3 Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan dan Anda Hindari untuk Tahun 2017 yang Lebih Bahagia

Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Merupakan hal yang baik untuk memikirkan rencana kehidupan kita di awal tahun ini. Anda mungkin telah menghabiskan sepanjang tahun untuk terjaga dan berharap bahwa Anda melakukan sesuatu yang lain, sekarang tiba saat dimana Anda mulai mengusahakan apa yang benar-benar Anda inginkan di tahun 2107.

Anda adalah, dan sebaiknya menjadi, seseorang yang mengendalikan kebahagiaan Anda baik dalam kehidupan pribadi maupun professional. Raih kebahagiaan Anda dengan dua tangan dan larilah dengan membawanya. Anda mungkin tidak mengetahui apa yang tahun 2017 ini bawa, akan tetapi ada satu hal yang Anda harus yakini. Jika Anda ingin bahagia, Anda lebih baik mulai untuk melakukan hal-hal yang akan membahagiakan Anda dan berhenti melakukan hal-hal yang mengecewakan Anda sendiri.

Yang Sebaiknya Anda Lakukan

  1. Jangan Ada Lagi Drama

Kebahagiaan berarti fokus pada gambar BESAR, kecuali Anda mampu menyingkirkan kerikil yang ada dalam kehidupan Anda, Anda akan menjalani kehidupan yang sama tahun ini. Prioritaskan batu besar dan jangan buang energi Anda mencoba untuk memikirkan hal-hal kecil yang seringkali diwujudkan dalam drama. Berhentilah untuk menjalani sebuah kehidupan seperti drama, sehingga Anda dapat menarik energi positif dan juga perhatian.

Sebuah cara sederhana untuk meminimalisir drama dalam hidup Anda adalah dengan tetap menjauh dari orang-orang yang membuat Anda merasa hidup Anda penuh masalah. Kelilingilah diri Anda sendiri di tengah orang-orang yang membawa pengaruh positif dalam hidup Anda. Jika Anda tidak menemukan banyak orang-orang seperti itu di tempat kerja, mungkin sebuah pergantian lingkungan kerja merupakan ide yang bagus. Apapun yang Anda lakukan, hindarilah drama yang tidak penting dan buatlah diri Anda menemukan dan mempertahankan kebahagiaan untuk waktu yang lebih lama.

  1. Kendalikan Kehidupan Anda

Anda bertanggung jawab atas kehidupan Anda dan hanyalah masalah waktu dimana Anda harus mengambil kendali penuh akan hal tersebut. Tidak perlu lagi menunggu persetujuan orang lain atau Anda tidak akan pernah benar-benar bahagia. Ketika Anda berada dalam skenario dimana Anda pikir Anda tidak punya pilihan dan terikat untuk menjalani hidup dengan cara yang sama selamanya, ketahuilah bahwa akan selalu ada pilihan, Anda selalu mempunyai sebuah PILIHAN.

Hal yang sama berlaku untuk karier Anda juga. Jika hal-hal tidak berjalan dengan baik di kantor, ketahuilah bahwa Anda selalu dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya. Baik memperbaiki cara bekerja Anda ataupun meningkatkan lagi kinerjanya. Anda mempunyai kendali penuh akan cara Anda membawa karier Anda ke level selanjutnya.

Dalam sebuah kutipan terkenal dari Nelson Mandela, dia berkata,“There is no passion to be found playing small – in settling for a life that is less than the one you are capable of living.”(“Tidak ada gairah yang dapat ditemukan dengan bersikap kecil – dalam menetapkan sebuah kehidupan yang kurang dari apa yang Anda mampu untuk lebih dari itu”). Dan hal ini justru merupakan hal yang Anda sebaiknya perjuangkan untuk Anda raih. Kendalikan hidup Anda sehingga Anda dapat hidup sebagaimana layaknya hidup yang seharusnya Anda dapatkan.

  1. Ambil Suatu Waktu untuk Merasakan dan Menikmati Kehidupan

Untuk dapat meraih kesuksesan dan kebiasaan diperlukan kemuan yang besar yang disertai dedikasi dan kerja keras. Namun, Anda juga memerlukan waktu untuk menikmati kehidupan. Ambil suatu waktu untuk berhenti bekerja dan mengurangi stress sehingga Anda dapat memusatkan perhatian Anda kembali dan menjadikan kreatifitas Anda mengalir lagi.

Sebagian besar dari kita tidak tahan tekanan dan untuk mencapai level kesuksesan dan kebahagiaan tertentu, kadang menghentikan kita dari pencapaian akan hal yang kita inginkan dalam hidup. Kita membiarkan diri begitu mengkuatirkan tentang tekanan yang ada sehingga kita lupa cara bersenang-senang. Beristirahatlah dan nikmati kesenangan sederhana dalam hidup, makan makanan enak, berjalan-jalan ke tujuan eksotis yang berbeda-beda, dan kadang-kadang melakukan hal-hal gila. Nikmati hidup dan Anda akan merasa lebih mudah dalam meraih segala tujuan yang Anda tentukan untuk diri Anda sendiri.

Jika tekanan di tempat kerja mulai mengacaukan Anda, jangan ragu-ragu untuk mengambil cuti. Sehari atau dua hari libur dapat melakukan keajaiban untuk kesehatan mental Anda. Hanya pastikan bahwa Anda meninggalkan pekerjaan Anda dengan tepat dengan menyelesaikan semua masalah yang mendesak sebelum pergi berlibur. Gunakan waktu ini untuk menikmati sebuah liburan yang bebas dari rasa kuatir sehingga Anda dapat kembali bekerja dengan tenaga dan energi yang penuh.

Yang Sebaiknya Anda Hindari

  1. Menyalahkan Orang Lain

Jika Anda gagal dalam mendapatkan promosi atau mendapatkan kenaikan gaji besar, menyalahkan orang lain tidak akan menguntungkan Anda sedikitpun. Untuk membuat Anda benar-benar bahagia, Anda harus bertanggungjawab untuk setiap keputusan yang Anda buat. Jika tahun ini tidak begitu menjanjikan, bercerminlah pada hal-hal yang Anda lakukan dan belajarlah dari hal tersebut. Ambil pelajaran yang akan Anda ingat dalam hati sehingga Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi tahun depan. Orang-orang yang paling bahagia adalah orang-orang yang tidak punya waktu menunjuk orang lain untuk suatu kesalahan. Hal ini sia-sia, tidak efektif, dan hanya akan menunda Anda melakukan hal-hal yang Anda perlukan untuk benar-benar bahagia.

  1. Terus – menerus Mengasihani Diri Sendiri

Hidup memang tidak adil dan semakin cepat Anda menyadarinya, Anda akan semakin bahagia. Anda dan jutaan orang lainnya di planet ini juga mengalami masa-masa sulit dan tantangan setiap hari. Terus menerus mengasihani diri sendiri tidak akan membantu Anda mengubah kenyataan bahwa hidup memang tidak adil dan akan tetap seperti itu baik Anda mengakuinya atau tidak.

Yang membedakan Anda dari orang lain adalah apa yang Anda lakukan dengan kenyataan tersebut. Berdamailah dengan segala ketidakadilan tersebut dan perlihatkan sebuah sikap baru yang positif. Anda tahu bahwa Anda harus bekerja dua kali lebih keras untuk dapat bahagia dan sukses di tahun 2017. Oleh karenanya, gunakan saat ini untuk merencanakan hidup, karier Anda, dan hal-hal lainnya. Ingatlah, saat situasi menjadi sulit, hanya orang-orang yang kuatlah yang akan bertahan.

  1. Mengkhawatirkan Hal-Hal Diluar Kendali Kita

Terdapat hal-hal diluar kendali kita dan mengkhawatirkan hal-hal tersebut tidak akan menghentikan hal-hal tersebut untuk tetap terjadi. Hal terbaik yang Anda dapat lakukan adalah bersiap-siap menghadapi hal tersebut sehingga saat hal tersebut terjadi, Anda tidak akan kelabakan. Rahasia untuk hidup bahagia dan sehat adalah dengan memastikan bahwa Anda selalu mempunyai rencana cadangan – jangan tinggalkan sesuatu pada takdir atau kesempatan. Anda mungkin tidak tahu ketika sesuatu yang buruk akan terjadi, akan tetapi jika Anda telah melakukan sesuatu untuk menghilangkan dampaknya, maka Anda tentu saja tidak perlu mengkuatirkan apapun.

Tidak ada hal seperti hari yang buruk, tahun yang buruk, atau hidup yang buruk. Semuanya tentang ANDA. Hidup Anda dalam kendali Anda. Hal ini merupakan hal-hal yang Anda ingin lakukan, ubah, dan tingkatkan yang akan membantu Anda menjadi lebih bahagia dan lebih sukses dalam hidup. Gunakan tahun baru ini untuk merencanakan hal-hal yang ingin Anda raih di tahun 2017 dan lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk memastikan Anda dapat meraih yang Anda inginkan.

Bersiaplah untuk memulai tahun ini dengan tepat dengan karier yang menarik dan menguntungkan dari JobStreet.com.

More from this category: Kesejahteraan di tempat kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.