5 Tips Agar Rapat Menjadi Efektif

5 Tips Agar Rapat Menjadi Efektif
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Rapat adalah kegiatan yang tidak terhindarkan di dunia kerja. Dalam kurun waktu satu minggu saja, kita bisa menghadiri berbagai macam rapat. Tidak jarang saat kita mengikuti rapat, kita merasa lelah dan bingung. Biasanya, ini disebabkan karena rapat yang kita ikuti tidak memiliki agenda yang efektif. Rapat yang memiliki agenda tidak efektif dapat menurunkan semangat dan antusias tim yang bisa berakibat buruk terhadap kinerja tim. Jangan sembarangan, untuk membuat rapat pun perlu persiapan agenda.

Lalu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat agenda rapat yang efektif? Berikut adalah lima tips untuk Anda mempersiapkan agenda rapat.

  • Memperjelas tujuan rapat

Ketika akan membuat rapat, berikanlah gambaran singkat tentang apa saja yang akan dibahas dalam rapat. Hal ini dilakukan agar peserta rapat tidak bertanya-tanya di tengah rapat yang sedang berlangsung. Selain itu, dengan tujuan rapat yang jelas, seluruh peserta rapat sudah mengetahui apa yang akan menjadi hasil akhir dari rapat ini. Jika tujuan rapatnya mengenai pembuatan program baru, maka hasil akhir yang dicari adalah sebuah ide. Jika rapatnya mengenai masalah yang sedang dihadapi, maka hasil rapatnya adalah solusi. Dengan begitu, para peserta tidak datang dengan kepala kosong ketika mengikuti rapat nanti.

  • Membuat daftar topik beserta formatnya

Setelah mengetahui tujuan dari rapat, saatnya Anda menentukan topik-topik apa saja yang akan menjadi bahan diskusi di rapat nanti. Topik pembahasan dapat disajikan dengan singkat, padat, dan jelas. Jangan lupa untuk menentukan format pada tiap topik tersebut. Gunanya agar peserta tahu apakah ini “diskusi terbuka”, “khusus laporan”, atau “untuk membuat keputusan”. Topik-topik yang sudah dipilih pun dapat ditambah lagi dengan pertanyaan-pertanyan maupun tugas yang nanti akan dilemparkan kepada peserta. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu peserta rapat untuk fokus dan tetap dalam jalur seharusnya. Peserta lain pun dapat mengingatkan satu sama lain ketika seseorang berpendapat sesuatu yang diluar dari pertanyaan-pertanyaan topik.

  • Meminta saran dari peserta rapat

Jangan lupa, rapat tidak dilakukan oleh satu orang. Meminta saran kepada peserta rapat dapat memberikan Anda sudut pandang lain yang mungkin luput oleh Anda. Apakah topik-topik yang dibahas sudah relevan? Adakah hal penting yang tertinggal? Atau adakah sesuatu yang ingin didiskusikan? Meminta saran kepada peserta rapat juga dapat meningkatkan rasa partisipasi peserta dalam diskusi nanti.Toolskolaborasi dokumen seperti Google Docs dan sebagainya bisa menjadi opsi untuk memudahkan Anda dan peserta untuk saling bertukar pikiran. Namun, tetap ingat, tidak semua saran peserta harus dimasukan ke dalam agenda rapat. Pilihlah topik-topik yang relevan dan penting untuk dibahas dalam rapat nanti.

  • Perkirakan jumlah waktu yang realistis untuk setiap topik

Anda dan para peserta tidak memiliki semua waktu di dunia ini. Masa pandemi memunculkan tren rapat daring yang dapat menghemat waktu rapat. Rapat yang singkat dan efektif akan sangat membantu peserta rapat. Kebalikannya, rapat yang memakan waktu lama akan membuat peserta lelah dan kehilangan fokus dalam rapat. Perkirakan waktu yang akan dihabiskan oleh tiap topik secara realistis. Jika memang Anda ingin membahas hal yang penting, jangan terlalu buru-buru membahasnya. Waktu-waktu yang perlu dipertimbangkan adalah pembahasan topik, bertanya dan menjawab pertanyaan, evaluasi solusi, dan tindakan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

  • Laksanakan agenda

Setelah semua persiapan agenda rapat sudah selesai, waktunya untuk mengirimkan undangan kepada para peserta rapat. Kirimlah undangan satu minggu sebelum waktu rapat dilakukan agar dapat menghindari jadwal yang bentrok. Waktu satu minggu juga cukup untuk para peserta rapat menyiapkan pertanyaan atau mungkin tanggapan atas topik yang akan dibahas dalam rapat nanti. Jangan lupa untuk mengingatkan peserta jika ada dokumen atau laporan yang perlu peserta siapkan. Anda dapat menggunakan layanan seperti Google Calendar untuk mengirimkan undangan rapat. Fitur-fitur di sana dapat mempermudah Anda saat membuat undangan rapat.

Memang banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin menyiapkan rapat yang efektif. Namun, ingatlah bahwa rapat yang efektif akan mempermudah Anda dan tim dalam menghadapi apapun di dunia kerja. Untuk mengasah pengetahuan danskillAnda dalam menyiapkan agenda rapat, Anda dapat mengikuti kursus atau pelatihanmanagementseperti yang disediakan oleh FutureLearn. Kursus atau pelatihan daring ini tidak hanya membantu anda mempersiapkan agenda rapat, tapi juga membantu Anda belajar bagaimana menjadi pemimpin yang baik dan efektif. Dengan keadaan yang serba daring seperti ini, gunakanlah kesempatan ini untuk terus belajar dalam menyiapkan agenda rapat yang efektif!

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia , gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring , pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.