5 jurus handal untuk memikat atasan anda

5 jurus handal untuk memikat atasan anda
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Ingin tahu cara bagaimana cara agar atasan lebih memperhatikan dan menyukai pekerjaan Anda? Baca dan ikuti lima tips handal berikut!

Optimized-photo-1425421669292-0c3da3b8f529

Tips 1: Kenali atasan Anda saat ia ada di dalam dan di luar lingkungan pekerjaan

Banyak pegawai merasa canggung untuk berkenalan dengan rekan kerjanya apalagi dengan atasan. Hal ini tentu saja dapat dimengerti karena mereka tidak ingin dianggap terlalu menarik perhatian atasan. Cara terbaik untuk menghindari hal tersebut terjadi ialah dengan memulai hubungan tersebut dengan natural. Kenali kebiasaan dirinya saat berada di ruang rapat. Catat hal-hal yang ia sukai. Gunakan waktu makan siang atau saat berjalan ke ruang rapat bersama untuk berbicara dengan atasan dengan topik pembicaraan yang ia sukai.

Tips 2: Masukkan email atasan pada korespondensi online Anda

Hal ini mungkin akan memberatkan atasan karena kita akan memberikan jumlah informasi yang banyak lewat email, akan tetapi ini adalah cara terbaik untuk menunjukkan bukti produktifitas di tempat bekerja. Tujuan utama untuk mencantumkan email atasan di semua korespondensi ialah membantu mereka untuk melacak perkembangan proyek yang dikerjakan. Taktik ini merupakan cara jitu yang bisa dicoba, akan tetapi ada kemungkinan mereka akan menyuruh Anda untuk tidak mencantumkan email dirinya karena menerima terlalu banyak email.

Tips 3: Bawalah buku catatan

Biasakan membawa buku catatan saat berbicara dengan rekan kerja atau saat rapat. Hal ini bisa memberikan kesan kepada atasan bahwa Anda peduli pada hal yang dibicarakan saat rapat.  Informasi yang dicatat dapat digunakan untuk bahan pembicaraan kepada atasan sambil memberikan ide-ide orisinal yang diharapkan bisa menambah nilai pada proyek yang sedang dikerjakan.

Tips 4: Jadilah orang pertama yang memberitahu atasan saat ada perkembangan baru

Saat Anda tidak melakukan ini dengan hati-hati, maka akan memberikan kesan terlalu keras untuk menaruh kesan lebih kepada atasan. Akan tetapi, sangatlah penting bagi Anda untuk menjadi sosok yang bisa memberikan informasi perkembangan kepada atasan. Akan tetapi, berhati-hatilah dalam memberikan informasi tanpa verifikasi terlebih dahulu.

Tips Kelima: Selesaikan pekerjaan sebelum deadline

Biasakan diri Anda untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline. Hal tersebut bisa menjadi cara terbaik untuk menarik perhatian atasan Anda. Anda harus teliti dan akurat karena tidak mau melihat banyak coretan karena hasilnya kurang memuaskan, bukan?

Walaupun Anda tidak selalu dapat memberikan kesan baik kepada atasan, tetapi sangatlah penting untuk memiliki hubungan yang kuat dengan mereka. Objektif utama bagi diri Anda ialah untuk selalu memberikan hasil terbaik. Saat Anda melakukan itu, maka atasan pun akan mulai memperhatikan pekerjaan baik tersebut.

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.