6 Tools Komunikasi Efektif yang Bisa Kamu Beritahu Bosmu

6 Tools Komunikasi Efektif yang Bisa Kamu Beritahu Bosmu
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Di eranew normalini kerja jarak jauh menjadi opsi yang banyak dipilih untuk terus bekerja. Banyak keuntungan yang dapat diambil dari kerja jarak jauh, seperti berkurangnya biaya transportasi. Namun, banyak juga masalah yang muncul, salah satunya adalah komunikasi antar rekan kerja. Komunikasi yang efektif sulit dilakukan apabila kamu bekerja secara terpisah, apalagi jika hanya melalui teksemail!

Tenang, ada sejumlahtoolsyang dapat membantu kamu berkomunikasi bersama tim dengan mudah dan cepat meskipun kalian sedang bekerja secara terpisah di rumah masing-masing. Kalau kamu menyarankan toolskomunikasi ini ke bosmu, tentu kamu akan terlihat berinisiatif, bukan?

Apa ItuToolsKomunikasi?

Singkatnya,toolskomunikasi adalah solusi digital yang membantu kamu bekerja dengan lebih produktif. Ada berbagai macam cara untuk berkomunikasi di tempat kerja, dan karena itu, ada banyaktoolsberbeda juga di pasaran dengan tujuan yang beragam. Baik itu telepon berkualitas tinggi, panggilan video, manajemen proyek, ataupun manajemen tugas, berbagaitoolsini memenuhi kebutuhan kerja yang berbeda-beda.

Yang pasti, semua alat komunikasionlineini membantu kamu dan tim kerja kamu terhubung secara langsung meskipun sedang terpisah. Dengan alat yang tepat, percakapan kamu dengan rekan kerja dapat berjalan lancar tanpa kesalahpahaman, proyek yang dikerjakan dapat disusun dan dipantau bersama-sama, dan tugas masing-masing dapat disortir dengan baik. Tentunya ini sangat penting ketika sedang bekerja jarak jauh!

Lantas, alat komunikasi mana yang paling cocok untukmu? Yuk simak penjelasan fitur alat-alat komunikasi di bawah ini dan tentukan mana yang terbaik untuk diberitahukan ke bosmu!

  • Slack

Apakah kamu butuh ruang percakapan terpisah untuk timdesigndanmarketing, misalnya? Slack adalah alat komunikasi yang kamu cari. Slack merupakantoolskomunikasi kerja yang paling terkenal di pasaran berkat fitur pengiriman pesan yang cepat dan mudah. Kategori pesan kamu dapat dibagi-bagi sesuai keinginan dan kebutuhan, seperti dengan tim, departemen, atau bahkan perusahaan kerja yang berbeda. Rapat pun dapat dilakukan di Slack melalui konferensi video!

Biaya: Tersedia versi gratis. Harga premium Slack dimulai dari $6,67 tiap bulan per pengguna, dengan kapasitas dua kali lipat versi gratisnya.

Cocok untuk: Pengiriman pesan yang efisien.

  • Fuze

Kalau kamu perlu berkolaborasi secara visual bersama tim kerja, Fuze akan sangat membantu. Fitur papan tulisnya dapat digunakan untukbrainstormingatau mendesain suatu karya bersama-sama. Fuze juga berguna untuk mengunggah dan berbagifilesaat sedang konferensi video, jadi tidak perlu repot-repot menutup panggilan dan membuka aplikasi lain! Kualitas panggilan di Fuze pun tinggi dan fiturmeetingnya dapat berisi hingga 1000 partisipan.

Biaya: Dimulai dari $15 per bulan untuk tiap pengguna.

Cocok untuk: Ruang kolaborasi kerja yang efektif.

  • RingCentral

Semua fitur hampir dapat kamu dapatkan di RingCentral, dari pesan singkat, panggilan telepon dan video, pembagianfile,kalender bersama, manajemen proyek, hingga manajemen tugas. Semua ini dapat dilakukan hanya dengan satu klik. RingCentral juga terhubung dengan Google Drive, yang dapat membuat kolaborasi dan komunikasi kerja kamu semakin mudah.

Biaya: Dimulai dari $19,99 per bulan hingga $49,99 per bulan.

Cocok untuk: Kolaborasi kerja yang memerlukan fiturall-in-one.

  • Pastel

Pastel adalahtoolskomunikasi yang dibuat khusus untuk masalah desain UI/UX dan situs web. Kamu dapat mengundang rekan kerja lainnya untuk masuk ke suatu situs dan memberikan masukan mengenai elemen situs tersebut. Perubahan apapun yang kamu buat pada situs tersebut, semua orang akan langsung tahu. Kamu pun dapat berpindah-pindah ke berbagai situs yang dijadikan proyek dan mencatat informasi yang dibutuhkan untuk klien dan rekan kerja satu tim. Dengan ini, masalah UI/UX pun dapat diselesaikan dengan cepat.

Biaya: Tersedia versi gratis. Paket berbayar dimulai dari $49 per bulan untuk tiap pengguna.

Cocok untuk: Perancang situs web dan UI/UX.

  • Confluence

Confluence adalah alat komunikasi yang merangkap dua hal: manajemen proyek dan kolaborasi kreatif. Fitur menarik yang dimiliki Confluence adalahtemplatemanajemen proyeknya. Dengan ini, kamu dan tim kerja tidak perlu repot-repot menciptakan rancangan kerja dari awal. Pekerjaan di Confluence pun dapat diintegrasi dengan yang sudah ada di Trello atau Jira, sehingga memudahkan kamu untuk bekerja dalam satu ruang.

Biaya: Tersedia versi gratis. Harga premium dimulai dari $5 tiap bulan per pengguna.

Cocok untuk: Manajemen proyek dan kolaborasi kreatif.

  • Basecamp

Seperti namanya, Basecamp dapat membantu kamu dan tim kerja berkomunikasi dengan mudah dalam satu platform. Dari jadwal bersama, papan pengumuman, daftar kebutuhan, penyimpananfiledan dokumen, hingga percakapan virtual, semuanya lengkap dimiliki Basecamp.

Biaya: $99 per bulan untuk satu tim, tanpa tambahan apapun.

Cocok untuk: Tim kerja yang membutuhkan alat komunikasi, kolaborasi, dan manajemen proyek dalam satu platform.

Demikian rincian singkat tentangtoolskomunikasi yang bisa kamu sarankan kepada bosmu untuk kerja jarak jauh! Pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini memang dapat menyulitkan kondisi kerjamu. Namun, keberadaantoolskomunikasi ini diharapkan dapat meringankan bebanmu dan membuatmu lebih nyaman dalam berinteraksi dengan sesama rekan kerja. Tetaplah semangat dan gigih dalam meraih pencapaianmu dalam dunia kerja!

Apabila kamu memperoleh pengalaman baru, ingat untuk terus perbarui profil Jobstreet-mu. Jangan lupa untuk menambahkan tagar #LangsungKerja jika kamu dapat bekerja dalam waktu dekat. JobStreet akan senantiasa menemanimu dalam mencari pekerjaan yang berarti. Kunjungi Halaman Tips Karier kami untuk tips, berita, dan informasi lainnya.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.