6 Tips untuk Membantu Kamu Berhasil dalam Magang

6 Tips untuk Membantu Kamu Berhasil dalam Magang
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

6 Tips to Help You Succeed at that Internship_1 Magang dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi orang-orang yang baru memasuki dunia professional atau bahkan untuk mereka yang menginginkan perpindahan karier. Magang dapat membantu kamu mendapatkan pengalaman di industri yang diinginkan, membangun resume, dan memberi gambaran tentang bagaimana rasanya bekerja di posisi tertentu. Selain itu, karena biasanya menyediakan koneksi dan kompensasi profesional, pekerjaan magang adalah salah satu cara jitu untuk memulai karir profesional.

Durasi magang dapat bervariasi berdasarkan industri, perusahaan, dan jabatan. Dalam beberapa kasus, banyak orang mencari pekerjaan magang yang memungkinkan untuk menyeimbangkan beban sekolah dengan jam magang. Walaupun terkesan cukup menantang karena kamu harus menyeimbangkan pekerjaan magang dan sekolah, magang juga memberikan beberapa manfaat bagi mahasiswa seperti:

    • Mengembangkan dan menyempurnakanskill: Magang dapat membantu kamu mengetahui kekuatan dan kelemahan diri dari perspektif industri yang ingin digeluti. Kamu juga bisa menggunakan informasi ini untuk menetapkan tujuan karier untuk dikembangkan seiring berjalannya waktu.
  • Berpotensi memiliki gaji awal yang lebih tinggi: Memiliki pengalaman yang relevan dapat meningkatkan potensi di setiap jenjang kariermu. Beberapa perusahaan mungkin menganggapmu sebagai kandidatentry-leveldengan pengalaman magang di industri ini.
  • Memperluas koneksi: Beberapa magang mengarah langsung ke pekerjaan di dalam perusahaan. Namun, jika perusahaan tidak menawarkan pekerjaan setelah magang, peserta magang masih dapat mengembangkan hubungan profesional dengan bisnis tersebut. Hal ini dapat mengarah ke pekerjaan dan peluang lain.
  • Lebih mudah bertransisi ke dunia profesional: Transisi dari perguruan tinggi ke karir profesional bisa jadi sulit tanpa mengetahui apa yang diharapkan. Magang dapat membantumu memahami cara kerja dasar bisnis dan bagaimana kamu dapat berkontribusi lebih lanjut di perusahaanmu.
  • Mengeksplor jalur karirmu di masa depan: Magang menawarkanmu kesempatan untuk menjelajahi industri atau posisi untuk sementara. Bahkan, jika kamu tidak menikmati pekerjaan magangmu, kamu dapat menggunakan pengetahuan tersebut saat mencari posisi lain atau membuat keputusan tentang jurusan atau jalur kariermu.
  • Mendapatkan penghasilan: Banyak sekali pekerjaan magang yang memberikan kompensasi untuk pekerjaanmu. Kamu juga mungkin akan diberikan nilai tambahan untuk mata kuliahmu. Jika kamu tidak yakin, kamu bisa tanyakan kepada perekrut selama proses perekrutan bagaimana kamu akan diberi kompensasi untuk pekerjaanmu.

Dengan semua manfaat yang bisa kamu dapatkan, pekerjaan magang adalah salah satu kunci sukses untuk mahasiswa dan individu lain yang akan memasuki industri. Pengalaman dan sumber daya yang kamu terima dapat membantumu mengangun karir yang tepat, namun, pekerjaan magang dapat menjadi menakutkan, sulit, dan benar-benar mengerikan. Baik ketika Anda mengisi kertas, membuat kopi, atau duduk dalam rapat-rapat dengan para CEO, akan selalu ada ruang untuk peningkatan. Berikut adalah 5 cara untuk memanfaatkan kesempatan emas ini, berhasil dalam magang

  1. Perlakukan pekerjaan ini seperti pekerjaan sungguhan

Jika kamu ingin dianggap serius, maka kamu juga harus menganggap pekerjaan magang ini dengan serius. Perlu diingat bahwa pekerjaanmu akan berdampak bagi perusahaan tersebut. Tunjukkan pada atasan bahwa kamu antusias dan termotivasi bekerja untuk mereka.

Datanglah tepat waktu di pagi hari, sebelum rapat dimulai, dan menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu. Hal ini juga meliputi berpenampilan secara rapi dan baik. Jika kamu berpenampilan seperti akan pergi kuliah dan dengan baju yang kusut, maka kamu akan memberikan impresi bahwa kamu tidak menganggap pekerjaan ini dengan serius.

Amati bagaimana cara karyawan senior bertingkah laku, dan contohlah sikap baik mereka. Detail seperti ini mungkin terlihat sepele, tapi kamu dapat terlihat lebih menonjol dibanding peserta magang lainnya.

  1. Selesaikan Semua Tugas dengan Kualitas Terbaik

Terima semua tugas tanpa keluhan dan buatlah hasil kerja yang bagus. Perhatikan instruksi yang diberikan, dan bertanyalah jika ada hal yang belum jelas. Manfaatkan waktu untuk menghasilkan pekerjaan yang bagus. Tunjukkan bahwa kamu memperhatikan detail-detail dengan mengikuti instruksi dan memperhatikan kualitas. Walaupun kamu hanyalah seorang peserta magang, pekerjaanmu akan tetap berdampak untuk perusahaan. Jadi, kamu perlu untuk mempertimbangkan usaha yang diberikan pada pekerjaan tersebut agar hasilnya maksimal.

  1. Carilah masukan

Jika kamu mendapatkan masukan darisupervisor, pastikan untuk memperhatikan masukan tersebut. Kamu juga bisa bertanya kepada atasan untuk terus mengembangkan diri. Hal ini dapat membantu kamu mengevaluasi diri. Kamu bisa bertanya seputar kinerjamu selama ini, hal yang perlu ditingkatkan, dan masih banyak lagi. Tujuan dari pekerjaan magang ini adalah untuk belajar dan mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin.

Meminta masukan tidak hanya membantu kamu meningkatkan kinerja, tetapi juga menunjukkan bahwa kamu memiliki keinginan untuk maju dan berkembang. Hal ini juga akan membantumu menemukan kelebihan dan kelemahan diri.

  1. Hindari penggunaan media sosial pada jam kerja

Hindari untuk terlalu sering menggunakan situs jejaring sosial atau aplikasi berbalas pesan dengan teman selama jam kerja. Kecuali jika pekerjaanmu melibatkan penggunaan sosial media, hindari sosial media dan berfokuslah pada hal yang harus dikerjakan. Tempat magang berfungsi untuk belajar dan mendapatkan pengalaman berharga. Jadi, manfaatkanlah waktu yang dimiliki secara maksimal.

  1. Perluas koneksi

Tidak ada salahnya untuk berinisiatif untuk memperkenalkan diri dan menunjukkan sikap positif dan ramah kepada siapapun yang kamu jumpai, mulai mulai tukang bersih-bersih, karyawan senior, hingga para atasan. Magang merupakan salah satu kesempatan emas untuk kamu mengetahui seluk beluk perusahaan, termasuk berkenalan dengan orang-orang di dalamnya.

Kamu bisa tetap terhubung dengan kenalanmu melalui akun media sosial ataupun email. Memperluas koneksi dapat membawa banyak keuntungan dan kesempatan, termasuk informasi mengenai lowongan pekerjaan, perkembangan industri dan perusahaan, bahkan referensi bagi karier tertentu.

  1. Ucapkan terima kasih

Di akhir masa magang, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih pada semua orang yang telah bekerja sama dan membantumu selama ini. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu merupakan seseorang yang amat menghargai uluran tangan dari rekan kerja. Selain sebagai bentuk rasa hormat, mengucapkan terima kasih juga dapat membuatmu terlihat memiliki etika yang baik.

Itulah tadi 6 tips yang dapat membantumu sukses selama menjadi peserta magang. Magang juga dapat meningkatkan kesempatan seseorang untuk diterima oleh perusahaan tersebut, dan menjadi karyawan tetap, lho! Kamu juga dapat membekali diri dengan mengikuti berbagai kelas gratis oleh FutureLearn, mulai dari bidang IT, marketing, hubungan masyarakat, bahkan hingga kemampuan berbahasa Inggris. Tetap semangat dan jangan menyerah!

Bersama JobStreet, kamu dapat mengeksplorasi berbagai profesi yang kamu inginkan dengan mengunjungi laman cari kerja kami. Perbaruilah profil setiap kali mendapatkan pengalaman atau keterampilan baru dari mengikuti berbagai pelatihan dan kursus. Inilah kesempatan untuk menunjukkan bahwa kamu adalah talent terbaik!

Tetap terkoneksi bersama kami kapanpun dan di manapun dengan mengunduh aplikasi JobStreet melalui Google Play Store atau Apple App Store. Kunjungi laman Tips Karier untuk mendapatkan tips, berita industri, dan informasi lainnya. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi mengenai tren kerja, kamu dapat mengunduh laporan Mengupas Tren Talent Global 2021 dari JobStreet.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.