7 nilai dan keterampilan untuk berkembang di industri Perhotelan

7 nilai dan keterampilan untuk berkembang di industri Perhotelan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

7 nilai dan keterampilan yang harus dimiliki untuk berkembang di industri keramahtamahan

Industri perhotelan mungkin adalah salah satu industri yang paling melelahkan untuk dikerjakan. Bisnis yang berorientasi pada pariwisata dan layanan sangat bergantung pada rekomendasi, penilaian dan ulasan pelanggan yang positif untuk membangun loyalitas merek dan pertumbuhan penjualan yang berkelanjutan. Di situlah letak tantangannya: mengelola orang (baik itu karyawan atau pelanggan).

Bisnis membutuhkan karyawan yang berdedikasi dan penuh semangat yang benar-benar menikmati pekerjaan mereka, yang kemudian akan menghasilkan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, pemasaran dari mulut ke mulut yang positif dan asosiasi merek yang menguntungkan. Lantas apa yang perlu dilakukan oleh pekerja dibidang keramahtamahan, untuk membangun karier yang sukses di industri ini?

Sebagai permulaan, Anda harus menguasai 7 nilai dan keterampilan yang harus dimiliki berikut untuk berkembang di bidang yang penuh tuntutan ini:

# 1 Kesabaran

Ini adalah nilai yang paling penting dari semuanya ketika berhadapan dengan orang-orang, memiliki kesabaran yang tak terbatas akan membuat Anda berada dalam keadaaan yang baik bila Anda dihadapkan pada tuntutan dan harapan yang tidak masuk akal. Hal terbaik yang harus dilakukan dalam situasi seperti itu adalah mendengarkan pelanggan dengan penuh perhatian dan mempertahankan kepercayaan diri yang tenang. Bahkan jika Anda tidak dapat memberikan solusi ideal, tetap tenang akan mencegah pelanggan merasa lebih gelisah.

# 2 Empati

Orang bisa merasakan jika Anda benar-benar memperhatikan atau hanya mengatakan apa yang ingin mereka dengar untuk segera menghindarinya. Memiliki empati adalah kualitas yang baik bila bekerja di industri jasa, dan ini berlaku untuk pelanggan dan karyawan atau rekan kerja.

Menunjukkan kepedulian dan minat tulus terhadap kesejahteraan orang lain akan sangat membantu membangun hubungan yang berarti dengan mereka. Mereka akan merespons dengan lebih baik lagi jika mereka melihat Anda benar-benar peduli.

# 3 Fokus

Seperti yang telah kita bangun sebelumnya, bekerja di industri keramahtamahan bisa sangat menantang dan intens. Anda mungkin terbebani oleh tekanan yang stabil untuk bekerja, tapi penting bagi Anda untuk menemukan cara agar tetap tenang dan fokus meski ada tantangan menakutkan yang Anda hadapi. Dengan berfokus pada tugas yang ada, Anda dapat mengatasi stres dan mendorong diri Anda untuk mengeksplorasi cara yang lebih kreatif dan efisien untuk menyelesaikan pekerjaan.

# 4 Komunikator yang baik

Keterampilan komunikasi yang kuat (baik lisan maupun tulisan) sangat penting saat bekerja di bisnis berbasis layanan. Berurusan dengan pelanggan memerlukan kebijaksanaan dan kepekaan, karena menggunakan nada dan cara komunikasi yang tepat sesuai situasi adalah kunci untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang positif.

# 5 Pemecah masalah yang kreatif

Orang cenderung menjadi makhluk yang sangat kompleks, oleh karena itu penting untuk menjadi kreatif saat memecahkan masalah yang melibatkan emosi. Dengan mengeksplorasi cara alternatif untuk meredakan situasi yang tegang, Anda akan menemukan pendekatan yang berbeda yang mungkin mengejutkan dan bahkan menyenangkan pelanggan. Oleh karena itu penting bahwa Anda didorong oleh kebutuhan untuk memecahkan masalah secepat dan seefisien mungkin.

# 6 Terbuka untuk umpan balik

Semua umpan balik memiliki manfaat, meski tidak selalu relevan. Dengan pemikiran ini, Anda harus terbuka dan menghargai umpan balik dari pelanggan, meskipun dengan sudut pandang objektif tanpa menganggapnya terlalu pribadi. Penting untuk membedakan antara kritik konstruktif dan keluhan kecil. Tetap terbuka, tapi fokus belajar dari pengalaman dan terus maju.

# 7 Self-starter (Inisiatif Diri)

Kunci sederhana untuk memberikan layanan pelanggan adalah: inisiatif. Dengan melakukan pendekatan aktif dalam pekerjaan Anda dan mengantisipasi masalah daripada bereaksi terhadapnya, Anda berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk mencegah terjadinya masalah. Hal ini memungkinkan Anda untuk mempertahankan kepuasan pelanggan daripada menghadapi akibat kerusakan yang telah terjadi.

Menjadi self-starter menunjukkan semangat dan dedikasi yang kuat terhadap pekerjaan Anda, yang secara efektif menempatkan Anda di jalur cepat untuk mempercepat pembelajaran dan pertumbuhan karier di industri keramahtamahan.

Untuk wawasan lebih update tentang tip pertumbuhan karier dan tren ketenagakerjaan terbaru, ikuti halaman Facebook kami !

More from this category: Pengembangan karir

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.