3 Masalah Pekerjaan Yang Mengganggu Karyawan Anda

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

3 Masalah Pekerjaan Yang Mengganggu Karyawan Anda

Anda tentunya sering menemukan artikel yang membahas masalah dan kekhawatiran yang dihadapi para pemimpin perusahaan, tapi pernahkah Anda bertanya tentangmasalah yang dihadapi karyawan Anda?Sudahkah Anda melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah tersebut?

Jika Anda inginmeningkatkanengagementdengan karyawan, penting untuk mengetahui apa yang membuat mereka senang, karena masalah karyawan akan mempengaruhitingkat produktivitas.Sebagai HRD professional, Anda mungkin tidak bisa menyelesaikan masalah pribadi mereka, tetapi Anda berada pada posisi yang paling tepat untuk membantu mereka dalam masalah yang berkaitan dengan pekerjaan.

HRD yang memegang posisi netral antara karyawan dan manager/superior-nya, harus mampu menumbuhkan kepercayaan untukkomunikasi dua arahantara dua pihak. Jika karyawan merasa aman, merekacenderung membuka diridan tugas Anda adalah mendengarkan dan memberi kesempatan bagi mereka untuk menyampaikan keluhan atau masalah tersebut kepada manager mereka. HRD pun dapat bekerja sama dengan para manager untuk mengatasi masalah karyawan. Mereka mungkin tidak selalu mendapatkan hasil yang mereka harapkan, namun mereka akan menghargai upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah mereka.

Jadi, untuk mengawalinya, berikut ini adalah 3 masalah yang dihadapi karyawan dan cara menanganinya:
1. Otomatisasi

Semakin banyak industri bergantung pada otomatisasi untuk mempercepat proses bisnis. Mungkin ketakutan terbesar yang dihadapi karyawan saat ini adalah fakta bahwa meningkatnya otomatisasi akan menyebabkan mereka kehilangan pekerjaan. Sayangnya, kecemasan ini tidak banyak ditangani oleh banyak perusahaan. Karena mereka melihat otomatisasi sebagai sebuah kesempatan daripada sebuah masalah. HRD perlumenemukan keseimbangan antara manfaat menggunakan otomatisasi seraya menangani kecemasan karyawandengan hati- hati. Komunikasikan kepada mereka mengapabisnis dengan otomatisasi itu penting bagi perusahaan secara keseluruhan, bagaimana hal itu akanmempengaruhi peran mereka, dan menyarankan agar merekamengikuti pelatihan dan belajar keterampilan baruuntuk memberi nilai tambah pada posisi mereka.

2. Gaji yang lebih tinggi

Gaji selalu menjadi salah satu kekhawatiran utama karyawan namun jarang dibicarakan. Jika Anda tidak membayar karyawan Anda dengan baik atau jika mereka merasa dibayar lebih rendah, mereka akan pergi, tidak peduli berapa banyak fasilitas yang Anda tawarkan. HRD dapat menumbuhkan lingkungan kerja yang lebih terbuka dan transparan dimana karyawan mengetahui apakah mereka dibayar dengan sesuai. Pertimbangkanlah untuk menyampaikankriteria atau formula yang digunakan managemen untuk menentukan skala gajiatau tingkatan gaji. Hal ini tentunya akan membuka remunerasi yang selama ini dianggap tabu. Jika Anda mengembangkan budaya kerja yang lebih transparan, karyawan akan lebih nyaman untuk datang kepada Anda dan menanyakan tentang kenaikan gaji mereka.

3. Beban kerja yang berat dan tingkat stress yang tinggi

Beberapa karyawan takut jika kinerja mereka melampaui peran mereka saat ini, mereka akan diberi tugas lebih dengan kompensasi yang sama. Yang lain mungkin merasakan bahwa meskipun menerima kompensasi yang sesuai, beban kerja mereka terlalu banyak untuk ditanggung dan menyebabkan mereka stress, kurang tidur, dan tidak mempunyai kehidupan yang seimbang antara personal dan profesional. HRD harus belajarmendengarkan keluhan ini dan memberi imbalan ekstra yang sesuaiataumengatasi masalah kekurangan tenaga kerja di masing- masing departemen. Cara lain adalah dengan fokus pada kesehatan dan kesejahteraan mereka. Pertimbangkanlah untukmenerapkan program kesehatanyang dapat membantu mengelola dan mengurangi stres dalam pekerjaan mereka. Program yang dapat diterapkan sepertiworkshop manajemen stress, subsidi di pusat kebugaran dan bahkan hari pijat di tempat kerja.

Meminta karyawan memberi tahu Anda tentang masalah mereka memberikan kesempatan bagi Anda untuk tidak hanya membahas masalah ini tapi juga menunjukan ketulusan dan penghargaan terhadap karyawan Anda. Jika masalah yang mereka sampaikan lebih sering diabaikan, maka itu tidak hanya akan mempengaruhi kinerja satu anggota tim tapi keseluruhan tim juga akan merasakannya. Sebaliknya jika manager memilih untuk mengatasi masalah tersebut, maka akan membawapengalaman positif dan meningkatkan kinerja seluruh kelompok. Oleh karena itu, sangat penting bagi HRD untuk bekerja sama dengan para manager dalam mengatasi masalah apapun dari karyawan untuk menjaga kelangsungan kinerja mereka.

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.