Ingin Cepat Kerja? Ini 7 Cara Efektif Mencari Kerja!

Ingin Cepat Kerja? Ini 7 Cara Efektif Mencari Kerja!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 27 September, 2022
Share

Sebagaijobseeker, mendapatkan pekerjaan secepat mungkin pastinya hal yang kamu harapkan. Sayangnya, dengan banyaknya pesaing yang ada mulai darifresh graduatehingga parajobseekerlain yang pindah pekerjaan, akan ada banyak tantangan yang perlu dihadapi untuk mendapatkan pekerjaan impian dalam waktu singkat.

Memang gak diragukan lagi, proses mencari pekerjaan merupakan hal paling krusial sebagai langkah pertama membangun jenjang karir. Walapun begitu, terdapat cara mencari kerja tertentu yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pekerjaan secepatnya, lho.

Jadi, apa aja cara mencari kerja secepat mungkin? Ingin tau tips suksesinterview? Yuk, simak 7 cara berikut untuk mempersingkat fase pencarian kerjamu!

1. Cari Pekerjaan sesuai denganSkills!

Melamar pekerjaan sebanyak mungkin tentu bukan hal yang asing bagi kandidat. Akan tetapi, perusahaan membuka lowongan tentu untuk mencari kandidat denganskillyang dicari. Maka dari itu,skillsangatlah penting selama penyeleksian berkas daninterview. Pastikan kamu melamar pekerjaan sesuai denganskillsatau bidang yang kamu pelajari sehingga kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

Apabila seorang lulusan akuntansi melamar sebagai arsitek, hal ini tentu akan menjadi penghambat. Dua bidang tersebut jelas ada di bidang yang sangat berbeda, namun akan berbeda ceritanya ketika kamu memiliki pengalaman. Lalu bagaimana denganfresh graduatetanpa pengalaman kerja? Jika kamu belum memiliki pengalaman untuk menerapkanskillyang kamu pelajari, hal ini bisa dilatih karena kamu memiliki dasar ilmunya.

Walaupun kamu berasal dari jurusan yang tidak sesuai, kamu bisa jadi akan dipertimbangkan ketika punya pengalaman danskillyang sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh HR. Jadi jangan sampai salah dan asal melamar, ya!

2. Perluas Relasi

Sudah jadi rahasia umum kalau kamu akan mendapatkan banyak manfaat dengan adanya relasi yang luas. Dengan relasi yang luas, kamu bisa aja mendapatkan pekerjaan dengan cepat, lho. Salah satu contohnya, ketika sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan, kamu bisa mengetahuinya lebih cepat karena diberikan info oleh teman atau kolegamu yang bekerja di perusahaan tersebut. Jadi, kamu bisa mempersiapkan diri lebih baik dari pesaing yang lain.

Bahkan gak jarang, bisa saja kenalan atau relasimu memberikan rekomendasi untuk posisi tertentu jika atasan temanmu membutuhkan seorang pekerja tambahan. Hal ini tentu mempermudah kamu dalam penyeleksian kandidat nantinya. Gak cuma direkomendasikan, kamu tentu akan tau lebih jauh tentang lowongan tersebut, seperti jenis pekerjaan, rentang gaji, kelebihan, lingkungan kerja, serta kekurangannya.

Saat bertemu dengan relasi, pastikan kamu mendiskusikan kondisimu yang sedang dalam fase mencari kerja. Jangan lupa juga untuk menghadiri acara networking, ya. Selain itu, berikan kartu nama berisi kontak pribadi, media sosial, serta link menuju website profesional saat bertemu dengan kenalan baru. Dengan begitu, relasimu akan langsung terpikirkan kamu saat terdapat lowongan di perusahaan mereka.

Dengan begitu, bisa dilihat bahwa pentingnya memiliki relasi yang luas sehingga kamu bisa mendapatkan kesempatan bekerja. Perbanyaklah relasi dan terus menjaga hubungan baik dengan teman serta kenalan lainnya karena siapa tau relasimu dapat memberikan pekerjaan untukmu.

Baca Juga: Fresh Graduate Perlu Membangun Networking, Ini Dia 5 Tipsnya!

3. KembangkanSkills!

Walaupun memiliki pendidikan yang bagus, bisa jadi kamu kalah dengan kandidat lain yang pendidikannya biasa tetapi denganskillluar biasa. Karena itu, pendidikan yang luar biasa saja tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan. Kamu tetap saja membutuhkan kemampuan tertentu.

Sejalan dengan cara pertama, kamu perlu memilikisoft skill(kemampuanteamwork, berbicara di depan umum, mengelola waktu dan pekerjaan dengan efektif, dll) danhard skill(kemampuan berbahasa asing, melek teknologi dan otomatisasi, dll). Semakin banyak keahlian atau kemampuan yang dimiliki, maka akan memperluas kesempatan untuk dilirik oleh HR. Kamu pun akan memiliki rentang pilihan bidang pekerjaan lebih banyak dibanding kandidat lain yang hanya memilikiskilldi satu bidang.

Karena itu, penting untuk mengembangkan kemampuanmu dengan mengikutiworkshop,online course, dan yang lainnya. #MAXimalinDirimu juga dengan seekMAX secara gratis. seekMAX menyediakan video pembelajaran karir dalam bahasa Indonesia hanya untukmu! Denganskillyang akan kamu miliki, perusahaan akan tahu sekreatif apa kamu dalam menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaan nantinya.

4. Pastikan CV Lengkap dan Menarik

Gak jarang lho ada aja kandidat yang mencantumkan CV tidak lengkap saat melamar pekerjaan. Kamu tentunya harus menghindari hal ini karena CV yang lengkap sama pentingnya denganskill. Dari mana lagi perusahaan akan tau bahwa kamu kandidat terbaik kalau bukan dari CV bukan? Jadi, pastikan CV kamu lengkap dan menarik.

Beberapa data yang setidaknya perlu ada dalam CV adalah deskripsi diri, pendidikan, data pribadi dan kontak, pengalaman kerja, danskill. Pastikan kamu membuat deskripsi diri yang menonjol dan jelas. Cantumkanskilldan tugas dari setiap pengalaman kerja yang relevan. Jangan lupa juga untuk menaruh pendidikan mulai dari pendidikan terakhir yang kamu tempuh.

Gak cuma soal isi CV, penyusunan CV juga perlu diperhatikan. Gunakan jenisfontyang tepat, sepertiTimes New Roman. Perhatikan juga ukuran huruf agar jelas untuk dibaca oleh HR nantinya. Jika kamu kesulitan membuat CV sendiri, kamu bisa mendapatkan downloadtemplateCV gratis yang tersedia di JobStreet.

Kamu juga perlu memilih antara CV ATS atau CV kreatif. Jika kamu bekerja di bidang kreatif, seperti Graphic Designer atau Copywriter, kamu bisa menggunakan CV kreatif yang akan menunjukkan sisi kreatifmu saat memasukkan berkas lamaran.

Untuk kamu yang mengincar bidang lain, gunakan CV ATS dengankeywordstertentu agar terdeteksi olehApplication Tracking System(ATS) saat perusahaan menyeleksi kandidat.Keywordsbisa ditemukan di deskripsi iklan lowongan pekerjaan yang kamu incar.

5. Menghadiri AcaraJob Fair

Job fairmerupakan salah satu cara mencari pekerjaan yang masih disukai banyak kandidat hingga sekarang. Saat mengikutijob fair, perhatikanlah segalanya sedetail mungkin, dari pakaian hingga penulisan resume. Persiapkan juga mental dan fisikmu!

Keuntungan yang dimilikijob fairdibandingkan cara mencari kerja lainnya adalah kamu bisa bertemu HR secara langsung. Kamu perlu mengeluarkan uang untuk transportasi, cetak dokumen yang diperlukan, dan yang lainnya.

Ketika kamu mengikutijob fair, jangan lupa untuk makan karena keadaan dalamjob fairpasti akan ramai dan berdesakan. Cari tahu terlebih dulu perusahaan incaranmu dan bawalah beberapa CV sebelum menghadirijob fairtersebut. Jadi, ketika ada perusahaan yang kamu rasa cocok, kamu tidak perlu repot mencari tempat cetak untuk mencetak CV.

Selain itu, jika kamu mengikutijob fair, perhatikan semuanya dengan matang dan jangan sampai kaget jika kamu akan di-interviewsecara langsung oleh HR di acara tersebut! Dengan begitu, perusahaan akan langsung dapat melihat keahlianmu segera mungkin dengan adanyainterviewselamajob fair.

JobStreet juga pernah mengadakan Virtual Carrer Fair terbesar se-Asia yang bisa kamu ikuti secaraonline, lho! Tepatnya pada Maret 2022 lalu, JobStreet Virtual Career Fair dilaksanakan dengan menggaet Tech in Asia sebagai mitra strategisnya. Tanpa perlu pengorbanan besar berdesakan dengan banyak orang, peserta kegiatan ini punya peluang tak terbatas untuk direkrut langsung oleh perusahaan-perusahaan se-Indonesia dan bahkan se-Asia!

Tertarik ikut JobStreet Virtual Career Fair selanjutnya? Pantau terus sosial media JobStreet ya!

6. Gunakan JobStreet!

Cara selanjutnya yang akan sangat memudahkan kamu adalah mencari pekerjaan di JobStreet. JobStreet dapat membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan dengan cara yang mudah dan cepat. JobStreet juga memiliki ribuan lowongan yang tersedia untukmu.

Di JobStreet, kamu hanya perlu mendaftar dan memasukkan semua informasi tentang pengalaman, pendidikan, gaji yang diinginkan,skill, dan yang lainnya. Setelah selesai, kamu bisa mulai melamar di mana pun dan kapan pun.

Kamu bisa melamar di perusahaan yang kamu mau dan tidak perlu keluar dari rumah untuk melamar pekerjaan! Kamu juga tidak perlu mencetak CV berkali-kali. Selain itu, kamu bisa mengakses banyak fitur yang bisa membantu proses kamu mencari kerja melalui aplikasi yang bisa diunduh di smartphone.

7. PersiapkanInterview

Setelah mempersiapkan CV,skill, dan memperluas koneksi, satu hal yang gak kalah penting adalah persiapan perkenalan diri saatinterview. Di tahap inilah kamu bisa membuktikan segala pengalaman serta kemampuan yang kamu cantumkan di CV secara langsung di depan HR. Denganinterviewyang sukses, HR akan lebih mempertimbangkan kamu dengan kandidat lainnya.

Berikut ini beberapa tips untuk suksesinterview:

  1. Datang lebih awal agar kamu memiliki waktu untuk menenangkan diri dan memeriksa kelengkapan.
  2. Gunakan pakaianinterviewyang sesuai.
  3. Lakukan perkenalan diri saatinterviewdengan kalimat yang jelas.
  4. Jaga kontak mata selamainterviewdengan melihat mata HR saat berbicara.
  5. Pertahankan postur tubuh yang baik dengan duduk tegak.
  6. Gunakan ekspresi wajah dan gestur tangan yangnaturalsaatinterview.
  7. Siapkan beberapa pertanyaan untuk ditanyakan di akhirinterviewpada HR.
  8. Ucapkan terima kasih saatinterviewsudah selesai.

Dengan begitu, rasa percaya diri kamu akan terlihat jelas oleh HR. Akan tetapi, bagaimana jika kamu gugup selamainterview? Tenang! Latihlah kemampuaninterviewkamu dengan simulasiinterviewyang disediakan oleh JobStreet.

Nah, itulah 7 cara mencari kerja secepat mungkin yang bisa kamu terapkan. Pastikan juga kamu siapkan mentalmu setelah mengikuti cara di atas, ya! Setelah itu, kamu sudah siap untuk mendapatkan pekerjaan impianmu.

Yuk, dapatkan pekerjaan impian dan siapkan diri dengan updateprofil JobStreet. Kunjungi Bantuan Karir untuk mengetahui rentang gaji sesuai dengan bidang dan level karirmu!

Jangan lupa jugadownloadaplikasi JobStreet di Google Play Store atau Apple App Store untuk kemudahan akses sekarang juga!

Tentang SEEK di Asia

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Di Asia, SEEK beroperasi dengan brand JobStreet dan JobsDB, platform ketenagakerjaan terbesar di Asia dan pilihan utama bagi kandidat dan perusahaan. SEEK menarik lebih dari 500 juta kunjungan per tahun di enam pasar yang dioperasikannya, yaitu Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Tentang SEEK Limited

SEEK adalah grup perusahaan, yang terdiri dari bisnis rekrutmen online, pendidikan, komersial dan nirlaba. SEEK memberikan kontribusi positif pada kehidupan orang banyak dalam skala global. SEEK terdaftar dalam Australian Securities Exchange, dan menjadi salah satu dari 100 perusahaan terbesar. Pada tahun 2022, SEEK diakui sebagai salah satu dari Australia’s Top Ten Places to Work in Tech dalam penghargaan AFR BOSS Best Places to Work. Tahun ini, SEEK merayakan 25 tahun membantu warga Australia menjalani kehidupan kerja yang lebih memuaskan dan produktif.

More from this category: Melamar pekerjaan

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Jelajahi topik terkait

Pilih bidang minat untuk menelusuri karier terkait.

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.