Penasaran Prospek Customer Service? Berikut Jenjang Kariernya!

Penasaran Prospek Customer Service? Berikut Jenjang Kariernya!
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

jenjang karier customer service

Kamu suka membantu orang dan memecahkan masalah? Kamu mungkin bisa mempertimbangkan jenjang karier sebagaiCustomer Service!

Customer Service(CS) atau yang dikenal juga sebagai Layanan Pelanggan bertugas untuk berinteraksi dengan pelanggan mewakili sebuah organisasi atau perusahaan. Mereka ada di garis terdepan dalam membantu melayani konsumen.

CS biasanya ditempatkan tatap muka dengan pelanggan untuk perusahaan ritel atau secara virtual di bawah layanancall center. Untuk perusahaan ritel CS akan mendiami sebuah area di mana pelanggan bisa datang dan berinteraksi langsung. Sementara itu, dalam layanancall centerCS biasanya berinteraksi dengan pelanggan melalui telepon atau email.

Apakah kemampuan komunikasi dan keterampilan mendengarkan yang baik sudah cukup cocok untuk menjadi CS? Kerja sebagai CS itu seperti apa, ya? Di bawah ini, semua pertanyaan kamu tentang profesiCustomer Serviceakan terjawab!

Apa tugasCustomer Service?

Sebagai CS, kamu bertugas membantu pelanggan dengan pertanyaan atau keluhan apa pun yang mungkin mereka miliki. Ini mirip dengan konseling di mana kamu mendengarkan apa yang diminta pelanggan, dan kamu menawarkan solusi untuk masalah tersebut.

  • Menjelaskan kepada pelanggan tentang produk dan jasa yang disediakan

Sebagai CS, kamu akan memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk dan layanan yang mungkin disediakan oleh perusahaan atau organisasi tempat kamu bekerja. Termasuk menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin pelanggan miliki tentang produk dan jasa. Jangan khawatir karena harus memberikan penjelasan mengenai produk dengan sendiri, biasanya perusahaan memiliki protokol khusus untuk kamu ikuti dan naskah sebagai dasar untuk melayani pelanggan, jadi kamu tidak akan sepenuhnya terjun dari nol!

  • Menjawab pertanyaan atau keluhan dari pelanggan

Sebagai CS, kamu harus siap menjawab pertanyaan apa pun dan menyelesaikan keluhan apa pun yang mungkin dimiliki pelanggan! Kamu akan menemukan pelanggan yang mungkin bertanya tentang cara kerja produk tertentu, atau mungkin ingin mengirimkan keluhan tentang masalah yang mungkin memengaruhi produk mereka. Naskah yang kamu dapatkan bisa bantu memandu kamu melalui proses tersebut. Kalau kamu menemukan keluhan pelanggan yang dapat dianggap terlalu rumit dan sulit untuk diselesaikan melalui protokol standar, kamu bisa meneruskannya ke supervisor.

  • Menangani pesanan dan pembatalan

Di perusahaan tertentu, CS juga bertugas untuk mengelola pesanan atau retur produk/jasa, baik secara langsung, melalui telepon maupun daring. Dalam kasus ini CS harus menghitung total biaya-biaya termasuk diskon, atau membantu proses pembayaran tunai dan non-tunai. Begitu juga dengan pesanan yang dibatalkan pelanggan, CS di sini memfasilitasinya hingga tuntas.

  • Mencatat interaksi CS dan pelanggan

Semua interaksi CS dan pelanggan didokumentasikan untuk evaluasi perusahaan. Alat dokumentasi bisa berbentuk perangkat lunak yang umumnya disebut CRM (Customer Relations Management). Dengan alat bantu atau tidak, CS perlu mendokumentasikan data pelanggan, keluhan/pesan dari pelanggan serta resolusinya.

Berapa gajicustomer service?

Posisicustomer servicedapat dikerjakan secara paruh waktu maupun penuh waktu.  Gaji biasanya ditentukan berdasarkan pengalaman, industri, dan lokasi kerja. Rata-rata gaji yang diterima CS per bulan di awal kariernya antara 4,5 hingga 5 juta rupiah.

Beberapa unsur yang dapat mempengaruhi karier dan gaji sebagai CS adalah sebagai berikut:

  • Keterampilan menulis yang persuasif
  • Keterampilan mendokumentasi interaksi dengan pelanggan
  • Pengetahuan menyeluruh mengenai produk atau jasa yang dijual
  • Pengalaman menggunakan alat komunikasi jarak jauh
  • Pengalaman kerja sebagaicustomer service

Semakin tinggi kualitasmu dalam unsur-unsur tersebut, maka semakin tinggi juga gaji yang bisa kamu bidik ketika mencari kerja sebagai CS.

Bagaimana jenjang kariercustomer service?

Tingkat Junior (pengalaman 1-3 tahun)

Tingkat Menengah (pengalaman 4-8 tahun pengalaman)

Tingkat Senior (pengalaman 8 tahun atau lebih)

Apa saja persyaratan menjadicustomer service?

Customer serviceatau CS membutuhkan ijazah pendidikan SMA, pelatihan di tempat kerja, dan beberapasoft skillpendukung lainnya.

Keterampilan

Untuk unggul dalam bidang ini,customer servicememerlukan keterampilan berikut:

  • Kemampuan berkomunikasi - Seorang CS harus memiliki keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan yang baik. Ini karena sebagian besar pekerjaan CS adalah berinteraksi dengan pelanggan.
  • Keahlian komputer - Seorang CS perlu menguasai komputer untuk memudahkan proses pencarian informasi, penanganan pesanan, serta berkomunikasi dengan pelanggan.
  • Penguasaan CRM - CS harus menguasai cara mendokumentasi interaksi dengan pelanggan, melacak keluhan sebelumnya, dan data tindak lanjutan.
  • Empati - Karena CS sering berkomunikasi dengan klien yang memiliki pengetahuan terbatas atau tidak puas dengan produk atau layanan, mereka harus berempati. Menumbuhkan rasa ini dapat membantu mendukung profesional memahami masalah klien dan menyelesaikannya secara efektif.
  • Keterampilan memecahkan masalah - CS harus mampu memiliki keterampilan pemecahan masalah yang kuat. Menilai kekhawatiran pelanggan dan menyelesaikan masalah dengan cara yang memuaskan bagi pelanggan dan perusahaan.

Pendidikan dan pelatihan

Tenaga CS umumnya membutuhkan ijazah minimum SMA dan sederajat. Dengan tingkat tersebut, diharapkan calon CS telah memiliki kemampuan komunikasi dasar yang baik dan keterampilan interpersonal yang memadai yang krusial dalam pekerjaan di bidang ini.

Umumnya perusahaan mewajibkan calon CS untuk menyelesaikan pelatihancustomer serviceyang diselenggarakan perusahaan itu sendiri. Periode pelatihan mulai dari satu minggu hingga satu bulan yang mencakup dasar-dasar keterampilan CS dan penguasaan teknologi penunjang seperti CRM untuk mendokumentasi pelanggan. Selain itu, informasi perusahaan, alur kerja, dan SOP perusahaan juga dikenalkan di sini

Sertifikasi jenjang kariercustomer service

Ada perusahaan yang mensyaratkan CS untuk mengikuti program pelatihan standar industri. Namun, ada juga yang meminta sertifikasi spesifik bawaan perusahaan mereka.

Meskipun tidak ada sertifikasi tertentu yang diperlukan untuk pekerjaan ini, banyak praktisi CS yang mengejar kredensial tambahan untuk meningkatkan keterampilan dan meningkatkan potensi penghasilan mereka. Jika kamu ingin meningkatkan keterampilanmu sebagai CS, coba ikuti pelatihan yang mengasah keterampilan berupa kelas-kelas komunikasi dan pelayanan yang ditawarkan di FutureLearn bekerja sama dengan JobStreet.

Sertifikasi paling umum untuk CS meliputi SertifikasiCustomer Service Representative.

Tersedia dalam berbagai kursus dari beragam institusi, program ini dirancang untuk mengajarkan dasar-dasar layanan pelanggan dengan tambahansoft skillseperti berpikir kritis dan mendengarkan dengan aktif. Tergantung kursus yang kamu ambil, lama pelatihan dapat bervariasi antara 2 hari hingga 1 bulan.

Karier terkait

Jika kamu tertarik untuk bekerja sebagai CS, kamu mungkin bisa juga mempertimbangkan karier serupa berikut:

  • Telesales
  • Resepsionis

Contoh CVcustomer service

Berikut contoh CV untuk melamar posisi CS yang bisa kamu simak:

Dian Purwanto

+62-858-6111-101

www.dianpurwanto.com

Halo! Saya Dian,fresh graduatemencari kesempatan untuk bekerja dalam posisi Customer Service! Saya bersedia bekerja tangguh, dan yakin akan kemampuan saya untuk berkontribusi menerapkan pendidikan saya untuk sektor pelayanan. Saya ulet dalam memperhatikan dan menyelesaikan masalah.PendidikanS1 KomunikasiUni BandungAgustus 2015 - Oktober 2020PelatihanCustomer Service CourseFree Skill BootcampJanuari 2021 - Maret 2021Pengalaman KerjaMagang sebagaiCustomer Servicedi PT KerjaJuli 2014 - November 2014Skills-Menguasai Microsoft Word dan Excel-Fasih Bahasa Inggris, Jerman, dan Mandarin lisan dan tertulis-Dokumentasi data-Menguasau administrasi sederhanaPrestasi-Employee of the month sebanyak 2x di PT Kerja-Juara I debat Bahasa Inggris tingkat provinsi Jawa Barat-Juara II pidato Bahasa Jerman tingkat kota Bandung-Skor C dalam tes HSK (ujian kemampuan Bahasa Mandarin)-PenghargaanFast & Efficient Servicedari Free Skill Bootcamp

Setelah mempelajari informasi mengenai jenjang kariercustomer service, pastikan kamu selalu membaca tips lainnya mengenai karier yang kami kumpulkan di laman tips karier JobStreet. Segarkan kembali profilmu di JobStreet, sehingga perekrut dapat melirik informasi terbaru tentangmu! Cek juga laporan terbaru JobStreet bertajuk Mengupas Tren Talent Global 2021, sehingga wawasanmu mengenai bursa kerja Indonesia semakin luas.

Di JobStreet kami selalu berupaya mengantarkan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Sebagai Partner Karier, kami berkomitmen membantu pencari kerja menemukan passion dan tujuan dalam setiap langkah karier. Sebagai Partner Talent nomor 1 di Asia, kami menghubungkan perusahaan dengan kandidat tepat yang dapat memberikan dampak positif dan berkualitas kepada perusahaan.

Temukan pekerjaan yang bernilai untuk Anda. Kunjungi JobStreet hari ini.

More from this category: Mencari pekerjaan untukmu

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.