5 Tips Sopan Untuk Kamu yang Mau Resign!

5 Tips Sopan Untuk Kamu yang Mau Resign!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

administration-adult-architecture-375886

LiNa tau pasti kamu pengenresigntapi masih bingung gimana caranya, iya kan?Resignmerupakan salah satu hal yang cukup sensitif untuk dibicarakan di kantor. Nah, daripada kamu kebingungan dan tidak enak untuk tanya sana-sini, nih Lina kasih tau bagaimana caranya!

1. Beritahu atasan kamu, minimal 1 bulan sebelumresign

calendar-dates-desk-862731

Walaupun kamu sudah mendapat kesempatan kerja di tempat lain/mau memulai usaha sendiri, setidaknya beritahukan atasan kamu dan HR, 1 bulan sebelum kamuresign. Kenapa? Agar mereka dapat bersiap untuk mencari karyawan baru pengganti kamu. Jika kamuresigndadakan, ada kemungkinan permohonanresign kamu akan ditolak sampai mereka mendapatkan pengganti kamu, dengan jangka waktu yang tidak pasti. Sehingga akan lebih baik jika kamu memohon untukresigndari jauh-jauh hari ya!

2. Bereskan tanggung jawabmu sebelum kamuresign!

black-and-white-businessman-company-140945

Kalau kamuresign, bukan berarti kamu bisa meninggalkan tanggung jawabmu begitu saja. Kerjakan segala tugasmu, jangan sampai tidak tuntas! Bisa saja nanti setelah kamu keluar, masih ditanyakan tentang pekerjaan yang lalu, kan malah jadi tidak enak kan? Oleh karena itu, tuntaskan pekerjaanmu! Dengan begitu kamu juga akan merasa lebih lega untuk keluar dari perusahaan tersebut.

3. Lakukanlah sesuai aturannya!

adult-cheerful-clipboard-1089549

Misalnya, kamu sudah memberitahukan HR satu bulan sebelumresign, namun pemberitahuanresignkamu hanya secara lisan, hal tersebut jelas tidak dapat diterima. Dengan melakukan hal tersebut, kamu berarti tidak menghargai perusahaan tersebut. Mungkin kamu yang sudah tidak sabar untuk keluar dari pekerjaan kamu, tapi usahakanlah untuk mematuhi regulasi yang berlaku di perusahaan tersebut. Jangan menjadi kacang yang lupa pada kulitnya!

4. Tetap bekerja dengan maksimal!

business-coffee-computer-374006

Kamu memang sudah menyatakan kalau kamu inginresign, tapi bukan berarti kamu boleh bekerja malas-malasan. Misalnya, biasa dalam sehari kamu bisa menyelesaikan 3 tugas, tapi karena kamu merasa sudah mau keluar, kamu jadi malas dan hanya mengerjakan 1 tugas saja. Tetaplah bekerja sesuai denganworking pacekamu yang biasa. Kalau kamu malas, nanti semakin dekat dengan waktu kamu keluar, malah dihantui olehdeadline-deadlinekerjaan kamu loh!

5.Make a good impression!

adult-blond-hair-businesswomen-1432945

Ini memang susah untuk dilakukan jika alasan kamu untukresignkarena lingkungan kerja kamu yang kurang mengenakkan, entah atasan/teman kantor kamu yang membuat kamu risih. Tapi usahakan setelah mengumumkan kalau kamu akanresign, perbaikilah hubungan tersebut! Jangan meninggalkan kesan negatif pada rekan-rekan kantor kamu! Bagaimanapun kamu telah menghabiskan waktu bersama mereka lebih banyak daripada kamu di rumah! Memberikan kesan buruk saat keluar dari perusahaan, hanya dapat merugikan kamu! Karena bisa saja di lain waktu kamu bertemu mereka dalam acara bisnis atau kenalan dari relasi baru kamu.

Semoga dapat membantu kegundahan kamu ya, JobStreeters! Dan semoga dipekerjaan selanjutnya, kamu menjadi lebih sukses dari yang sekarang! Selamat bekerja!

More from this category: Resign

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.