5 Langkah Sukses Rekrutmen Selama Peak Hiring Season

5 Langkah Sukses Rekrutmen Selama Peak Hiring Season
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Bagi banyak professional HR di Asia, waktu paling sibuk dalam setahun tiba lagi. Sudah menjadi tren musiman bagi banyak kandidat untuk memulai pencarian kerja setelah menerima bonus-bonus akhir tahun mereka. Seperempat tahun pertama juga merupakan saat dimana aktivitas perusahaan yang sedang dalam puncak kesibukannya karena memulai tahun dengan budget baru dan tujuan strategis perusahaan yang baru pula. Pasa saat-saat seperti ini akan ada peningkatan lowongan pekerjaan karena perusahaan biasanya meningkatkan anggaran untuk sumber daya manusia mereka.

Selama peak hiring season ini kompetisi pun semakin ketat di antara para kandidat terbaik. Keputusan yang Anda buat selama musim ini merupakan keputusan yang paling kritis untuk kemajuan dan pertumbuhan perusahaan Anda. Lalu apa saja langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat strategi perekrutan musiman yang tepat di tengah kompetisi ketat tersebut?

1) Memahami Iklim Kompetisi

Dengan iklim perekrutan yang selalu berubah, Anda perlu memahami di mana terjadi kekurangan tenaga kerja. ManpowerGroup’s eleventh annual Talent Shortage Survey menemukan bahwa di Asia, 5 pekerjaan yang paling sulit diperoleh adalah IT, sales representatives, engineer, pekerja terampil (skilled trade workers), akuntan, dan staf keuangan. Agar tetap kompetitif, pertimbangkan kembali gaji yang Anda tawarkan untuk memastikan agar nilai gaji tersebut menarik dan tidak di bawah gaji pada umumnya. Cari juga media lainnya untuk merekrut kandidat dengan menggunakan berbagai platform sosial media atau mengiklankan lowongan pekerjaan Anda lewat distribusi produk dan jasa Anda.

2) Mulai Lebih Awal

Ingat bahwa Anda bukan satu-satunya perusahaan yang ignin menaikkan jumlah tenaga kerja musiman Anda (dan mengisi lowongan kerja yang saat ini kosong). Mulailah untuk bersiap untuk musim puncak perekrutan sedini mungkin. Sedangkan seperempat tahun terakhir adalah waktu ketika aktivitas perekrutan sedang pelan karena banyak kandidat sedang menunggu untuk review dan bonus kinerja akhir tahun ketika banyak pesaing hanya menikmati musim liburan. Akan menjadi periode yang paling ideal bagi Anda untuk memulai merencanakan kampanye perekrutan di bulan Januari.

3) Mendistribusikan Konten Tepat Waktu

Baik Anda mencari lulusan baru atau kandidat yang berpengalaman, Anda perlu untuk meyakinkan bahwa distribusi konten Anda tepat waktu. Misalnya, jika Anda menargetkan pada lulusan baru, catatlah musim bulan-bulan kelulusan dari suatu universitas dan mulailah kampanye perekrutan luluasan Anda dengan serentak. Contoh lainnya adalah dengan memulai kampanye perekrutan Anda di kuarter tahun keempat dan targetkan pada wisatawan dan pelancong menggunakan kampanye telepon dengan konten yang mudah bagi mereka untuk dibaca di pesawat atau saat mereka bersantai di pantai. Dengan mendistribusikan konten ini tepat waktu, Anda akan mampu untuk menaklukan musim puncak ini, mungkin yang terbaik dari yang ada.

4) Memanfaatkan Alat-alat

Proses perekrutan yang panjang dan dibarengi dengan peningkatan jumlah pelamar selama musim puncak perekrutan, bisa sangat melelahkan, namun Anda bisa dengan signifikan mempersempit dalam memilih pelamar hanya dengan menggunakan alat yang tepat. Sebagai contoh, sebuah sistem manajemen aplikasi dapat membantu mengurangi waktu perekrutan dengan mengotomatisasi komunikasi dengan kandidat dan merupakan bagian dari proses seleksi. Alat lainnya yang dapat meningkatkan kecepatan perekrutan adalah alat screening pra-ketenagakerjaan (pre-employment) dimana sistem laporan real time yang rinci menyampaikan pada Anda jika kandidatnya sepertinya akan berhasil di suatu posisi sebelum Anda menginvestasikan waktu untuk mewawancarai mereka, membuat Anda menghemat waktu yang berharga dengan melakukan menyortir kandidat-kandidat yang tidak berkualitas.

5) Pengukuran dan Peningkatan

Kampanye perekrutan yang signifikan tidak harus berakhir saat musim puncak perekrutan selesai. Seperti halnya fungsi bisnis lainnya, kampanye perekrutan Anda perlu diukur dan ditingkatkan. Anda akan perlu mengevaluasi tingkat kesuksesan kampanye Anda dan meneliti data yang terkumpul untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya. Hal ini bisa dilakukan menggunakan data analitis. Dengan demikian, Anda bisa membangun kelebihan dan menentukan area dimana Anda menemukan bahwa tenaga kerja sasaran Anda tidak merespon. Mengenali jenis indikator untuk meningkatkan tingkat kesuksesan akan memberikan Anda posisi yang lebih baik di musim puncak perekrutan mendatang.

Membangun sebuah kampanye perekrutan yang sukses membutuhkan banyak komitmen dan kesabaran, khususnya di musim puncaknya. Jika Anda mengikuti semua langkah-langkah di atas, Anda bisa meminimalisir resiko kalah oleh pesaing Anda. Dengan melakukan langkah yang hati-hati dan menyeluruh seperti di atas, Anda bisa yakin bahwa Anda sedang memastikan masa depan persediaan modal sumber daya manusia perusahaan untuk tahun-tahun mendatang tiba.

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.