5 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia bagi Para Fresh Graduate!

5 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia bagi Para Fresh Graduate!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Mengawali tahun 2022 dengan pekerjaan baru bukanlah hal yang sulit. Namun, menemukan salah satu dari jutaan pekerjaan yang memiliki prospek serta dengan gaji tertinggi di Indonesia bisa menjadi tantangan sendiri. Bukan tanpa sebab, tantangan ini datang karena kamu perlu melakukan riset yang komprehensif, tak hanya seputar industrinya saja, tapi tentang orang-orang yang ada di dalamnya. Sering kali, cara ini dianggap tabu karena kamu perlu menanyakan gaji banyak orang secara langsung.

Untungnya, JobStreet Indonesia sudah menemukan beberapa pekerjaan dengan gaji besar yang mungkin cocok dengan kualifikasi dan juga minatmu. Simak daftar serta penjelasannya berikut ini!

Staff di Bidang IT atau Komputer

Segala bisnis yang dijalani oleh perusahaan tentu membutuhkan teknologi mutakhir demi dapat menarik banyak pelanggan atau klien dari berbagai macam latar belakang. Namun, teknologi tersebut hanya mungkin diciptakan kalau tim IT atau komputer di suatu perusahaan sudah kuat.

Beberapa pekerjaan yang dimaksud, antara lain front-end engineerdanback-end engineerataufull-stack engineer. Mereka semua akan mengimplementasikan segala masukan atau kebutuhan dalam ranahuser experience(UX) dan jugauser interface(UI).

Nah, tapi berapa gajinya, ya? Tergantung setiap perusahaan,sih. Namun, dari data yang kami peroleh, pekerjaan di bidang IT mampu memberikan parafresh graduatedengan gaji dengan median sekitar Rp8.050.000 di wilayah Jakarta atau ibu kota besar lainnya. Tapi, perlu diingat kalau ini hanya median. Artinya, kamu mungkin bisa memperoleh gaji di atas angka tersebut. Bukankah menarik?

PesertaGraduate Development Programdi Industri Teknik

Bagi kamu yang sebelumnya kuliah di jurusan S1 Teknik Sipil, mengikuti graduate development program merupakan hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Program-program seperti ini umumnya menuntut para peserta untuk terlibat dalam jangka waktu yang sudah ditentukan, misalnya 2 hingga 3 tahun. Dalam jangka waktu tersebut, kamu bukan hanya dapat mempraktikkan segala ilmu yang kamu peroleh saat kuliah, tetapi kamu juga akan memperoleh gaji.

Tapi, sebelum membahas gaji, ketahui dulu apa saja tanggung jawab yang mungkin kamu harus kamu miliki nantinya. Berikut adalah beberapa di antaranya!

  • Memahami budaya, sistem, dan juga proses bisnis perusahaan
  • Mencoba posisi dan tanggung jawab dalam fungsi bisnis(business function)lainnya
  • Memiliki keterlibatan dalam proyek-proyek yang dimiliki perusahaan
  • Memiliki kemampuan untuk mempunyai berbagai macam jenis tanggung jawab
  • Bersedia untuk ditempatkan di lokasi proyek (yang mungkin jauh dari tempat tinggalmu saat ini!)

Meskipun gajidevelopment programdi industri teknik berbeda-beda, namun pekerjaan ini bisa menjadi salah satu yang memberikan gajifresh graduateterbesar. Menurut riset kami, para peserta program ini dapat memperoleh hingga Rp9.100.000 setiap bulannya (untuk peserta yang berdomisili di wilayah-wilayah tertentu).

Dokter

Perjalanan menjadi seorang dokter sangatlah panjang, sehingga akan sangat wajar kalau kamu tidak terkejut jika dokter merupakan salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Bayangkan, kamu perlu kuliah selama hingga 8 semester untuk jadi Sarjana Kedokteran. Lalu, kamu pun perlu menjalankan tanggung jawab sebagaico-assistantatauco-ass(sering juga disebut sebagai dokter muda). Kamu perlu mengikuti program profesi agar dapat menjadi dokter muda.

Saat menjadi dokter muda, kamu akan menjalankan berbagai tanggung jawab, seperti menyuntik pasien, mengambil darah, dan juga hadir saat proses pembedahan tengah berlangsung. Tetapi, semua hal tersebut dilakukan agar kamu dapat belajar dan dapat sukses saat menjalani proses uji sertifikasi. Barulah kamu jadi dokter dan memiliki gelar dr. di depan namamu.

Eits,tapi tunggu dulu! Kamu masih perlu menjalankan masainternshipatau magang. Nantinya, barulah kamu dapat bekerja di Puskesmas, rumah sakit, atau praktek sendiri. Gaji yang bisa kamu peroleh setelah menjadifresh graduatedari proses panjang ini mencapai Rp9.000.000 untuk mereka yang menjalani karir ini di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Personal Assistant(Berbahasa Asing)

Memenuhi keinginan seorang eksekutif muda dan juga sosialita mungkin sering menjadi cerita yang didramatisir. Entah para eksekutif dan sosialita tersebut memiliki permintaan yang tidak mungkin dipenuhi atau tidak masuk akal. Padahal, jika kepercayaan serta kejadian itu tidak ada, pekerjaan sebagai personal assistant bisa mengajarkanmu banyak hal seputar kesuksesan orang-orang yang kamuassist.

Sebagai contoh, kamu bisa mengetahui bagaimana mereka berbicara dengan teman atau kolega mereka, di situ kamu dapat mempelajari etika yang mungkin tidak sering ditemui sebelumnya. Belum lagi,personal assistantcenderung dituntut untuk menjadi orang yang tepat waktu atau bahkan mampu mengerjakan tugas secara tepat, sehingga bisa melatihwork ethicyang tengah kamu bangun saat ini dan dapat digunakan di kemudian hari.

Tapi, perlu diketahui bahwa pekerjaan yang satu ini masuk ke daftar gaji yang paling tertinggi di Indonesia hanya kalau kamu bisa berbahasa asing, terutama Mandarin. Dari daftar yang ditemukan JobStreet, pekerjaanpersonal assistantberbahasa Mandarin dapat menerima gaji sebesar Rp8.800.000 di wilayah Jakarta. Namun, kalau belum bisa Bahasa Mandarin, jangan takut karena pekerjaanpersonal assistantberbahasa asing lainnya mungkin mampu memberikan gaji yang sama besarnya. Selamat mencari!

Risk Compliance Staff

JobStreet menemukan bahwa gajifresh graduatesebagai risk compliance staff mencapai Rp8.700.000 di Kota Jakarta. Namun, apa iturisk compliance?

Risk compliancemerupakan bagian penting dari “pemerintahan” suatu perusahaan, seperti bagaimana sebuah perusahaan ditangani, diatur, atau lainnya. Namun, yang menjadi rumit, hal yang dilakukan pada ranah tersebut meliputi upaya-upaya agar setiap pihak dapat bekerja secara optimal dan mencapaiobjectivesyang sudah ditentukan, sehingga membawa keuntungan seperti semestinya.

Sebenarnya,sih, pekerjaan spesifiknya bergantung industri pekerjaan yang kamu masuki. Tapi, kebanyakan akan melakukan hal di atas tadi dan juga beberapa hal lainnya, seperti menciptakan peraturan dan memastikannya dijalankan agar sesuai peraturan dan regulasi yang ada. Lalu, mereka akan melakukan audit agar peraturan terus diikuti. Peraturan yang diciptakan pun bisa jadi bukan hanya yang mencakup organisasi, tapi peraturan legal yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Apakah Gaji Segalanya?

Saat memilih salah satu dari pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia di atas, kamu perlu mempertanyakan apa saja faktor yang memengaruhi pemilihanmu. Simak beberapa hal yang perlu kamu jadikan pertimbangan selain gaji yang tinggi!

  • Benefitsyang baik dan berkualitas (uang komunikasi atau uang makan)
  • Benefitsasuransi yang lengkap (mencakup berbagai macam risiko kesehatan)
  • Pekerjaan yang dipilih menerapkan sistemhybridatauwork from anywhere
  • Pekerjaan yang dipilih memiliki jenjang karir yang sangat baik
  • Kamu memiliki bakat untuk menjalani pekerjaan yang diminta
  • Pekerjaannya sesuai denganpassionatau minatmu

Demikian tadi penjelasan tentang gaji tertinggi di Indonesia untuk parafresh graduate.Perlu diketahui kalau ada banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan dan gaji menjadi salah satu di antaranya.

Apabila kamu tidak dapat memperoleh pekerjaan dengan gaji yang tinggi, pilihlah pekerjaan dengan gaji yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginanmu setiap bulannya, tanpa menghalangi kamu untuk menabung. Jadi, gunakan kalkulator gaji untuk menghitung pendapatan yang kamu butuhkan dan jadikan hal tersebut sebagai batas minimal. Nantinya, kamu dapat bernegosiasi gaji dengan menggunakan angka tersebut sebagai mulanya. Untuk tips karir lainnya, klik di sini, ya.

Nah, sebelum itu, pastikan kamu menggunakanplatformpencari pekerjaan yang dapat membantumu meraih impianmu. Perbarui profilmu di JobStreet hari ini atau buat akun jika belum punya. Agar lebih mudah melakukannya, lakukan saja lewat aplikasi JobStreet untuk Android dan juga iOS dengan mengunduhnya melalui Google Play Store dan Apple App Store.

Kemudian, untuk data lengkap terkait berbagai pekerjaan dengan gaji besar lainnya, jangan lupa untuk mengunduh laporan kami seputar tren gaji di sini, ya!

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karir, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karir. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

Tentang SEEK Asia

SEEK Asia, gabungan dari dua merek ternama Jobstreet dan jobsDB, adalah portal lowongan pekerjaan terkemuka dan destinasi pilihan untuk pencari dan pemberi kerja di Asia. Kehadiran SEEK Asia menjangkau 7 negara yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan Vietnam. SEEK Asia adalah bagian dari SEEK Limited Company terdaftar di Bursa Efek Australia, portal lowongan pekerjaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar. SEEK Asia dikunjungi lebih dari 400 juta kali dalam setahun.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan yang beragam, dengan portofolio yang kuat  yang mencakup usaha lowongan pekerjaan daring, pendidikan, komersial dan relawan. SEEK hadir secara global (termasuk di Australia, Selandia Baru, Cina, Hong Kong, Asia Tenggara, Brazil dan Meksiko), yang menjangkau lebih dari 2,9 miliar orang dan sekitar 27 persen PDB global. SEEK memberikan kontribusi positif kepada orang-orang dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Bursa Efek Australia, yang menempatkannya sebagai 100 perusahaan teratas dan telah diperingkat sebagai 20 Perusahaan Paling Inovatif oleh Forbes.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.