Kode berpakaian di kantor: Apa yang harus dipakai dan kapan memakainya

Kode berpakaian di kantor: Apa yang harus dipakai dan kapan memakainya
Jobstreet tim kontendiperbarui pada 30 June, 2022
Share

Decoding your office’s dress code_ What to wear and when

Sebagian besar perusahaan memberlakukan kode pakaian tertentu di tempat kerja yang mencerminkan budaya kerja mereka dan memproyeksikan citra profesional yang sesuai dengan sifat bisnis perusahaan. Meskipun semuanya baik dan bagus, bisa jadi sangat membingungkan untuk mengetahui kode berpakaian ini jika Anda baru mengenal dunia usaha. Lebih membingungkan lagi, ada juga kode pakaian yang berbeda untuk tiap acara perusahaan.

Tapi jangan khawatir lagi. Kami telah mengumpulkan panduan sederhana untuk membantu Anda memecahkan kode pakaian perusahaan sehingga Anda akan tahu pakaian perusahaan apa yang akan dipakai dan kapan memakainya. Mari kita mulai dengan beberapa aturan dasar sederhana untuk pakaian kantor.

Aturan dasar untuk pakaian kantor

Kapan pun Anda ragu, periksa daftar ceklis berikut ini:

❏ Tampak rapi

Yang paling penting adalah Anda terlihat rapi dan layak tampil, jadi selama Anda mencentang kotak ini, Anda berada di jalur yang benar.

❏ Prioritaskan kenyamanan di atas fashion

Tidak masalah apakah Anda terlihat trendi atau tidak jika pakaian itu tidak pas, atau sepatu itu menyakiti kaki Anda. Ketidaknyamanan dan rasa sakit Anda akan terlihat, dan pasti akan mempengaruhi produktivitas Anda di tempat kerja.

❏ Hindari terlalu banyak menampilkan bagian tubuh (untuk wanita)

Jika Anda ingin dihormati sebagai profesional, Anda perlu berpakaian seperti itu. Jauhi atasan rendah dan rok ketat pendek-itu bukan pakaian perusahaan yang sesuai, biarpun kode berpakaiannya santai.

❏ Tetaplah sederhana

Aksesori harus berkelas dan sesuai dengan pakaian, sementara parfum atau cologne apapun harus lembut dan menyegarkan daripada yang beraroma kuat.

❏ Berpakaian selayaknya bagian pekerjaan Anda

Jika Anda seorang profesional kreatif seperti perancang grafis atau seniman visual, Anda diharapkan berpakaian lebih berwarna untuk mencerminkan kreativitas Anda. Demikian juga, jika Anda seorang pengembang perangkat lunak, Anda tidak diharapkan bekerja dengan setelan jas-itu akan terlihat aneh. Berpakaianlah selayaknya.

Sekarang kita telah melewati peraturan dasar berpakaian, mari kita menguraikan kode berpakaian perusahaan tersebut.

Untuk bekerja

Bisnis formal/professional

  • Setelan jas pas badan, baju panjang dan blazer
  • Kemeja berkerah
  • Rok dengan blazer
  • Alas kaki tertutup
  • Aksesoris sederhana

Bisnis Formal / Profesional

Jika Anda melihat kode berpakaian secara formal ke spektrum kasual, kode pakaian Bisnis Formal / Profesional akan berada di ujung yang paling ekstrem. Pakaian formal yang khas akan mencakup setelan jas, pakaian dan blazer yang rapi, kemeja berkerah dan rok dengan blazer, alas kaki tertutup dan aksesoris sederhana seperti anting-anting untuk wanita dan kancing manset untuk para pria. Pilih warna netral seperti hitam, coklat, biru tua dan abu-abu.

Bisnis Kasual

  • Kemeja atau atasan berwarna
  • Celana khaki (berwarna kecoklatan/kekuningan) atau celana panjang agak longgar
  • Rok dengan atasan wanita dan cardigan
  • Alas kaki tertutup
  • Aksesoris sederhana namun menarik

Bisnis Kasual

Mungkin inilah kode berpakaian paling umum untuk kebanyakan kantor dan perusahaan, bisnis kasual memungkinkan gaya berpakaian sedikit lebih santai. Daripada setelan penuh, kaos berkerah dan blazer, Anda bisa mengekspresikan lebih banyak kepribadian Anda dalam urusan bisnis seperti kemeja berwarna atau atasan dengan celana khaki atau celana panjang, rok dengan blus dan kardigan, alas kaki tertutup dan aksesoris sederhana namun menarik.

Informal/Santai

  • Celana jeans
  • Kaos Polo (berkerah)
  • Atasan wanita berwarna
  • Aksesoris yang sesuai

Informal / Santai

Cukup umum bagi perusahaan yang menjalakan hari Jumat dengan santai/kasual, pakaian Informal / Kasual terlihat santai di kantor. Konon, karena santai jadi mudah terbawa terlalu santai. Ingatlah bahwa Anda masih berpakaian untuk bekerja, jadi ketika jeans, kaos polo, blus dan aksesoris warna-warni yang sesuai, kode pakaian tersebut tidak termasuk jeans robek, celana yoga, atasan spaghetti atau sandal jepit. Mari kita tetap santai tapi pintar.

Untuk acara

Acara santai

  • Terlihat dan terasa nyaman
  • Layak tampil
  • Pintar

Santai

Inilah kesempatan Anda untuk merasa nyaman dan bergaya saat menunjukkan sisi berbeda diri Anda di luar kantor, jadi manfaatkan sebaik-baiknya! Seperti sebelumnya, pastikan pakaian Anda rapi dan cerdas dan Anda akan siap untuk pergi. Kasual disini berarti tidak ada aturan khusus, tapi karena ini adalah acara kerja, Anda pasti ingin mempertahankan citra kasual dan cerdas.

Bisnis

  • Setelan warna gelap dengan atau tanpa dasi
  • Setelan wanita berkelas
  • Baju wanita sepanjang lutut
  • Rok dengan atasan wanita
  • Terusan hitam wanita yang elegan

Bisnis

Pria diharapkan tampil dalam setelan gelap dengan atau tanpa dasi, sementara para wanita dapat memilih setelan pakaian berkelas atau gaun selutut atau rok dengan blus. Bagi para wanita, cara mudah untuk langsung pergi ke acara dari kantor adalah dengan mengenakan gaun hitam elegan untuk bekerja sehingga nantinya Anda bisa memasangkan dengan sepatu hak tinggi berwarna atau aksesoris untuk malam hari.

Acara koktail

  • Gaun hitam sutra untuk acara koktail
  • Setelan gelap yang elegan

Acara Gathering Kantor

Ini menuntut sesuatu yang bergaya namun elegan, seperti gaun koktail hitam sutra untuk wanita dan setelan gelap yang elegan untuk pria. Jauhi bahan katun dan warna cerah untuk pakaian Anda, tapi jangan ragu untuk menambahkan sedikit warna dengan aksesori berani dan alas kaki yang berkelas.

Acara makan malam (dasi hitam)

  • Pakaian formal
  • Dasi atau dasi kupu-kupu hitam
  • Kemeja putih
  • Rompi
  • Sepatu Oxford hitam
  • Gaun malam panjang

Acara makan malam (dasi hitam)

Mungkin pakaian paling formal dalam gambaran umum adalah dasi hitam untuk pria memerlukan tuksedo dengan dasi kupu-kupu, kemeja putih, rompi dan sepatu oxford hitam, dan untuk wanita, gaun malam yang panjang dengan aksesoris gemerlap dan sepatu hak tinggi untuk memantaskannya.

Ingat, kapan pun Anda dalam keraguan, lihat daftar periksa untuk memastikan Anda memiliki dasar-dasar berpakaian yang sesuai. Sementara itu, bersenang-senanglah berbelanja baju kerja baru Anda!

Untuk wawasan lebih segar tentang pengembangan karir dan tren ketenagakerjaan terbaru, ikuti halaman Facebook kami !

More from this category: Hubungan kerja

Telusuri istilah pencarian teratas

Tahukah Anda bahwa banyak kandidat yang menyiapkan resume dan meneliti suatu industri dengan menjelajahi istilah pencarian teratas?

Berlangganan Panduan Karir

Dapatkan saran karier dari ahli yang dikirimkan ke kotak masuk Anda.
Anda dapat membatalkan email kapan saja. Dengan mengklik 'berlangganan', Anda menyetujui Pernyataan Privasi Jobstreet.