energi negatif dan beracun tersebut, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan kembali masa depan Anda dengan perusahaan.Tidak ada pekerjaan yang layak mengorbankan kesejahteraan mental dan emosional Anda.

Dan sementara setiap tempat kerja adalah unik dan Anda tidak akan benar-benar tahu apa yang terjadi sampai Anda berada di sana,membaca ulasan perusahaan secara onlineadalah langkah awal yang bagus untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh calon tempat kerja Anda. Berdasarkan pengalaman mantan karyawan dan karyawan saat ini, Ulasan Perusahaan Jobstreet.com adalah cara terbaik ketika Anda perlu mengetahui tentang budaya perusahaan yang akan Anda pilih. Kunjungi Ulasan Perusahaan di JobStreet atau berikan komentar Anda sekarang.

Ikuti Instagram, Twitter, dan Facebook kami untuk tips serta tren karier terbaru dan menarik lainnya.

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.