5 Tips Untuk Meningkatkan Kerja Sama Saat Remote Working

5 Tips Untuk Meningkatkan Kerja Sama Saat Remote Working
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi ketika kita bekerja secararemote, apalagi kalau kita perlu bekerja dalam tim. Tentu, bekerja dalam tim sulit dilakukan ketika kamu jarang atau bahkan tidak pernah bertemu langsung dengan rekan kerjamu. Bekerja dalam tim membutuhkan kerja sama yang baik dan efektif.

Kerja sama yang baik memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu, kerja sama juga dapat meningkatkan kreativitas dalam memecahkan masalah. Dengan kerja sama, kita dapat mencapai target kerja dan menghadapi tantangan dengan lebih efisien.

Apa saja yang dapat kamu lakukan untuk membangun kerja sama tim yang baik? Yuk lihat tips-tips berikut ini.

  • Jadwalkan pertemuan

Buatlah jadwal untuk melakukan pertemuan secara daring. Pertemuan daring penting sekali untuk membangun komunikasi yang efektif. Dalam pertemuan daring, anggota tim dapat melaporkan masalah yang mereka hadapi dan mendiskusikan solusinya bersama. Selain itu, pertemuan rutin juga dapat membantu kita melihat langsung perkembangan dan hasil kerja tiap anggota tim. Ketika menjadwalkan pertemuan, jangan lupa untuk mempertimbangkan zona waktu dan ketersediaan anggota tim.

  • Pastikan tugas masing-masing anggota jelas

Tugas setiap anggota tim pasti berbeda-beda, maka penting sekali untuk memastikan bahwa setiap anggota tim memahami tugas mereka dengan jelas. Apabila kewajiban setiap anggota telah dimengerti dengan baik, maka setiap anggota dapat fokus menyelesaikan tugasnya masing-masing. Tidak hanya itu, anggota yang membutuhkan bantuan juga dapat langsung meminta bantuan ke rekan yang tepat karena telah memahami peran tiap-tiap anggota tim.

  • Rajin berkomunikasi

Komunikasi yang efektif memiliki peran yang sangat penting dalam pekerjaan, terutama saat kamuremote workingdalam sebuah tim. Maka, membangun komunikasi yang efektif penting sekali dilakukan ketika akan bekerja dalam tim. Pastikan komunikasi yang terjadi jelas dan tidak berbelit-belit. Untuk menghindari kesalahpahaman, jangan lupa perhatikan caramu berbicara, baik secara lisan maupun tertulis. Pastikan kamu dan anggota tim dapat berkomunikasi dengan jujur dan profesional, kejujuran dapat meningkatkan kepercayaan anggota tim dan menjaga komunikasi tetap berjalan dengan lancar.

  • Dokumentasi hasil rapat

Pastikan setiap rapat saatremote workingterdokumentasi untuk mencegah kesalahpahaman dan memastikan setiap anggota tim mendapatkan informasi yang kredibel. Buatlah catatan mengenai setiap keputusan yang dibuat saat rapat dan pastikan pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan keputusan tersebut. Apabila terdapat dokumen yang dapat dirujuk, maka masalah-masalah kecil saat bekerja dapat diselesaikan tanpa membuang waktu dan tenaga para anggota tim. Pastikan setiap anggota tim dapat mengakses dan membaca catatan-catatan tersebut.

  • Jangan lupa kegiatanteam building

Kegiatanteam buildingsangat penting untuk membangun lingkungan kerja yang sehat. Lingkungan kerja yang sehat akan meningkatkan produktivitas dan memotivasi para anggota tim. Contoh kegiatanteam buildingyang dapat dilakukan adalah membuat kuistriviabersama, mengadakanmovie night, dan berbagai kegiatan seru lainnya. Kegiatan-kegiatan ini dapat membangun hubungan antar anggota tim dan mendekatkan mereka dengan satu sama lain. Selain itu, kegiatanteam buildingjuga dapat mengurangi stres yang berisiko menurunkan produktivitas tim.

Tunggu apa lagi? Ayo rencanakan pertemuan dengan rekan-rekanmu dan terapkan 5 langkah sederhana ini untuk kerja sama tim yang lebih baik. Kerja sama yang efektif tidak dapat terwujud dalam satu malam, jangan menyerah dan tetap gigih dalam menghadapi tantangan kerja. Ingat, kamu tidak sendiri dan rekan-rekanmu siap membantu untuk mencapai tujuan bersama.

Perbarui profil JobStreetmu dan mulai mencari pekerjaan yang kamu inginkan. Jangan lupa menambahkan #LangsungKerja agar para perekrut tahu bahwa kamu dapat langsung bekerja.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.