8 Lowongan Kerja Disabilitas dengan Prospek Menjanjikan

8 Lowongan Kerja Disabilitas dengan Prospek Menjanjikan
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Sering kali, seorang difabel dihadapkan dengan kesulitan mencari lowongan kerja disabilitas. Kondisi ini dikarenakan terdapat stigma yang tidak adil dan diskriminatif bagi orang-orang yang merupakan bagian dari kelompok ini.

Stigma ini umumnya terjadi karena pandangan bahwa seorang dengan disabilitas tidak akan bisa bekerja dengan baik jika dibandingkan dengan tenaga kerja yang bukan dari bagian kelompok tersebut. Padahal pada kenyataannya, hal ini salah besar.

Setiap orang pasti memilikiskill, kapabilitas, dan cara bekerja yang berbeda-beda. Entah orang tersebut difabel atau pun bukan, setiap manusia pasti memiliki kelebihan di bidang tertentu dan kekurangan di bidang lainnya. Tidak ada seorang yang sepenuhnya sempurna, hal ini juga berlaku di dunia kerja.

Stigma diskriminatif yang ada sering kali membuatjobseekerskesulitan mencari lowongan kerja disabilitas. Apakah kamu salah satu di antaranya? Jika iya, jangan merasa kecil hati dulu, ya!

Meski sering kali dicap sebagai “kekurangan”, nyatanya hak kerja pekerja disabilitas dijamin sepenuhnya oleh aturan Pemerintah Indonesia. Hal ini tentu karena sama dengan pekerja lainnya, penyandang difabel juga punya potensi yang sama untuk menjadi pegawai dengan kinerja yang baik.

Yuk baca artikel ini agar kamu bisa dapat tips untuk mencari lowongan kerja disabilitas dan hak-hak apa saja yang patut kamu dapatkan!

Jaminan Hak Pekerja Disabilitas oleh Pemerintah

Dari segi peraturan pemerintah, Undang-Undang No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dengan jelas dan tegas mengungkapkan bahwa penyandang difabel harus diberikan peluang yang sama dalam akses lowongan kerja.

Berikut ini adalah hak-hak yang wajib dipenuhi oleh perusahaan dan negara bagi penyandang disabilitas di dunia kerja.

  1. Memperoleh pekerjaan yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, atau swasta tanpa Diskriminasi
  2. Memperoleh upah yang sama dengan tenaga kerja yang bukan Penyandang Disabilitas dalam jenis pekerjaan dan tanggung jawab yang sama
  3. Memperoleh akomodasi yang layak dalam pekerjaan
  4. Tidak diberhentikan karena alasan disabilitas
  5. Mendapatkan program kembali bekerja
  6. Penempatan kerja yang adil, proporsional, dan bermartabat
  7. Memperoleh kesempatan dalam mengembangkan jenjang karir
  8. Hak memajukan usaha, memiliki pekerjaan sendiri, wiraswasta, pengembangan koperasi, dan memulai usaha sendiri.

Partisipasi Perusahaan Mewujudkan Lowongan Kerja Disabilitas

Dalam komitmennya untuk menciptakan perekonomian yang inklusif, Pemerintah Indonesia merevitalisasi Jejaring Bisnis dan Disabilitas Indonesia (JBDI). Pada 3 Desember 2020, peluncuran kembali ini bersamaan dengan dengan peringatan Hari Internasional Penyandang Disabilitas.

Pada awal pendiriannya, JBDI diluncurkan di tahun 2016 oleh lima perusahaan pendiri, yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk., PT L’Oreal Indonesia, PT Standard Chartered Indonesia, PT TetraPak Stainless Engineering, dan PT Trans Retail Indonesia.

Perusahaan-perusahaan tersebut berkomitmen untuk mempromosikan peluang kerja bagi penyandang disabilitas melalui empat fokus. Mulai dari penyiapan sektor bisnis, penyiapan tenaga kerja difabel, perekrutan inklusif, dan penciptaan nilai inklusivitas. Gerakan ini disambut dengan baik oleh International Labour Organization (ILO).

Menurut Tendy Gunawan, selaku National Program Officer ILO Indonesia, dari peluncuran kembali program ini, sudah terdapat 75 perusahaan baru yang menjadi anggota JBDI ang terdiri atas perusahaan swasta, sektor non-profit, perusahaan multinasional, BUMN dan sektor usaha lainnya.

Contoh perusahaan lain yang baru bergabung yaitu, adalah Burger King Indonesia, PT FWD Insurance, Alfamart, PT Martha Tilaar Group, PT Jotun dan beberapa perusahaan garmen di bawah program Better Work Indonesia ILO.

Gimana? Ternyata meski dihadapkan dengan stigma yang kurang adil, upaya pemerintah dan partisipasi nyata banyak perusahaan menjadi tanda bahwa kamu punya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan!

Karena itu, jangan sampai kamu patah semangat dulu! Apalagi, banyak perusahaan-perusahaan besar dan ternama juga telah menjadi bagian JBDI. Artinya, pintu peluang terbuka untuk karirmu!

8 Lowongan Kerja Disabilitas dengan Prospek Menjanjikan

Sebelumnya, kita sudah membahas perusahaan apa saja yang ikut berpartisipasi dalam mendukung dihadirkannya lowongan kerja bagi penyandang disabilitas. Karena dijamin hak penempatan kerja yang adil, maka sebenarnya kamu bisa saja kerja di mana pun dan posisi apa pun.

Tetapi, terdapat pekerjaan yang ramah bagi penyandang disabilitas lho! Misalnya saat ini, banyak pekerjaan yang tidak membutuhkanwork from officealiaswork from homedan tidak perlu aktivitas fisik yang berat.

Kira-kira apa saja pekerjaan difabel yang bisa dilamar oleh kamu dan punya prospek menjanjikan ya? Ini sebagian di antaranya!

  • Copywriter

Dalam era digitalisasi ini, pekerjaan Copywriter pasti dibutuhkan oleh mayoritas perusahaan. Posisi Copywriter ini akan berhubungan dalam membuat produk perusahaan lebih menarik dengan kata-kata yang persuasif serta interaktif. Adanya Copywriter akan memberikan persona yang khas untuk mewakili perusahaan untuk menarik pembelian target konsumen perusahaan.

Karena ituskillsyang dibutuhkan biasanya adalah kemampuan menulis, berpikir kritis, dasar-dasar digital marketing, dan minat kuat belajar pengetahuan baru karena harus mengikuti tren yang berlaku. Serunya, lowongan pekerjaan ini sekarang banyak yang tersediaremotedan jenjang karirnya pun menjanjikan.

  • Web Developer

Memasuki tahun ketiga pandemi, banyak perusahaan bangkit dari keterpurukan dampak pandemi. Kebangkitan ini dikarenakan mudahnya akses teknologi membuat konsumen dari beragam latar belakang menjadi target potensial bagi perkembangan bisnis perusahaan.

Apapun produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan, agar bisnisnya semakin relevan, sebuah perusahaan pasti membutuhkan website. Kondisi ini lah yang membuat Web Developer menjadi salah satu lowongan kerja yang bisa diakses dan relevan untuk penyandang disabilitas.

Pekerjaan ini terbilang fleksibel karena banyak posisifreelanceataufull-timedengan WFH. Skills yang dibutuhkan di antaranya bahasa pemrograman (HTML/CSS dan Javascript), memahami cara membuat desain pengguna website, dan analisis data.

  • UX Writer

Saat ini banyak platform digital dari luar negeri yang melakukan ekspansi ke Indonesia, serta platform Indonesia yang ekspansi secara global. Mulai dari aplikasi seperti Tiktok, Blibli, Alibaba, Instagram, IDX, dan banyak lagi. Seluruh platform ini awalnya hanya punya versi bahasa negara asalnya saja.

Namun, untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen dari negara tujuan ekspansinya dan meningkatkan skala bisnisnya, UX Writer yang mampu memberikan pengalaman penggunaan platform yang baik bagiusers-nya melalui tulisan, elemen, dan tampilan aplikasi.

Maka,skillsyang dibutuhkan oleh posisi ini adalah keterampilan menulis untuk aplikasi dan website, serta pemahaman dasar tools design khusus seperti Figma.

  • Content Writer

Apakah kamu senang menulis artikel? Jika iya, Content Writer bisa jadi pilihan karirmu! Seorang Content Writer memiliki tugas khusus menulis konten artikel untuk website perusahaan untuk meningkatkan jumlah traffic (pengunjung) suatu website.

Karena itu, skills yang dibutuhkan adalah pemahaman mengenai SEO (Search Engine Optimization), keterampilan menulis, dan keinginan untuk memahami berbagai topik yang relevan bagi perusahaan.

  • Social Media Admin

Profil media sosial berperan krusial dalam menghasilkan dampak yang baik bagi perkembangan bisnis perusahaan. Di sinilah peran seorang Admin Media Sosial penting untuk mengelola profil media sosial perusahaan dengan maksimal. Pasalnya, pekerjaan ini tidak hanya sekedar mengunggah konten ke media sosial, melainkan juga perlu menjaga interaksi dengan audiens sebagai target pasar.

Maka dari itu, skill yang dibutuhkan adalah pemahaman cara kerja sosial media seperti Instagram, kemampuan komunikasi yang baik dengan audience, kreativitas, dan pemahaman baik soal produk perusahaan.

  • Translator

Jika kamu menguasai bahasa asing, maka lowongan kerja disabilitas yang tepat untukmu adalah Translator. Pada era digitalisasi di mana setiap negara semakin terkoneksi, banyak sekali instansi membutuhkan kemampuan yang dimiliki seorang penerjemah agar distribusi informasi menjadi lebih mudah.

Karena itu, selain kemampuan bahasa asing, seorang translator harus punya wawasan yang luas, kemampuan menyampaikan informasi yang relevan sesuai teks sumber, hingga kemampuan berpikir kritis.

  • Desain Grafis

Konten visual adalah salah satu faktor penting untuk membangun persona digital perusahaan. Materi tulisan dan gambar yang menarik pastinya akan menunjang bisnis dan penjualan perusahaan. Karena hal ini, peran Graphic Designer pasti dibutuhkan.

Pekerjaan ini membutuhkan skill mengoperasikan software desain dan ilustrasi digital seperti Adobe Illustrator, Photoshop, dan InDesign. Selain itu, kreativitas juga menjadi pondasi utama pekerjaan ini.

  • Content Creator

Bersamaan dengan meningkatnya kesadaran dan kepedulian atas isu-isu kesetaraan, saat ini banyak sekali content creator yang mampu bersinar lewat konten-konten edukasi dan interaktifnya. Ditambah lagi, format konten beragam dan hampir seluruh platform konten menyediakan fitur aksesibilitas bagi penyandang disabilitas.

Hal ini bisa menjadi peluang untukmu sebagai Content Creator individual memperoleh pendapatan melalui monetisasi karya yang dibuat. Mulai dari Youtube, TikTok, Instagram, dan bahkan Twitter.

Untuk pekerjaan ini, kamu bisa belajar mengasah skill dalam membuat konten yang menarik dan interaktif. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja bermodalgadgetdan kreativitas dalam menyusun dan menyampaikan konten yang menarik.

Itu dia berbagai pekerjaan yang bisa menjadi pilihan karirmu. Tentunya, penyandang disabilitas memiliki tantangan yang berbeda-beda karena spektrum disabilitas yang luas. Mulai dari disabilitas fisik, intelektual, pendengaran, penglihatan, autisme, dan lainnya.

Namun di tengah tantangan ini, kamu tidak perlu khawatir. Seiring dengan meningkatnya kesadaran dan kepedulian masyarakat, dibarengi dengan upaya pemerintah, dan partisipasi aktif perusahaan-perusahaan Indonesia, penyandang difabel pun punya hak dan peluang yang lebih baik untuk mendapat pekerjaan di zaman sekarang.

Siap untuk dapat pekerjaan? Mari mulai karirmu bersama JobStreet ! Lewat job portal kami, kamu bisa menemukan lowongan pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang mengedepankan inklusivitas. Terus semangat dan semoga berhasil!

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store agar kamu bisa memantauupdatelamaran kerjamu kapan pun dan di mana pun!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.