5 Hal Gak Penting yang Buat Gaji Cepat Habis.

5 Hal Gak Penting yang Buat Gaji Cepat Habis.
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

blur-close-up-fingers-462383

Apa kamu sering merasa kamu ituudahhematbanget, tapi bingung pas tengah bulan duit kamuudahabis aja? Pada lari ke mana sih mereka? Nah, sebenarnya kamu yang pakai uang harusnyataudong, kemana mereka larinya? Tapi LiNabantuinkamu untuk ingat lagi, uangmu habis buat apasih?

1. Jajan Cemilan

banana-bottle-chips-1582482

Ini nihblack hole-nya. Kamu tanpa sadar sering ngemil makanan kecil yang harganyagakseberapa, misal: cilok, batagor, es cendol. Mungkin harga dari cemilan tersebut tidak lebih dari 10 ribu, tapi jika setiap hari kamu beli cemilan tersebut, uang kamu bisa habis setidaknya 200 ribu/bulan untuk cemilan ‘kecil’. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Daripada kamu jajan terus, kamu bisa menyediakan bekal dari rumah. Dengan begitu, kamu tidak perlu menghadapi godaaan jajan cemilan di kantin. Selain itu, kamu boleh siapkan cemilan kecil (biskuit, permen, dll) di meja kamu, siapa tahu intensitas jajan kamu berkurang!

2. Berburu barang diskonan, yang sebenarnya tidak terlalu penting

adult-beautiful-black-friday-291762

Nah, ini mau perempuan atau laki-laki, pastiliatbarang diskon langsung terpicut hatinya untuk membeli. Apa lagi sekarang sudah banyak situs belanjaonlineyang sering buat promosi. Beberapa orang di Indonesia memiliki budaya konsumtif yang cukup tinggi, selain itu kita juga lebih sering melihat harganya di bandingkan dengan kualitasnya. Akibatnya, barang yang kita beli sering rusak, dan jika dihitung-hitung biaya yang kita keluarkan justru lebih banyak dari harga barang yang awalnya kita kira mahal.

3. Langganan mediaonlineatau lainnya, padahal kamu jarang pakai

entertainment-ipad-mockup-265685

Mediaonlinedisini misalnya, berlangganan TV kabel. Padahal kamu selalu menghabiskan waktu di luar rumah, dan TV bahkan sudah jarang digunakan, hal seperti ini sebaiknya kamu kurangi, karena kamu buang uang untuk hal yang kamu sendiri jarang gunakan. Contoh lainnya, kamu menjadimember gym, tapi kamu sebulan nge-gymcuman sekali. Jika dihitung kembali, kamu mengeluarkan ratusan ribu untuk sekali nge-gym, apakah bermanfaat? “Terus kalau nanti aku mau olahraga bagaimana?” Kamu bisa melakukan olahraga di rumah, bisa dengan mengakali media untuk latihannya. Banyak ide-ide kreatif di internet untuk membantu kamu agar dapat olahraga di rumah yang jauh lebih ekonomis.

4. Jajanan kamu terlalu “mewah”

carafe-christmas-dinner-6269

“Ahngga kok, akumahjajannya cumaStarbucksajakok.” Kamu tahu tidak, satu gelasStarbuckspaling murah 25 ribu, itupun kalau ada promo, yagak? “Akugaksuka minum kopi gitukok, tapi aku sering minumbubble tea”. Yah sama aja, satu gelasbubble tea35 ribu, itu bisa buat makan di warteg sampai besok! Kamu sebaiknya mulai sadar untuk mengurangi jajanan “mewah” demiupdate-anIG storykamu, kalaunggaya jelas aja sih kantong kamu bolong terus di tengah bulan. Bukannya tidak boleh, tapi coba batasi diri kamu untuk pengeluaran seperti itu, misalnya maksimal satu bulan 2 kali.

5. Kamu malas simpan recehan

cash-coins-money-259165

Ini nih masih sering terjadi, khususnya di mini market. Ketika kamu dapat kembalian recehan dalam bentuk koin, kamu pasti suka tidak mau ambil, tapi kalau alasannya untuk donasi, ya bolehlah. Uang koin memang memakan tempat di dompet, sehingga terkadang dompet kamu tidak bisa tertutup. Solusi untuk kamu yang malas mengumpulkan uang receh atau koin, kamu bisa membawa dompet kecil untuk receh, atau setiap kamu dapat koin kamu bisa taruh di tas, nanti saat dirumah kamu bisa masukin ke celengan kamu. Nah, kalau nanti terkumpul banyak kan lumayan untuk jajan.

Ayo guys, coba lebih memperhatikan keuangan kamu ya! Jangan sampai keuangan kamu susah ditengah bulan ya!

More from this category: Saran gaji

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.